Meskipun keputihan kondisi yang normal, namun tidak sedikit wanita merasakan keputihan yang gatal, lalu bagaimana cara mengatasi keputihan gatal? Dan apakah yang menyebabkan seorang wanita bisa mengalami keputihan yang terasa gatal?

Sebelum membahas cara mengatasi keputihan gatal perlu Anda ketahui bahwa cairan keputihan pada wanita adalah kondisi yang normal karena cairan keputihan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita dan pastinya seorang wanita dewasa pasti pernah mengalami keputihan selama hidupnya.

Baca Juga: Mau Kembali Rapet? Inilah Tempat Operasi Keperaawanan di Jakarta

Namun, biasanya keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis keputihan normal yang tidak memiliki bahaya dan tidak memiliki dampak negatif untuk kesehatan wanita. Berbeda dengan keputihan tidak normal yang disertai dengan rasa gatal dan gejala lainnya.


Apakah yang Menjadi Penyebab Keputihan Terasa Gatal?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa keputihan gatal termasuk kepada golongan keputihan tidak normal dan berikut di bawah ini beberapa faktor yang menyebabkan keputihan wanita terasa gatal dan penyebab keputihan tidak normal, diantaranya:


- Akibat Adanya Infeksi Virus, Jamur dan Parasit

Penyebab keputihan yang terasa gatal bisa disebabkan oleh adanya infeksi virus, jamur bahkan parasit yang menyerang kesehatan Miss V.

Perlu Anda ketahui bahwa penyebab paling sering wanita mengalami keputihan gatal yaitu akibat adanya bakteri candida albicans, vaginosis bakteri dan banyak jenis jamur yang membuat keputihan wanita menjadi tidak normal sehingga menyebabkan rasa gatal.

Selain itu cairan keputihan yang disebabkan oleh infeksi virus, jamur atau parasit akan menyebabkan cairan keputihan berubah warna menjadi putih seperti susu dan berbentuk kental.

- Akibat Penyakit Menular Seksual

Tahukah Anda bahwa beberapa jenis penyakit menular seksual yang menyerang wanita bisa menyebabkan wanita mengalami keputihan yang tidak normal?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa salah satu tanda dan gejala seorang wanita mengalami penyakit kelamin menular adalah dipengaruhi oleh adanya cairan keputihan yang tidak normal.

Baca Juga: Ternyata Begini Operasi Selaput Dara Pada Wanita

Ketika seorang wanita memiliki banyak pasangan seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks, lalu mengalami keputihan yang tidak normal seperti perubahan warna keputihan, keputihan disertai dengan rasa gatal, bahkan cairan keputihan akan berbau busuk maka, bisa jadi ini salah satu tanda bahwa Anda sedang terinfeksi oleh penyakit menular seksual.

Beberapa Hal Yang Menyebabkan Keputihan Gatal Selain Infeksi

Tahukah Anda bahwa kaum wanita yang memasuki masa menopause akan mengalami penurunan hormon estrogen dan menyebabkan kekeringan pada Miss V? sehingga menyebabkan iritasi dan keputihan gatal.

Mengalami iritasi pada Miss V akibat penggunaan produk pembersih vagina yang mengandung bahan kimia sehingga menyebabkan iritasi pada sekitar vagina. Selain itu, wanita yang tidak menjaga kebersihan organ intim bisa menjadi penyebab keputihan menjadi gatal.

Jika Anda tidak menjaga kebersihan organ intim dengan benar maka, sangat banyak gangguan yang bisa terjadi dan menyerang kesehatan vagina Anda. Sebaiknya Anda menjaga kebersihan area intim dan ketahui apa saja cara mengatasi keputihan gatal.


Lalu, Bagaimanakah Cara Mengatasi Keputihan Gatal?

Tentunya keputihan yang disertai dengan rasa gatal akan menyebabkan rasa ketidaknyamanan pada wanita yang menderita kondisi ini dan untuk itu sangat dibutuhkan tindakan pengobatan dan pencegahan keputihan yang keluar disertai dengan rasa gatal. Berikut di bawah ini adalah cara mengatasi keputihan gatal yang bisa Anda lakukan diantaranya:

- Menjaga Kebersihan Miss V

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi keputihan gatal adalah dengan cara sederhana yaitu dengan menjaga kebersihan Miss V.

Karena jika Anda menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan baik maka otomatis akan terhindar dari keputihan yang tidak normal, lalu bagaimanakah cara melakukannya?

Baca Juga: Punya Keputihan Berbau Busuk? Inilah Penyebabnya

Sebenarnya caranya sangat mudah, Anda tinggal membersihkan organ kewanitaan Anda menggunakan air bersih dan pastikan Anda membersihkan Miss V dari arah depan ke belakang, lalu kenapa hal ini dilakukan? hal ini dilakukan untuk mencegah adanya bakteri yang berada di sekitar anus masuk atau tidak berpindah ke vagina.

Setelah Anda membersihkan Miss V, maka ada baiknya segera keringkan area ini dengan benar dan jangan membiarkan area Miss V dalam keadaan lembab sehingga bisa menyebabkan mudahnya bakteri untuk berkembang.

- Hindari Menggunakan Produk Pembersih

Selanjutnya, cara mengatasi keputihan gatal yang bisa Anda lakukan yaitu hindari menggunakan produk pembersih Miss V karena kebanyakan produk pembersih yang dijual bebas di pasaran kemungkinan besar akan mengandung bahan kimia dan menyebabkan iritasi.

Namun, sayangnya kebanyakan wanita tidak mengetahui bahwa produk pembersih vagina bisa menyebabkan iritasi yang mungkin saja bisa mempengaruhi keputihan menjadi gatal.

Sebaiknya Anda menghindari semua produk pembersih kewanitaan yang mengandung bahan pewangi seperti tisu pembersih Miss V, dan sabun pembersihan vagina. Anda bisa membersihkan vagina hanya dengan menggunakan air bersih dan bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan organ kewanitaan Anda.


Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Mengalami Keputihan Tidak Normal?

Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah seperti di atas namun, tidak ada perubahan pada keputihan tidak normal maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan tim medis Kami di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pemeriksaan dengan dokter.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda dan mengetahui apa yang menyebabkan Anda mengalami keputihan gatal.

Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap cairan keputihan Anda dan jika ditemukan bahwa penyebab Anda mengalami keputihan gatal adalah disebabkan oleh infeksi bakteri atau penyakit menular seksual maka, dokter akan memberikan tindakan pengobatan yang tepat sesuai kondisi yang menyebabkan Anda mengalami keputihan gatal.

Nah, sebenarnya keputihan yang gatal tidak bisa dianggap remeh tanpa melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk itu jika Anda seorang wanita yang merasa mengalami jenis keputihan tidak normal dan telah melakukan cara mengatasi keputihan gatal akan tetapi tidak kunjung membaik juga

Maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan kepada Kami di Klinik Utama Gracia dan Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi gratis dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.