Apakah Infeksi Kandung Kemih Itu?

Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar infeksi kandung kemih, lalu apakah infeksi kandung kemih itu dan bagaimanakah cara untuk mencegahnya? Nah jika Anda penasaran dengan jawabannya maka ada baiknya baca artikel ini sampai tuntas.

Infeksi kandung kemih atau yang lebih dikenal sebagai infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang disebabkan oleh adanya bakteri yang ada di dalam kandung kemih.

Hal ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh sedang lemah sehingga bakteri tertentu sangat mudah untuk menginfeksi kandung kemih dan hal tersebut juga bisa mengacu pada infeksi dimanapun di saluran kemih, seperti pada kandung kemih, ginjal, ureter dan uretra.

Apakah Penyebab Infeksi Kandung Kemih?

Perlu Anda ketahui bahwa infeksi saluran kemih disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama E. coli (Escherichia coli) yaitu bakteri yang biasanya ditemukan di dalam usus dan jika bakteri ini jumlahnya terbatas pada usus maka bakteri tersebut tidak berbahaya.

Infeksi ini bisa terjadi apabila bakteri dari tinja naik ke kulit dan masuk kedalam uretra dan pada kaum wanita infeksi ini lebih cepat terjadi karena wanita memiliki uretra yang pendek dibandingkan dengan pria, dan kelamin yang lebih dekat dari anus.

Baca Juga: Inilah Cara Pengobatan ISK yang Paling Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya secara alami tubuh akan mengeluarkan bakteri saat buang air kecil, walaupun demikian bakteri ini dapat menempel dan berkembang biak pada dinding kandung kemih, dan tubuh tidak dapat memusnahkan bakteri dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga akan terjadi infeksi saluran  kemih.

Selain itu dalam beberapa kasus ISK, hubungan seks juga dapat memicu terjadinya ISK pada wanita, karena hubungan seksual yang tidak sehat dapat memindahkan bakteri dari daerah anus ke dekat pembukaan uretra.

Namun hal tersebut bisa dicegah dengan melakukan hubungan seks yang sehat serta selalu membersihkan area kelamin sebelum ataupun sesudah melakukan aktivitas seksual, dan kencing sesudahnya.

Waspada, Inilah Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala yang muncul pada infeksi saluran kemih bisa berbeda-beda tergantung pada tingkat keparahannya, dan seseorang dapat merasakan saat sedang buang air kecil dan berikut di bawah ini adalah gejala umum yang sering terjadi diantaranya:

  • Terasa sakit atau rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Air kencing terasa panas atau bahkan berdarah.
  • Frekuensi air kencing lebih dari biasanya
  • Air urine berbau busuk
  • Urgensi yang lebih sering saat buang air kecil walaupun keluarnya air urin hanya sedikit
  • Sering mengalami kram atau tekanan perut bagian bawah atau punggung bagian bawah

Saat infeksi saluran kemih menyebar hal ini juga dapat menyebabkan sakit punggung biasanya infeksi ini berhubungan langsung dengan infeksi pada ginjal.

Baca Juga: Begini Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan Pada Pria dan Wanita

Dan rasa sakit yang ditimbulkan tidak seperti sakit pinggang pada otot karena rasa sakit ini akan terasa terus menerus meski telah mengurangi aktivitas, selain itu jika ISK sudah memasuki ginjal maka sering menyebabkan mual, muntah, demam serta menggigil.

Jenis-Jenis Infeksi Saluran Kemih dan Gejalanya

Tahukah Anda bahwa ternyata pada setiap infeksi memiliki tanda dan gejala yang berbeda-beda, namun tergantung pada bagian mana yang sedang terinfeksi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Infeksi Pada Ginjal (Pielonefritis)

Tanda dan gejala infeksi pada ginjal yang sering muncul diantaranya bagian atas dan samping punggung terasa nyeri, demam tinggi, gemetar dan menggigil, mual, muntah.

