Apakah Anda seorang wanita dan pernah mengeluarkan keputihan gatal dan berbau? jika ya maka Anda harus membaca artikel ini sampai tuntas karena berikut di bawah ini Kami akan menjelaskannya secara rinci sampai cara mengatasinya dengan mudah.

Sebelum membahas lebih lanjut perlu Anda ketahui bahwa cairan keputihan merupakan cairan yang dikeluarkan dari Miss V dan umumnya cairan keputihan diproduksi langsung dari kelenjar dalam Miss V dan serviks atau leher rahim yang nantinya cairan keputihan akan dikeluarkan dengan membawa sel-sel mati serta bakteri dari dalam Miss V.

Selain itu umumnya cairan keputihan memiliki fungsi penting untuk melindungi Miss V dari adanya bakteri, iritasi maupun infeksi dan selain itu umumnya keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu keputihan normal dan tidak normal.

Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab Keputihan Gatal dan Berbau?


Perlu Anda ketahui bahwa umumnya keputihan dalam kategori normal tidak akan berubah warna, berbau dan tidak akan terasa gatal, serta jumlah lendir dalam keputihan akan berbeda-beda dari satu wanita ke wanita yang lainnya.

Baca Juga: 5 Penyakit Ginekologi yang Paling Sering Menginfeksi Wanita Indonesia

Hal tersebut bisa juga tergantung karena siklus menstruasi maupun bisa terjadi akibat masa subur, menyusui, sampai terangsang secara seksual dan jika Anda mengalami cairan keputihan gatal dan berbau maka sebaiknya perlu Anda waspadai, lalu apakah yang menjadi penyebab keputihan gatal dan berbau?

- Karena Bakteri Vaginosis
Penyebab keputihan gatal dan berbau yang pertama adalah karena adanya Bakteri vaginosis adalah infeksi ringan pada Miss V yang disebabkan oleh adanya bakteri dan umumnya bakteri baik berfungsi untuk membantu mengendalikan pertumbuhan jenis yang buruk akan tetapi karena beberapa kondisi tertentu bakteri baik tumbuh dan berkembang sehingga menyebabkan keseimbangannya terganggu.

Selain itu Bakteri vaginosis merupakan infeksi pada Miss V yang paling umum yang dapat menyebabkan bau pada Miss V, dengan gejala mengeluarkan cairan keputihan encer, berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk, vulva membengkak, kemerahan, gatal dan rasa tidak nyaman, serta nyeri saat berhubungan seksual atau nyeri saat buang air kecil

Bakteri vaginosis juga biasanya merupakan masalah ringan yang bisa hilang sendiri dalam beberapa hari, akan tetapi dalam beberapa kondisi bisa menimbulkan masalah yang lebih serius, sehingga sebaiknya Anda menemui dokter Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan.

- Karena Trikomoniasis
Penyebab keputihan gatal dan berbau selanjutnya adalah karena adanya Trikomoniasis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang umumnya ditularkan melalui aktivitas seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya wanita yang terinfeksi Trikomoniasis akan menimbulkan gejala seperti mengeluarkan keputihan berbau yang disebabkan oleh adanya parasit yang disebut Trikomoniasis vaginalis (TV).

Selain itu kaum wanita juga bisa mengeluarkan cairan keputihan berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau yang disertai dengan rasa gatal-gatal di sekitar labia majora (bibir kemaluan), terasa nyeri saat kencing dan terkadang sakit pada bagian pinggang.



- Karena Jamur Candidiasis
Penyebab wanita mengalami keputihan gatal dan berbau selanjutnya adalah karena adanya jamur Candida Albicans dan biasanya akan menimbulkan cairan keputihan berwarna susu dengan ciri-ciri bergumpal seperti susu basi, disertai rasa gatal-gatal dan kemerahan pada area sekitar kelamin dan sekitarnya.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa pada keadaan normal jamur candidiasis ini umumnya terdapat di kulit maupun di dalam Miss V, akan tetapi dalam keadaan tertentu jamur ini meluas sehingga menimbulkan keputihan tidak normal.

Baca Juga: Cara Mudah Menyembuhkan Keputihan Berbau

Bagaimanakah Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal?
Diketahui banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keputihan tidak normal dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hal tersebut, diantaranya:

- Tidak melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan karena dikhawatirkan bisa menyebabkan penyakit menular seksual

- Selalu menjaga kebersihan area Miss V

- Tidak menggunakan douche ataupun semprotan feminin karena dikhawatirkan mengganggu bakteri baik dalam Miss V

- Selalu membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya bakteri yang masuk ke Miss V

- Ada baiknya selalu gunakan celana dalam berbahan katun yang tidak ketat, hal tersebut bertujuan agar tidak menyebabkan lembap dan lengket.

Saya Mengalami Keputihan Gatal dan Berbau, Bagaimanakah Cara Mengobatinya dan Menghilangkannya?


Jika Anda seorang wanita dan memiliki jenis keputihan tidak normal yang seperti dijelaskan di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik ginekologi, andrologi dan penyakit kelamin yang terbaik.

Dan umumnya sebelum dokter mengobati pasien maka dokter akan melakukan serangkaian tes maupun diagnosis untuk memastikannya dan masing-masing pengobatan keputihan tergantung pada apa penyebabnya.

Selain itu penting Anda ketahui bahwa janganlah menggunakan obat-obatan bebas untuk mengobatinya karena menggunakan obat yang tidak sesuai dengan penyebabnya bisa memperparah keadaan Anda dan pada intinya jika Anda memiliki keputihan gatal dan berbau maka segeralah memeriksakan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

Karena dengan menjalani pengobatan di Klinik Utama Gracia telah didukung dengan pemeriksaan yang berteknologi canggih yang memberikan jaminan kepuasan terhadap pelayanan kesehatan publik dan Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online Kami dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.