Untuk Anda kaum wanita berhati-hatilah jika mengalami masalah keputihan kental dan berwarna kehijauan, karena itu keputihan tidak wajar yang mungkin saja bisa di sebabkan bakteri dan virus yang menginfeksi saluran kencing.

Dan mungkin saja hal ini bisa berpotensi terjadinya penyakit gonore atau kencing bernanah, jadi untuk Anda kaum wanita harus waspada dan jangan anggap sepele jika mengalami masalah seperti ini harus segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan secepatnya supaya segera tertangani dan sembuh.

Baca Juga: Ciri-Ciri Ejakulasi Dini Pada Wanita

Keputihan, atau dalam istilah medisnya disebut Fluor albus atau Leucorrhoea, secara umum adalah: keluarnya cairan kental yang keluar dari vagina atau liang kemaluan dan perlu Anda ketahui bahwa jenis keputihan dibagi 2 kelompok, yakni: keputihan fisiologis (normal), dan keputihan patologis (tidak normal)

Ciri-Ciri Keputihan Fisiologis (Normal):

- Biasanya cairan keputihan ini keluar saat menjelang menstruasi, atau setelah menstruasi.

- Keluar ketika terangsang secara seksual.

- Keluar ketika saat wanita hamil.

- Keluar ketika stress



Ciri-Ciri Keputihan Patologis (Tidak Normal):

- Cairan keputihan kental yang keluar dari vagina

- Cairan keputihan berubah warna menjadi kekuningan, keabu-abuan, atau kehijauan.

- Cairan keputihan berbau busuk, anyir, amis.

- Terasa gatal dan rasa panas pada vulva dan vagina.

- Cairan keputihan berjumlah banyak.

- Sakit saat kencing (disuria).

- Nyeri saat berhubungan intim (dispareunia).

Apapun gejalanya maka jika Anda mengalami salah satu gejala keputihan tidak normal seperti di atas maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis ginekologi di Klinik Utama Gracia.

Apakah Keputihan Kental dan Gatal Merupakan Keputihan yang Normal?



Jika Anda seorang wanita yang merasa mengalami keputihan kental yang dibarengi dengan gejala gatal-gatal pada Vagina maka jenis keputihan tersebut termasuk kedalam jenis keputihan tidak normal ataupun keputihan patologis yang tentu saja jika Anda mengalaminya maka memerlukan bantuan medis.

Karena cairan yang terbilang normal seharusnya berupa lender dan tidak menggumpal dan jika dibarengi dengan rasa gatal sudah dipastikan ada sesuatu hal yang tidak normal dan penyebabnya dapat berupa tumbuhnya jamur maupun penyebab lainnya.

Selain itu wanita juga bisa mengalami keputihan dengan ciri seperti keju dan keputihan seperti ini harus diwaspadai karena jika dibiarkan dikhawatirkan maka mikro organisme yang telah ada di dalam rongga vagina semakin berkembang dan menimbulkan infeksi yang lebih dalam lagi.

Walaupun keputihan menggumpal seperti keju terbilang tidak terlalu membahayakan, namun alangkah baiknya jika tetap waspada terhadap hal tersebut.

Baca Juga: Keluar Keputihan Seperti Susu? Cari Artinya Disini

Selain itu jika wanita mengalami keluarnya cairan keputihan berwarna seperti susu bisa merupakan keadaan normal atau juga tidak, karena untuk memastikan hal tersebut memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis ginekologi

Dan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dokter untuk menilai apa kondisi yang Anda alami disertai keluhan lain, seperti rasa gatal atau cairan yang mengental berbau, dll.

Bagaimanakah Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal?


- Tidak melakukan hubungan seks bebas

- Menjaga kebersihan pakaian dalam dan luar

- Gunakanlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun agar area sekitar vagina menjadi tidak lembab dan kering.

- Hindari penggunaan bahan sintetis yang merupakan bahan yang mudah panas serta dapat menghasilkan keringat yang berlebih.

- Untuk pakaian luar, sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat, hal ini bertujuan agar area sekitar reproduksi menjadi lebih nyaman.

- Menghindari penggunaan cairan pembersih vagina yang bebas dijual di pasaran, karena mungkin saja pembersih vagina mengandung bahan kimia dalam cairan yang terkandung di dalamnya sehingga dapat merusak pH murni di dalam vagina serta mematikan bakteri baik.

- Menghindari stress yang berlebihan, karena stress yang berlebihan dapat membuat Anda menjadi depresi.

- Melakukan pola makan yang sehat

Bagaimanakah Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal?


Jika Anda seorang wanita yang merasa mengalami salah satu gejala keputihan tidak normal maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan kepada Kami di Klinik Utama Gracia dan penting diingat bahwa janganlah mengkonsumsi obat-obatan bebas tanpa resep dokter karena dikhawatirkan bisa memperparah keadaan dan ada baiknya lakukan pengobatan medis.

Untuk kasus keputihan tidak normal tersebut memang seharusnya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli ginekologi di Klinik Utama Gracia untuk menentukan dan menemukan sumber permasalahan yang menimbulkan masalah keputihan mengental tersebut.

Hal tersebut juga dimaksudkan agar lebih mudah dan dapat menentukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah keputihan mengental yang terjadi maka segeralah periksakan kesehatan organ intim Anda dengan dokter di Klinik Utama Gracia yang sudah berpengalaman menyembuhkan atau mengatasi penyakit pada organ intim seperti keputihan kental.

Dan Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi online gratis dengan tim medis Kami di Klinik Utama Gracia dengan mengklik tombol chat online di atas dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.



Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.