Keputihan tentu menjadi masalah besar bagi wanita dan umumnya keputihan tidak normal akan memiliki tanda keputihan berbahaya, lalu apa sajakah tanda-tandanya dan bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut?

Keputihan adalah kondisi yang normal dan hal yang wajar pada setiap wanita dan biasanya wanita akan mengeluarkan cairan keputihan saat memasuki masa suburnya dan ini adalah keadaan yang normal.

Namun, jenis keputihan tidak normal bisa menjadi kondisi yang berbahaya dan harus segera mendapatkan penanganan dari dokter sebelum terjadi komplikasi yang tidak diinginkan dan biasanya cairan keputihan yang normal akan berwarna putih bening, tidak disertai rasa gatal dan bau

Sedangkan, jenis keputihan yang tidak normal akan ditandai dengan cairan keputihan yang berubah warna disertai rasa gatal, nyeri dan bau dari cairan keputihan. Dibawah ini penjelasan mengenai keputihan normal dan keputihan tidak normal beserta tanda keputihan berbahaya.


Keputihan Normal Vs Keputihan Tidak Normal

Tahukah Anda bahwa keputihan dibagi menjadi dua jenis yaitu keputihan fisiologis (normal) dan keputihan patologi (tidak normal).

Wanita yang mengalami peningkatan jumlah cairan keputihan tanpa disertai dengan gejala seperti gatal, nyeri pada masa suburnya maka, kondisi ini dapat dikatakan sebagai keputihan normal dan kondisi ini adalah proses alami yang terjadi pada masa subur seorang wanita.

Baca Juga: Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Normal? Cari Artinya Disini

Berbeda dengan keputihan normal sebaliknya keputihan yang tidak normal akan ditandai dengan peningkatan jumlah cairan keputihan yang berubah warna dan disertai dengan rasa gatal, nyeri.

Dan banyak lagi ciri-ciri keputihan tidak normal yang menandakan adanya masalah dan penyakit tertentu yang mungkin saja bisa menyerang kesehatan kelamin serta organ reproduksi wanita.


Jarang Diketahui Wanita, Inilah 6 Tanda Keputihan Berbahaya

 Tahukah Anda bahwa dalam kebanyakan kasus jenis keputihan tidak normal biasanya terjadi disebabkan oleh adanya infeksi tertentu dan kondisi keputihan ini biasanya menjadi tanda bahwa adanya penyakit tertentu yang menyerang kelamin.

Namun, sayangnya beberapa wanita yang telah mengalami jenis keputihan tidak normal sering kali tidak mengetahui ataupun jarang mengetahui tanda keputihan berbahaya, padahal dengan mengetahui tanda maupun gejalanya hal tersebut bisa diatasi dengan cepat.

Dan di bawah ini adalah gejala maupun tanda-tanda keputihan berbahaya pada wanita yang jarang diketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cairan Keputihan Berwarna Cokelat

Yang pertama keputihan dengan cairan berwarna cokelat biasanya dipengaruhi oleh siklus menstruasi yang tidak teratur.

Dan tentunya hal ini harus diwaspadai, karena meskipun jarang terjadi, kondisi ini bisa menjadi tanda keputihan berbahaya yang memicu adanya kanker serviks.

Biasanya kondisi ini akan disertai dengan rasa sakit pada panggul, nyeri dan keputihan bercampur darah dan ada baiknya jika Anda memilikinya maka segeralah konsultasikan kepada dokter spesialis ginekologi.

2. Cairan Keputihan yang Disertai Dengan Nyeri

Munculnya rasa sakit di bagian panggul atau sakit saat buang air kecil, bahkan terasa sakit saat setelah melakukan hubungan seksual yang disertai dengan timbulnya cairan keputihan, maka kondisi ini bisa terjadi disebabkan penyakit kelamin gonore atau klamidia.

Dan perlu Anda perhatikan bahwa jika terus dibiarkan terlalu-lama maka infeksi penyakit kelamin ini bisa menyebabkan timbulnya infeksi serius pada organ reproduksi wanita.

3. Cairan Keputihan Berbuih

Selanjutnya, cairan keputihan yang berbuih dan biasanya berubah warna menjadi kehijauan disebabkan oleh adanya penyakit menular seksual trikomoniasis.

Ini adalah salah satu tanda keputihan berbahaya dan jika hal tersebut tidak ditangani secara cepat dan tepat maka kemungkinan besar dapat menyebabkan penularan infeksi kepada pasangan saat berhubungan seksual.



4. Cairan Keputihan Berbau Amis

Cairan keputihan berbau amis menjadi tanda keputihan berbahaya dan biasanya kondisi ini disertai dengan gejala lain seperti: nyeri pinggang, sakit saat buang air kecil, dan rasa tidak nyaman pada organ intim.

Keputihan ini biasanya dipengaruhi oleh adanya infeksi jamur dan ketidakseimbangan pertumbuhan mikroorganisme pada organ intim, selain itu ada baiknya Anda menghindari berhubungan seksual saat mengalami kondisi seperti ini.

5. Keputihan Disertai Nyeri Panggul

Wanita yang mengalami kondisi keputihan disertai dengan nyeri pada panggul maka harus lebih waspada. Karena, keputihan jenis ini bisa terjadi akibat adanya infeksi atau suatu tanda seperti kanker yang menyerang wanita.

Dan rasa nyeri yang terjadi di panggul disebabkan oleh adanya peradangan yang terjadi di bagian dalam panggul, sehingga ada baiknya jika Anda mengalami hal tersebut maka segeralah memeriksakan kondisi tersebut.

6. Cairan Keputihan Kental Disertai Rasa Gatal

Yang terakhir tanda cairan keputihan berbahaya seperti adanya cairan keputihan berwarna putih, kental dan disertai rasa gatal di sekitar Miss V yang dapat disebabkan oleh infeksi jamur.

Tentunya kondisi ini akan mengakibatkan rasa perih dan sakit pada Miss V dan biasanya infeksi disebabkan karena kebersihan organ intim yang tidak terjaga dan kemungkinan wanita yang memiliki kebersihan organ intim yang buruk akan mengalami keputihan seperti ini.

Jika Anda mengalami salah satu tanda keputihan seperti di atas. Sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui penyebab Anda mengalami keputihan yang tidak normal serta mendapatkan penanganan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan organ intim Anda.


Bagaimanakah Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan Berbahaya?


Salah satu cara yang dinilai ampuh untuk mencegah keputihan berbahaya adalah dengan rutin menjaga kebersihan Miss V dengan baik dan benar guna mencegah terjadinya berbagai infeksi yang bisa menyebabkan keputihan tidak normal.

Selain itu ada baiknya hindari berhubungan seks bebas saat Anda mengalami keputihan dengan tanda yang tidak biasanya, karena bisa saja keputihan yang tidak normal yang sedang Anda derita adalah tanda keputihan berbahaya

Sehingga memungkinkan wanita untuk memiliki infeksi penyakit yang bisa menular kepada pasangan saat Anda melakukan hubungan seksual.



Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai keputihan dan jika misalkan Anda seorang wanita yang mengalami salah satu tanda maupun gejala keputihan tidak normal maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi Anda kepada Kami di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.