Mungkin hampir sebagian besar wanita sangat menghindari keputihan tidak normal, karena bisa menyebabkan efek keputihan yang mungkin saja bisa menyebabkan berbagai macam hal buruk bagi kesehatan wanita, lalu apa sajakah efek keputihan itu?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa pada umumnya keputihan terbagi menjadi dua jenis, jenis pertama yaitu keputihan normal, dan jenis kedua adalah keputihan tidak normal, lalu bagaimanakah cara membedakannya?

Pada umumnya jenis keputihan normal akan memiliki ciri-ciri cairan keputihan yang berwarna putih susu, tidak berbau, tidak terasa gatal dan kebanyakan wanita akan mengeluarkan cairan keputihan yang berlebih jika sedang mengalami: ovulasi, kehamilan, terangsang secara seksual dll, dan hal ini merupakan hal yang normal terjadi.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Keputihan yang Berbau

Namun yang perlu wanita waspadai adalah jika memiliki jenis keputihan tidak normal karena jenis keputihan ini umumnya disebabkan oleh adanya infeksi, bakteri ataupun penyakit menular seksual seperti klamidia ataupun gonore dan tentunya memerlukan penanganan medis di Klinik Utama Gracia.

Perlu Anda waspadai biasanya ciri-ciri keputihan tidak normal akan berbau busuk, cairannya berubah warna menjadi hijau kekuningan, abu-abu, coklat dan biasanya dibarengi dengan rasa gatal-gatal, sampai terasa nyeri di area Miss V, selain itu perlu Anda ketahui bahwa keputihan tidak normal juga bisa memberikan efek samping, lalu apa sajakah efek samping keputihan itu?

Selain Infeksi, Inilah 4 Efek Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

 

Tentunya cairan keputihan normal berfungsi penting pada sistem reproduksi wanita, karena cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan serviks ini akan membawa sel-sel mati dan bakteri mati, sehingga cairan keputihan normal akan membuat vagina bersih dan membantu mencegah berbagai macam infeksi.

Akan tetapi dalam kondisi tertentu seorang wanita bisa memiliki jenis keputihan tidak normal yang berarti ada sesuatu hal yang terjadi pada Miss V Anda, bahkan jika tidak segera diatasi secara benar dan tidak menjalankan pengobatan yang tepat keputihan tidak normal tersebut bisa memberikan efek keputihan berbahaya dan berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

- Keputihan Berwarna Merah Muda dan Berbau Busuk Bisa Mengindikasi Kanker Serviks
Jika wanita memiliki cairan keputihan berwarna merah muda disertai gatal-gatal, bau busuk, dan mengalami bengkak berwarna kemerahan pada sekitar mulut Miss V maka perlu diwaspadai, karena kemungkinan efek keputihan tidak normal tersebut merupakan gejala kanker serviks akan tetapi untuk memastikannya segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Baca Juga: Waspada Inilah 5 Gejala Keputihan Berbahaya!!

- Keputihan Tidak Normal Berwarna Coklat Bisa Menandakan PID
Jika wanita memiliki cairan keputihan berwarna coklat pada periode haid, kehamilan di awal, atau pada masa menopause maka harus diwaspadai, karena tersebut bisa menjadi efek keputihan adanya penyakit pada Miss V maupun bisa menandakan awal penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease (PID) ataupun penyakit radang panggul.

Dimana penyakit radang panggul ini diakibatkan oleh adanya infeksi dari Miss V yang sudah menyebar dan naik hingga ke panggul dan hal ini paling sangat sering terjadi pada wanita yang menderita penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia.

Selain itu jika penyakit radang panggul tidak segera disembuhkan dan tidak diobati secara tepat maka kemungkinan besar bisa menyebabkan komplikasi serius karena bisa menyebabkan ketidaksuburan dan juga mengalami kehamilan ektopik dimana kehamilan terjadi di luar rahim.



- Keputihan Berwarna Kuning Bisa Menandakan Gonore
Jika Anda seorang wanita dan sering melakukan hubungan seks bebas dan memiliki cairan keputihan berwarna kuning maka efek keputihan tersebut bisa menandakan adanya organisme kuman yang tumbuh dan bersarang pada Miss V dan biasanya disebabkan oleh gonore dan Trikomoniasis ataupun hal lainnya.

- Keputihan Berwarna Hijau Dibarengi Dengan Bau Busuk Bisa Menandakan Adanya Infeksi
Jika Anda memiliki cairan keputihan yang telah berubah warna menjadi hijau dalam jumlah besar dan disertai aroma busuk juga nyeri pada area Miss V maka Anda harus mewaspadai hal tersebut, karena efek samping keputihan tidak normal tersebut bisa menjadi pertanda adanya infeksi pada organ reproduksi.

Tidak sampai disitu saja karena keputihan tidak normal bisa menjadi racun dalam tubuh wanita karena infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme ataupun bakteri jahat menginfeksi area kewanitaan.


Bagaimanakah Cara Mengurangi dan Mengatasi Keputihan Tidak Normal?


Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi keputihan tidak normal yang bisa Anda lakukan di rumah dan berikut di bawah ini adalah cara mengurangi dan mengatasi keputihan tidak normal.

- Cobalah untuk menggunakan celana dalam berbahan katun dan menghindari penggunaan celana yang ketat

- Cobalah untuk menggunakan pantyliners karena pantyliners dapat mengatasi cairan keputihan yang berlebihan, akan tetapi jangan menggunakannya terlalu lama

- Ada baiknya jika Anda mengalami keputihan tidak normal maka ada baiknya untuk menghindari aktivitas seksual sebelum Anda sembuh, karena hal tersebut malah akan memicu terjadinya iritasi karena gerakan Mr P dan infeksi tersebut dapat meluas dan membahayakan organ reproduksi di sekitar rahim.

Jika Anda merasa memiliki gejala keputihan tidak normal maka ada baiknya mulai dari sekarang segera konsultasikan dengan Kami di Klinik Utama Gracia karena jika dibiarkan semakin lama bisa memberikan efek keputihan seperti di atas.

Dan dengan menjalani pengobatan yang tepat dan cepat dapat mempercepat penyembuhan keputihan tidak normal Anda, selain itu Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi dengan mengklik tombol chat online di bawah ini.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.