Mungkin kebanyakan wanita masih terasa asing ketika mendengar penyakit ginekologi, padahal dengan mengetahuinya lebih rinci kita dapat dengan mudah untuk mencegah penyakit tersebut, lalu apakah penyakit ginekologi itu dan bagaimana penyakit tersebut bisa menginfeksi wanita?

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit ginekologi adalah penyakit yang umumnya menginfeksi wanita dan diketahui diluar sana terdapat banyak sekali jenis-jenis penyakit yang sering menginfeksi wanita pada organ reproduksi sehingga daftar penyakit tersebut wajib untuk Kita cegah.

Pada umumnya layanan ginekologi pada wanita akan mengarah pada kesehatan organ reproduksi wanita yang akan mencakup diagnosis maupun perawatan pada daerah Miss V, rahim, ovarium, dan tuba falopi, dan berikut di bawah ini adalah beberapa daftar penyakit ginekologi yang paling sering menginfeksi wanita.

5 Penyakit Ginekologi yang Sering Menginfeksi Wanita Indonesia


1. Keputihan Tidak Normal
Penyakit ginekologi yang paling sering menginfeksi wanita di Indonesia adalah keputihan tidak normal dan umumnya jika wanita terinfeksi keputihan tidak normal maka dapat menyebabkan gejala seperti timbulnya cairan keputihan berlebihan, cairan keputihan berubah warna menjadi kuning, hijau, berbau busuk, mengalami iritasi, terasa gatal-gatal, dll.

Baca Juga: Cara Mudah Mengobati Keputihan Tidak Normal

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan wanita memiliki jenis keputihan tidak normal dan berikut di bawah ini adalah penyebab yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

- Karena adanya infeksi ragi yang berlebihan

- Karena adanya bakteri vaginiosis (BV)

- Karena penyakit menular seksual

- Karena trikomoniasis

2. Vaginitis
Penyakit ginekologi yang paling sering menginfeksi wanita di Indonesia selanjutnya adalah karena vaginitis. Vaginitis adalah peradangan yang umumnya terjadi pada Miss V, sehingga menimbulkan gejala seperti keluarnya cairan yang dibarengi dengan rasa gatal pada alat kelamin dan rasa nyeri pada area Miss V.

Baca Juga: Inilah Cara Menyembuhkan Vaginitis Pada Wanita

Gejala lainnya adalah terasa sakit saat melakukan hubungan seksual maupun terasa sakit ketika sedang berkemih, lalu apakah yang menyebabkan seorang wanita bisa mengalami hal tersebut?, berikut di bawah ini adalah penjelasannya:

- Karena Bakteri Vaginosis

- Karena infeksi ragi

- Karena Trikomoniasis

- Karena adanya iritasi

3. Penyakit Radang Panggul
Penyakit ginekologi yang paling sering menginfeksi wanita di Indonesia selanjutnya adalah karena penyakit radang panggul adalah penyakit yang menginfeksi radang panggul (PID) adalah penyakit yang umumnya dapat menginfeksi pada organ-organ sistem reproduksi wanita

Selain itu biasanya penyakit radang panggul akan menginfeksi beberapa bagian pada sistem reproduksi wanita seperti menginfeksi uterus, ovarium, saluran tuba, dan leher rahim, lalu apa sajakah gejala-gejalanya?

Biasanya wanita akan mengalami nyeri di perut bagian bawah, demam tinggi, keluarnya cairan keputihan yang dibarengi dengan bau busuk, terasa sakit saat berhubungan badan, terasa sakit ketika buang air kecil, lalu apakah yang menyebabkan wanita mengalami hal tersebut?

Ternyata penyakit radang panggul disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual seperti, klamidia atau gonore yang biasanya ditularkan melalui berbagai macam hubungan seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi dan penyakit ini jika tidak segera disembuhkan secara tepat bisa sangat berbahaya.

4. Penyakit Chlamydia
Penyakit ginekologi yang paling sering menginfeksi wanita di Indonesia selanjutnya adalah karena penyakit chlamydia adalah salah satu jenis Penyakit Menular Seksual (PMS) yang disebabkan oleh adanya salah satu bakteri yang menyebar akibat aktivitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Diketahui terdapat banyak gejala yang bisa diakibatkan oleh penyakit chlamydia seperti: terasa sakit saat buang air kecil, keluar cairan keputihan tidak normal yang berwarna kuning atau hijau ataupun keluarnya cairan berwarna kuning atau hijau dari Mr P sampai terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual dll, selain itu perlu Anda waspada jika Chlamydia tidak segera diobati maka bisa menimbulkan masalah serius pada kesehatan tubuh.

5. Infeksi Saluran Kemih
Penyakit ginekologi yang paling sering menginfeksi wanita di Indonesia selanjutnya adalah karena infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang umumnya terjadi di saluran kemih

Dan hal tersebut paling sering disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama E. coli yang menginfeksi bagian pada saluran kemih dan biasanya sangat umum terjadi terutama pada wanita, bayi maupun bisa terjadi pada orang tua, lalu apa sajakah gejalanya?

- Selalu ingin buang air kecil lebih sering dan mendesak yang biasanya terjadi pada malam hari, namun hanya keluar beberapa tetes air urin saja.

- Timbulnya rasa sakit seperti terbakar atau sensasi panas saat buang air kecil.

- Timbulnya perasaan bahwa kandung kemih masih penuh padahal baru saja berkemih.

- Terasa sering merasa kelelahan, demam dan gemetaran ini tandanya infeksi sudah memasuki ginjal.

- Timbulnya rasa nyeri di atas tulang kemaluan hingga terdapat darah dalam urin.

Saya Mengalami Penyakit Ginekologi, Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda seorang wanita dan merasa mengalami salah satu gejala seperti di atas maka sudah saatnya untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda kepada Kami di Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik terbaik dibidang ginekologi karena memiliki dokter spesialis ahli ginekologi, andrologi dan penyakit kelamin.

Selain itu biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu kepada pasien dan menanyakan riwayat kesehatan pasien, kemudian dokter akan mengambil mendiagnosis pasien dengan melakukan serangkaian tes dan masing-masing pemeriksaan dan pengobatan untuk penyakit di atas mungkin saja berbeda-beda.

Dan jika Anda merasa kesulitan untuk mencari dokter spesialis ginekologi maka Anda dapat mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia, karena pengobatan di Klinik Utama Gracia didukung dengan pemeriksaan yang berteknologi canggih yang memberikan jaminan kepuasan terhadap pelayanan kesehatan pasien ataupun Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi online dengan mengklik tombol chat online yang telah disediakan di atas.


Selain itu pengobatan di Klinik Utama Gracia didukung dengan pemeriksaan yang berteknologi canggih yang memberikan jaminan kepuasan terhadap pelayanan kesehatan publik dan Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi online Kami dengan mengklik tombol chat online di atas.