Apakah Berbahaya Miliki Keputihan Bercampur Darah?

Ternyata kebanyakan wanita pasti akan merasa khawatir jika memiliki cairan keputihan bercampur darah, apalagi hal tersebut baru pertama kali dialaminya, lalu apakah yang menyebabkan hal tersebut? Dan apakah keputihan bercampur darah bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Baca Juga: Inilah Perbedaan Mencolok Keputihan Normal Vs Tidak Normal

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa normalnya wanita akan memiliki cairan keputihan dengan ciri-ciri berwarna putih susu, tidak berubah warna serta tidak berbau.

Dan jika misalkan Anda mengalami cairan keputihan yang sudah berubah warna menjadi kuning kehijauan yang dibarengi dengan bau tak sedap, cairan keputihan berlebihan disertai dengan gatal-gatal maka Anda perlu mewaspadai hal tersebut karena tergolong kedalam jenis keputihan tidak normal yang umumnya disebabkan oleh adanya infeksi tertentu.



Waspada, Inilah 9 Penyebab Wanita Mengalami Keputihan Bercampur Darah

1. Karena Penyakit Gonore
Gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Neissera gonorrhoeae yang umumnya menyebar lewat berbagai macam aktifitas seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi sehingga PMS ini bisa menyebabkan keputihan bercampur darah.

Jadi pada intinya jika Anda telah aktif secara seksual dengan banyak pasangan atau pasangan Anda tidak setia maka kemungkinan besar Anda mungkin terinfeksi penyakit menular seksual ini.

Jika terdeteksi dari awal maka gonore dapat diobati akan tetapi kerusakan dari penyakit ini tidak dapat dikembalikan dan jika tidak diobati maka dapat berkembang menjadi penyakit radang panggul yang dapat menyebabkan beberapa masalah reproduksi serius dan PID merupakan salah satu penyebab paling umum infertilitas pada wanita.

Pada beberapa wanita tidak mengalami gejala, tapi mereka mungkin bisa mengalami: pendarahan berat saat menstruasi, perasaan terbakar saat buang air kecil, seks yang menyakitkan, timbul bercak di antara periode, mengeluarkan cairan keputihan tidak normal dengan ciri-ciri berwarna kuning, atau cairan berdarah dengan bau busuk.

2. Karena Menstruasi
Jika Anda melihat adanya cairan keputihan bercampur darah merah sebelum periode menstruasi diperkirakan akan dimulai maka hal tersebut mungkin karena adanya beberapa haid darah yang bercampur dengan cairan keputihan normal Anda.

Anda mungkin juga akan melihat cairan keputihan yang telah bercampur darah pada akhir periode dan biasanya darahnya akan berwarna coklat atau berwarna merah tua, namun terdapat sedikit kekhawatiran jika cairan keputihan berdarah keluar tepat sebelum menstruasi Anda maka ada baiknya jika Anda mengalami hal tersebut segera konsultasikan kepada ahli ginekologi.

3. Karena Implantasi
Penyebab keputihan yang bercampur darah selanjutnya adalah karena implantasi dimana implantasi adalah sebuah kondisi dimana sel telur wanita yang telah dibuahi rusak sehingga darah keluar dari embrio rahim dan dikeluarkan dari Miss V dan penyebabnya bisa akibat melakukan hubungan badan ataupun karena hal lainnya, namun jangan khawatir karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi embrio dan perkembangannya.

Baca Juga: Punya Keputihan Kuning? Ini Penyebabnya

Selain itu biasanya implantasi terjadi pada wanita 6 sampai 12 hari setelah pembuahan, sehingga wajar jika sebagian besar wanita belum menyadari dirinya hamil dan mengira bahwa pendarahan implantasi tersebut adalah menstruasi biasa, namun Anda masih khawatir maka baiknya segera konsultasikan kepada dokter Anda.

4. Karena Kanker
Penyebab keputihan bercampur darah selanjutnya adalah karena kanker, seperti kanker endometrium dan serviks dapat menyebabkan keluarnya cairan darah dalam keputihan. Selain itu biasanya kanker ini biasanya disebabkan oleh Human Papilloma Virus, lebih dikenal dengan HPV.



Gejala Lain Dari Kanker Endometrium Seperti:

- Timbulnya perdarahan vagina tidak normal (terjadi pada 90% pasien)

- Nyeri pada bagian panggul

- Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan



Sedangkan Gejala Lain Dari Kanker Serviks Seperti:

- Memiliki keputihan tidak normal

- Nyeri pada bagian panggul

- Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

- Bengkak atau nyeri di kaki

- Merasa sangat kelelahan walaupun tidak bekerja keras

- Sakit pada bagian punggung

- Sering mengalami patah tulang

Dan pada intinya jika keputihan tersebut telah bercampur darah ini bisa menjadi tanda awal kanker maka penting bagi Anda untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter.

5. Karena Iritasi atau Infeksi
Jika Anda aktif secara seksual maka infeksi atau iritasi mungkin bisa menjadi salah satu faktor penyebab keluarnya keputihan bercampur darah dan biasanya Anda akan mengalami gejala-gejala seperti: sakit saat melakukan hubungan seks, Miss V terasa gatal, perasaan sakit saat buang air kecil, mengalami demam sehingga ada baiknya jika Anda mengalami hal tersebut segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter

Biasanya iritasi bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya: karena menggunakan douching, alergi, menggunakan sabung wangi, melakukan seks, memasukan benda kedalam Miss V, dan jika iritasi menyebabkan cairan keputihan yang berdarah maka jika hal tersebut terjadi beberapa hari maka segeralah konsultasikan kepada dokter.

Lalu, Apakah Keputihan Bercampur Darah Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Wanita?
Untuk memastikan hal tersebut maka ada baiknya Anda untuk mengkonsultasikan kepada dokter akan tetapi jika cairan keputihan yang disertai darah akibat gonore dan kanker tentu sangat berbahaya sehingga memerlukan bantuan medis untuk mengatasinya karena semakin lama Anda melakukan pengobatan maka efek yang ditimbulkan bisa semakin parah.

Selain itu biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik secara langsung kepada Anda dan juga akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang medis seperti melakukan pengambilan sampel cairan keputihan yang nantinya akan dianalisis di laboratorium.

Kemudian obat ataupun penanganan yang akan diberikan akan berbeda-beda tergantung apa yang menjadi penyebab keputihan bercampur darah dan jika Anda merasa memiliki jenis keputihan yang tidak normal maka Anda bisa mengkonsultasikan dan menyembuhkannya kepada Kami di Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.