Seperti yang sudah kita ketahui bahwa umumnya cairan keputihan berwarna putih susu, akan tetapi karena hal lain bisa berubah warna keputihan kuning, lalu apakah keputihan kuning sangat normal terjadi dan apakah keputihan tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui bahwa umumnya timbulnya cairan keputihan pada wanita dewasa adalah hal yang sangat umum, selain meskipun terkadang timbulnya cairan keputihan bisa terasa banyak dan sangat mengganggu akan tetapi keputihan memiliki fungsi untuk membawa pergi sel-sel mati dan bakteri jahat sehingga bisa membantu untuk mencegah infeksi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Keputihan Tidak Normal dan Gatal-Gatal Pada Miss V

Dan perlu Anda ketahui bahwa tingkat cairan keputihan pada wanita mungkin bisa saja berbeda-beda karena pada wanita yang berovulasi, hamil, terangsang secara seksual bisa memiliki cairan keputihan yang biasanya lebih banyak namun hal tersebut bisa dikatakan normal.

Selain itu segala macam perubahan warna, bau ataupun perubahan yang sangat mencolok ataupun jumlahnya tidak normal maka hal tersebut mungkin bisa saja menandakan adanya iritasi dan begitu juga pada keputihan kuning, lalu apakah yang menyebabkan hal tersebut?

Punya Keputihan Kuning? Ternyata 4 Hal Ini Jadi Penyebabnya

Perlu Anda ketahui bahwa umumnya keputihan berwarna kuning merupakan jenis keputihan tidak normal yang perlu bantuan medis untuk menyembuhkan hal tersebut, bahkan salah satu penyakit menular seksual diketahui menjadi salah satu penyebabnya, dan berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab yang menyebabkan hal tersebut diantaranya:

- Karena Adanya Penyakit Gonore
Seperti yang telah dijelaskan bahwa keputihan kuning bisa menjadi pertanda adanya penyakit gonore, dimana gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang diakibatkan oleh adanya infeksi oleh bakteri yang dikenal sebagai Neisseria gonorrhoeae yang penyebaran utamanya adalah karena berhubungan badan dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Biasanya seseorang wanita yang mengalami hal tersebut akan mengeluarkan cairan keputihan berwarna kuning atau keruh dan bisa juga ditandai dengan adanya perdarahan di luar siklus haid dan terasa nyeri pada panggul.

- Karena Adanya Infeksi Trikomoniasis
Mungkin Anda masing terasa asing jika mendengar Trikomoniasis, Trikomoniasis adalah infeksi yang diakibatkan oleh adanya parasit bersel tunggal yang dikenal sebagai Trichomonas Vaginalis dan diketahui infeksi ini ditularkan melalui hubungan badan.

Biasanya seseorang wanita yang mengalami hal tersebut akan mengeluarkan cairan keputihan berwarna kuning atau berwarna kehijauan yang dibarengi dengan gejala lain seperti berbusa, mengeluarkam bau tak sedap, terasa gatal saat buang air kecil dan rasa nyeri.



- Karena Adanya Vaginiosis Bakteri
Vaginosis bakteri (BV) adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kondisi pertumbuhan bakteri yang tidak seimbang secara normal yang biasanya hadir dalam Miss V dan merupakan penyebab umum keputihan abnormal lainnya.

Sehingga kondisi yang diakibatkan oleh adanya Vaginosis bakteri memungkinkan wanita mengalami keputihan kuning, atau putih dan abu-abu yang dibarengi dengan timbulnya bau amis, dan perasaan gatal-gatal serta perih di area Miss V

- Karena Infeksi Jamur
Walaupun umumnya infeksi jamur pada Miss V sangat umum menyerang wanita, namun meskipun hal ini bukan merupakan masalah yang serius akan tetapi gejalanya bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan saat melakukan aktifitas bukan?

Perlu Anda ketahui bahwa infeksi jamur terjadi ketika ada pertumbuhan berlebih dari ragi (candidiasis) dalam Miss V dan hal tersebut bisa terjadi karena berbagai macam faktor seperti penggunaan antibiotik, sedang hamil, menggunakan kontrasepsi, memiliki penyakit diabetes yang tidak terkontrol, sistem imun yang lemah sampai menggunakan celana dalam ketat.

Biasanya wanita yang mengalami keputihan dalam kondisi tersebut bisa memiliki cairan keputihan kuning pucat seperti keju atau berwarna putih, dengan konsistensi lebih padat, yang dibarengi dengan gejala lain seperti rasa gatal, nyeri, pembengkakan dan rasa sakit tersebut juga bisa hadir ketika seorang wanita melakukan hubungan badan.

Lalu, Bagaimanakah Caranya Mencegah Infeksi Agar Tak Memiliki Keputihan Kuning?

Tahukah Anda bahwa salah satu cara terbaik untuk mencegah cairan keputihan berwarna kuning ataupun mencegah infeksi pada Miss V adalah dengan mempraktikkan kebersihan yang baik dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara lain untuk mencegah hal tersebut diantaranya:

- Melakukan Hubungan Seks yang Aman
Cara pertama untuk mencegah keputihan kuning adalah dengan melakukan hubungan seks aman, dimana Anda bisa melakukannya dengan pasangan yang Anda nikahi dan janganlah sesekali berhubungan seks bebas dengan banyak pasangan yang telah terinfeksi penyakit menular seksual.

Selain itu mungkin penggunaan kondom dapat mencegah PMS akan tetapi Anda juga masih bisa berisiko terkena penyakit menular seksual karena tidak semua area yang terkena penyakit kelamin bisa menular di kelamin, karena bisa juga menular akibat seks oral jadi ada baiknya janganlah melakukan hubungan seks bebas.

- Menjaga Daerah Miss V Tetap Bersih dan Kering
Cara selanjutnya untuk mencegah keputihan kuning adalah dengan menjaga agar daerah Miss V Anda bersih dan kering, karena Anda harus mencuci bagian luar vagina Anda setiap hari dengan sabun ringan dan air hangat, lalu bilas dengan baik dari arah depan ke belakang lalu keringkan dengan menggunakan handuk kering yang bersih.

- Jangan Douching
Karena umumnya douching dapat mengganggu keseimbangan normal organisme di dalam Miss V Anda, yang dapat menyebabkan infeksi vagina, membuat infeksi memburuk, atau menyebarkan infeksi lebih jauh ke dalam organ reproduksi Anda (rahim dan atau saluran tuba) atau bahkan bisa menyebabkan keputihan menjadi tidak normal.

Maka sudah saatnya Anda untuk tidak gunakan sabun wangi, atau gelembung wangi, tampon beraroma, pembersih Miss V, atau semprotan Miss V, karena segala macam produlk tersebut mungkin saja bisa mengiritasi vagina dan menyebabkan infeksi vagina dan jika daerah Miss V Anda sudah teriritasi maka Anda sebaiknya tidak menggunakan kertas toilet wangi, spermisida, atau sabun keras dan segera hubungi dokter.

- Jangan Menggunakan Celana Dalam yang Ketat
Karena hal tersebut bisa mengganggu kelembaban Miss V Anda dan bisa menyebabkan pertumbuhan jamur yang tidak normal sehingga cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan celana dalam berbahan katun yang longgar.

Nah, itulah tadi berbagai macam penyebab keputihan kuning dan jika Anda merasa memiliki jenis keputihan tersebut maka sudah saatnya untuk berobat di Klinik Utama Gracia karena jenis keputihan tersebut sudah termasuk kedalam keputihan tidak normal yang memerlukan perawatan medis.

Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.