  • Infeksi Kandung Kemih (Sistitis)

Tanda dan gejala infeksi kandung kemih sistitis yang timbul seperti tekanan panggul, ketidaknyamanan perut bagian bawah, sering buang air kecil, dan terkadang terdapat darah dalam urin.

  • Infeksi Uretra (Urethritis)

Biasanya tanda dan gejala infeksi uretra yang dirasakan adalah mengalami rasa terbakar saat buang air kecil.

 

Waspada, Inilah Komplikasi Infeksi Kandung Kemih!!

Jika infeksi saluran kemih diobati dengan cepat dan tepat maka tidak akan menimbulkan komplikasi dan jika dibiarkan terlalu lama maka akan muncul beberapa komplikasi-komplikasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa mengakibatkan infeksi berulang, terutama pada wanita yang mengalami dua atau lebih ISK dalam periode enam bulan atau empat bulan lebih dalam satu tahun.
  • Bisa mengakibatkan kerusakan ginjal permanen dari infeksi ginjal akut atau kronis jika ISK yang tidak diobati.
  • Meningkatkan risiko pada wanita hamil dalam melahirkan yaitu berat badan lahir ringan atau prematur.
  • Bisa mengakibatkan penyempitan ureta khususnya pada pria dari urethritis kambuhan yang sebelumnya terlihat dengan urethritis gonokokal.

Bagaimanakah Cara Mencegah Infeksi Kandung Kemih?

  • Minum Banyak Cairan

Banyak minum air putih akan membantu mencairkan urin Anda dan akan membuat Anda ingin lebih sering berkemih, hal ini akan membuat bakteri lebih sering untuk dikeluarkan.

  • Minum Jus Cranberry

Meskipun tidak dapat dibuktikan secara ilmiah namun mengkonsumsi jus cranberry dipercaya dapat mencegah infeksi saluran kemih.

  • Bersihkan Area Miss V Dengan Cara yang Benar

Ada baiknya mulai dari sekarang bersihkan area Miss V sesudah buang air kecil dengan cara yang benar yaitu dari depan kebelakang, sebab jika menggunakan cara yang salah atau sebaliknya maka bakteri akan mudah berpindah dari anus dan akan masuk kedalam Miss V sehingga bisa menyebabkan ISK.

  • Kosongkan Kandung Kemih Sebelum Melakukan Hubungan Seks

Pada pria khususnya jalur untuk mengeluarkan urin dan sperma mempunyai jalan yang sama sehingga berisiko terinfeksi ISK saat Anda ingin mengeluarkan sperma saat kandung kemih penuh, jadi solusinya adalah dengan mengosongkan terlebih dahulu kandung kemih sebelum melakukan hubungan seks

  • Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Kewanitaan

Karena penggunaan produk pembersih kewanitaan seperti douching yang sembarangan tanpa resep dokter akan membuat kelamin menjadi iritasi dan akan merusak pH alami.

Saya Mengalami Infeksi Kandung Kemih, Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda merasakan salah satu gejala seperti di atas maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis ginekologi, dan jika Anda belum menemukan dimana dokter spesialis berada maka Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Biasanya sebelum dokter mengobati pasien maka dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan kepada pasien dan pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mencari penyebab apa yang menyebabkan ISK, kemudian dokter juga mungkin akan memberikan beberapa pertanyaan kepada pasien dan setelah mengetahui penyebab pastinya maka dokter bisa meresepkan obat tertentu kepada pasien.

Selain itu biasanya penyembuhan ISK dapat dilakukan dengan menggunakan terapi antibiotik dengan resep dokter, selain itu akan diberikan obat antipiretik untuk meredakan demam dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, dan ISK yang tergolong ringan akan sembuh dalam beberapa hari namun pada ISK yang sudah parah memerlukan terapi pengobatan yang lebih lama.

 

 

Jadi jika Anda mengalami infeksi saluran kemih, maka jangan biarkan terlalu lama menyerang Anda sehingga ada baiknya untuk langsung melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi secara online dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.