Tahukah Anda bahwa salah satu gejala keputihan tidak normal adalah keluarnya cairan keputihan berwarna hijau? jika Anda belum mengetahui maka ada baiknya mulai dari sekarang Anda selalu memperhatikan cairan keputihan apa sajakah yang Anda miliki.

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar wanita tentunya pernah mengeluarkan cairan keputihan, karena hal ini dianggap hal yang lumrah pada system reproduksi dan kondisi ini merupakan sebuah mekanisme tubuh untuk membersihkan bakteri dan sel-sel mati yang ada di dalamnya.

Pada umumnya jenis keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis keputihan normal dan tidak normal, selain itu biasanya cairan keputihan normal akan memiliki ciri-ciri cairannya seperti putih susu, tidak berbau, tidak terasa gatal dan tidak berubah warna.

Baca Juga: Apakah Keputihan Bercampur Darah Berbahaya? Ini Jawabannya

Jika Anda memiliki jenis keputihan normal maka Anda tak perlu mengkhawatirkannya karena kondisi normal tersebut akan membantu menghilangkan perkembangan bakteri agar tidak terjadi infeksi pada Miss V.

Namun yang perlu Anda waspadai adalah jenis keputihan tidak normal, karena jenis keputihan ini sangatlah berbahaya dan bisa menjadi pertanda adanya infeksi dalam Miss V Anda, lalu apa sajakah gejala keputihan tidak normal tersebut?

Waspada, Inilah 5 Gejala Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa banyak jenis keputihan, dan jenis keputihan ini dibedakan berdasarkan warna dan konsistensi atau tekstur.

Beberapa keputihan mungkin normal, namun ada beberapa gejala keputihan tidak normal yang perlu diwaspadai dan jika Anda memiliki salah satu gejala keputihan yang tidak normal seperti di bawah ini maka ada baiknya segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia dan gejalanya diantaranya:

1. Cairan Keputihan Berwarna Putih Dengan Rasa Gatal-Gatal

Tahukah Anda bahwa warna putih pada cairan keputihan tidak dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak normal, karena sedikit cairan berwarna putih pada awal dan akhir masa haid adalah sesuatu yang normal.

Namun perlu Anda perhatikan jika cairannya di ikuti rasa gatal, dan konsistensi yang kental bisa berarti terdapat infeksi jamur pada Miss V Anda.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa cairan putih susu bisa menjadi suatu yang normal dari dugaan infeksi, namun tergantung apakah ada hal lain yang terjadi, seperti gatal, bau, atau nyeri pelvis, sehingga untuk memastikannya memerlukan bantuan medis.

2. Berwarna Coklat Atau Bercampur Darah

Jika pada wanita memiliki jenis keputihan berwarna coklat pada masa menstruasi, atau menjelang akhir bulan, itu masih dianggap normal, karena cairan keputihan yang terlambat pada masa akhir menstruasi mungkin akan terlihat coklat dan bukan merah seperti darah pada umumnya.

Jika Anda mengalami bercak pada masa menstruasi dan belum lama Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom, itu dapat menjadi indikasi bahwa Anda sedang hamil, akan tetapi jika timbulnya bercak pada masa awal kehamilan bisa menjadi bertanda keguguran, dan jika ini terjadi segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Selain itu terkadang cairan keputihan dengan warna coklat dan berdarah bisa menjadi bertanda terkena kanker serviks stadium lanjut dan hal ini sebabnya mengapa perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin.

 

3. Keputihan Berwarna Kuning

Gejala keputihan tidak normal selanjutnya adalah timbulnya cairan keputihan berwarna kuning, karena cairan keputihan berwarna kuning bisa mengindikasi Anda sedang mengalami infeksi karena penyakit menular seksual seperti Klamidia dan Gonore.

Umumya cairan keputihan berwarna kuning terang dan akan berbau busuk dan ternyata hal tersebut bisa berarti adanya infeksi karena Trikomoniasis yang sering ditularkan melalui hubungan

4. Keputihan Berwarna Hijau

Gejala keputihan tidak normal selanjutnya adalah timbulnya cairan keputihan berwarna kuning atau hijau pekat dan berbau busuk, hal ini bisa menjadi tanda penyakit menular seksual seperti Trikomoniasis.

5. Cairan Keputihan Berwarna Abu-Abu Dibarengi Dengan Gatal-Gatal

Gejala keputihan tidak normal selanjutnya adalah cairan keputihan berwarna abu-abu disertai gatal-gatal, bau tidak sedap, dan mengalami bengkak berwarna kemerahan pada sekitar mulut Miss V

Dan jika Ana memiliki jenis keputihan tersebut maka perlu Anda waspadai, karena kemungkinan Anda mengalami kanker, namun untuk memastikan hal tersebut segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Lalu, Apakah Penyebab Keputihan Tidak Normal?

- Karena Adanya Bakteri Vaginosis
Bakteri vaginosis adalah bakteri yang umum menyebabkan keputihan tidak normal, infeksi ini bisa menjadi faktor peningkatan keputihan Anda.

Biasanya bakteri vaginosis akan berbau busuk, dan sesekali berbau amis, dan wanita yang sering melakukan seks oral dan memiliki beberapa pasangan seksual cenderung memiliki resiko penularan yang lebih tinggi.

- Karena Adanya Trikomoniasis
Penyebab keputihan tidak normal selanjutnya adalah karena adanya trikomoniasis dan hal ini bisanya disebabkan oleh adanya organisme yang bersel tunggal atau lebih dikenal dengan protozoa.

Dan umumnya infeksi ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual namun juga dapat ditularkan melalui handuk dan baju renang, sehingga infeksi ini bisa menyebabkan keputihan yang berwarna kuning atau hijau yang berbau busuk dan amis, hal ini juga terkadang menyebabkan rasa sakit, gatal, dan radang.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Mencolok Keputihan Normal Vs Tidak Normal

- Karena Adanya Infeksi Ragi
Infeksi ragi adalah infeksi yang menyebabkan cairan keputihan seperti keju dan biasanya juga akan timbul rasa panas dan gatal pada Miss V.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya ragi di dalam Miss V adalah hal yang normal akan tetapi jika tumbuh berlebihan maka bisa mengakibatkan infeksi ragi dan kondisi ini bisa terjadi karena beberapa kondisi seperti: sedang mengalami stres, mengalami diabetes, menggunakan pil KB, mengkonsumsi antibiotik tertentu, dll.

Saya Memiliki Keputihan Tidak Normal Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda seorang wanita yang merasa memiliki salah satu gejala seperti di atas maka ada baiknya untuk segera menyembuhkannya di Klinik Utama Gracia, karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik spesialis Ginekologi yang bisa menyembuhkan keputihan tidak normal.

Selain itu Klinik Utama Gracia juga memiliki dokter spesialis yang ahli di bidang Ginekologi, Andrologi dan Penyakit Kelamin dan Anda tak perlu malu jika Anda mengalami jenis keputihan tidak normal karena Anda tak memilikinya seorang diri, sehingga jika Anda memiliki salah satu gejala keputihan tidak normal seperti di atas segeralah konsultasikan


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.