Semua wanita yang sudah menstruasi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya keputihan, tapi tahukah Anda penyebab keputihan berbau dan bagaimanakah cara menyembuhkannya? Dan jika Anda penasaran maka ada baiknya simak terus yah artikel ini sampai tuntas.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penyebab keputihan berbau ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa keputihan adalah pengeluaran cairan berwarna putih pada Miss V yang umumnya berwarna putih dan cair, namun ada beberapa keputihan yang berwarna kuning atau hijau yang bertanda keputihan tidak normal.

Keputihan sendiri adalah respon alami tubuh untuk mengeluarkan bakteri dan sel-sel yang sudah mati dan tidak dibutuhkan oleh tubuh, kondisi alami ini berfungsi sebagai untuk membersihkan Miss V dari iritasi dan infeksi. Ibu hamil juga bisa mengalami keputihan yang berhubungan dengan kehamilan.

Vagina yang mengeluarkan bau biasanya berasal dari cairan keputihan akan tetapi jika keputihan berbau tersebut sangat menyengat, mencurigakan dan tidak normal itu hal yang harus diwaspadai dan biasanya bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Penyebab keputihan berbau yang terjadi biasanya terjadi karena adanya infeksi atau masalah lain yang biasanya berkaitan dengan tanda dan gejala penyakit lainnya yang biasanya dibarengi dengan perasaan gatal-gatal, terbakar, iritasi, atau keluarnya cairan keputihan abnormal pada Miss V.

Gejala Keputihan Tidak Normal yang Harus Anda Waspadai, Diantaranya:

- Cairan Keputihan Berwarna Kuning
Gejala keputihan tidak normal selanjutnya adalah timbulnya cairan keputihan berwarna kuning, karena cairan keputihan berwarna kuning bisa mengindikasi seseorang sedang mengalami penyakit menular seksual seperti Klamidia dan Gonore.

Dan umumya cairan keputihan berwarna kuning terang dan akan berbau busuk dan ternyata hal tersebut bisa berarti adanya infeksi karena Trikomoniasis yang sering ditularkan melalui hubungan seksual


- Cairan Keputihan Berwarna Hijau
Gejala keputihan tidak normal selanjutnya adalah timbulnya cairan keputihan yang berubah warna menjai berwarna kuning atau hijau pekat dan berbau busuk, perlu Anda ketahui bahwa hal ini bisa menjadi tanda adanya penyakit menular seksual seperti Trikomoniasis.

- Cairan Keputihan Berwarna Abu-Abu Dibarengi Dengan Gatal-Gatal
Gejala keputihan tidak normal selanjutnya adalah cairan keputihan yang berubah warna menjadi abu-abu yang disertai dengan gatal-gatal, bau tidak sedap, dan mengalami bengkak berwarna kemerahan pada sekitar mulut Miss V

Dan jika Anda memiliki jenis keputihan tersebut maka perlu Anda waspadai, karena kemungkinan Anda mengalami kanker, namun untuk memastikan hal tersebut segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Apakah yang Menjadi Penyebab Keputihan Berbau?



Tahukah Anda bahwa bau yang ditimbulkan pada penyebab keputihan berbau biasanya baunya bisa bervariasi sepanjang siklus haid atau bisa terjadi di saat wanita tidak mengalami siklus haid dan mungkin akan tercium saat seseorang melakukan hubungan seks.

Biasanya penyebab keputihan berbau mungkin timbul karena keluarnya keringat yang berlebihan pada area Miss V dan karena menggunakan celana dalam ketat. Sehingga banyak wanita yang memutuskan untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan cairan pembersih Miss V seperti douching akan tetapi penggunaan cairan pembersih pada Miss V bisa menimbulkan iritasi dan berikut di bawah ini adalah penyebab lainnya diantaranya:

- Bakteri Vaginosis
Penyebab keputihan berbau yang pertama adalah karena adanya Bakteri vaginosis yang biasanya bakteri ini tumbuh dan berkembang lebih cepat dari bakteri biasa.

Dan bakteri ini adalah infeksi vagina yang paling umum yang menyebabkan bau vagina, dengan gejala mengeluarkan cairan keputihan encer, berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk, vulva membengkak, kemerahan, gatal dan rasa tidak nyaman, serta nyeri saat berhubungan seksual atau buang air kecil.

- Trikomoniasis
Penyebab keputihan berbau selanjutnya adalah karena adanya penyakit menular seksual (PMS) seperti Trikomoniasis yang juga dapat menimbulkan keputihan bau, hal ini berasal dari adanya parasit yang disebut Trikomoniasis vaginalis, gejala keputihan yang ditimbulkan biasanya keputihan berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau, kecoklatan seperti susu, biasanya disertai dengan rasa gatal pada labia majora (bibir kemaluan), nyeri saat kencing dan terkadang sakit pinggang.

- Karena Candidiasis
Penyebab keputihan ini berasal dari jamur Candida Albicans dan biasanya gejalanya yang timbul seperti keputihan berwarna susu, bergumpal seperti susu basi, disertai rasa gatal-gatal dan kemerahan pada area sekitar kelamin dan sekitarnya.

Perlu Anda ketahui bahwa pada keadaan normal jamur ini terdapat di kulit maupun di dalam Miss V wanita, akan tetapi dalam keadaan tertentu, jamur ini meluas sehingga menimbulkan keputihan tidak normal.



Bagaimanakah Cara Mencegah dan Menyembuhkan Keputihan Berbau?



• Hindari penggunaan sabun beraroma

• Cuci Miss V dengan air hangat atau sabun khusus pembersih Miss V yang telah di resepkan oleh dokter

• Ada baiknya untuk menggunakan celana dalam berbahan katun

• Hindari melakukan hubungan seks saat sedang mengeluarkan cairan keputihan

• Menghindari diri dari hubungan seksual karena hal tersebut berisiko atau dengan meminta pasangan Anda memakai kondom saat berhubungan seks

• Hindari menggunakan celana dalam berbahan ketat yang basah dan lembab

• Ada baiknya untuk membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang

Jika Anda merasa memiliki gejala keputihan tidak normal maka ada baiknya untuk segera datang ke dokter spesialis ginekologi di Klinik Utama Gracia, karena dengan melakukan pengobatan yang lengkap dan tepat jenis keputihan tidak normal dapat segera di atasi.

Selain itu ada baiknya jangan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran karena mungkin belum terbukti mengatasi keputihan tidak normal, selain itu mungkin kebanyakan wanita juga sering menggunakan cara alternatif seperti menggunakan cairan pembersih untuk mengatasi hal tersebut.

Akan tetapi meskipun ada beberapa patogen yang dapat dimusnahkan, namun itu hanya bersifat sementara, dan akan mengganggu keseimbangan normal bakteri yang ada di dalam Miss V sehingga Miss V akan bekerja keras untuk mengembalikan ke kondisi normalnya.

Dan jika misalkan Anda mengalami keluhan seputar keputihan tidak normal maka jangan khawatir karena Kami siap untuk membatu Anda untuk menyembuhkan keputihan tidak normal dan Anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.