Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar gejala ISK dan penyebab ISK? padahal dengan mengetahuinya Kita akan lebih mudah untuk mencegah hal tersebut, lalu apakah ISK itu? Dan bagaimanakah cara mencegahnya?

ISK adalah singkatan dari Infeksi Saluran Kemih dimana infeksi ini terjadi pada area sistem kemih dan paling sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, diketahui hal tersebut terjadi karena wanita memiliki saluran kemih yang lebih pendek dibandingkan dengan pria sehingga memungkinkan bakteri untuk masuk ke dalamnya.

Sehingga kaum wanita sangat disarankan agar selalu membersihkan area Miss V saat buang air kecil atau besar dengan cara yang tepat, yaitu dengan membersihkan Miss V dari arah depan ke belakang, karena dengan cara yang benar tersebut dapat mengurangi bakteri untuk masuk ke uretra sehingga salah satu cara sederhana tersebut dapat membantu Anda.

Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab ISK?


- Karena Bakteri E. coli
Penyebab ISK pada umumnya terjadi ketika bakteri yang bernama E. coli (Escherichia coli) yaitu bakteri yang biasanya ditemukan di dalam usus ini mengalami peningkatan jumlah sehingga bakteri ini nantinya akan masuk ke saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih dan menjadi penyebab ISK.

Baca Juga: Inilah Pengobatan Infeksi Saluran Kemih yang Paling Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa sistem saluran kemih manusia umumnya dirancang untuk mencegah penyerang mikroskopik seperti bakteri E. Coli, namun sayangnya dalam beberapa kondisi pertahanan ini terkadang gagal dan jika hal tersebut terjadi mungkin bakteri bisa bertahan dan tumbuh menjadi infeksi penuh di dalam saluran kemih.

- Karena Hubungan Seksual
Penyebab ISK selanjutnya adalah karena hubungan seksual akan tetapi Anda tidak perlu aktif secara seksual untuk mengembangkannya, karena semua wanita berisiko untuk mengalami sistitis karena memiliki jarak dekat dari uretra ke anus dan lubang uretra ke kandung kemih sehingga memungkinkan bakteri untuk lebih cepat masuk kedalamnya.

- Karena Infeksi Menular Seksual
Penyebab ISK selanjutnya adalah karena adanya infeksi menular seksual dan hal ini bisa terjadi pada infeksi uretra (uretritis) adalah pembengkakan pada uretra dan salah satu jenis ISK yang terjadi bila bakteri E. Coli menyebar dari anus ke uretra.

Selain itu penyebab ISK uretra bisa disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual, seperti herpes, gonore, chlamydia dan mycoplasma. Hal tersebut terjadi karena uretra wanita sangat dekat dengan Miss V sehingga dapat menyebabkan uretritis.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Menyembuhkan ISK Pada Pria dan Wanita

- Karena Tidak Membersihkan Miss V Dengan Cara yang Benar
Penyebab ISK selanjutnya adalah karena wanita tidak membersihkan Miss V tidak dengan cara yang benar, karena membersihkan Miss V dengan cara yang salah dapat memicu bakteri E. Coli untuk berkembang biak lebih banyak dari keadaan normal.

Jadi seperti yang dijelaskan di atas bahwa cara sederhana mengatasinya adalah dengan menjaga agar kawasan Miss V bersih dan bersih dari depan ke belakang, selain tidak menggunakan berbagai produk feminin atau douching tanpa berkonsultasi dengan dokter yang dulu dijual bebas di pasaran.

- Karena Tidak Berminat Setelah Bercinta
ISK berikutnya adalah karena buang air kecil setelah berhubungan seks, karena bertujuan mencegah bakteri memasuki Nona V dan jika Anda mendesak setelah berhubungan seks maka bakteri yang masih bisa langsung dikeluarkan dengan air kencing.

 

Lalu, Apa Sajakah Gejala ISK?


- Air Urin Berbau Menyengat dan Berwarna Pekat
Gejala ISK yang pertama adalah air urin yang berbau menyengat ketika dicium dan berwarna pekat, hal tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh seseorang sedang mencoba untuk melawan infeksi yang terjadi, sehingga bisa keluar darah bersamaan dengan air urin.

- Terasa Sakit Saat Berkemih
Gejala ISK selanjutnya adalah sering terasa sakit saat berkemih dibarengi dengan sensasi seperti terbakar, dan perlu Anda ketahui bahwa gejala ISK disebabkan karena terdapat bagian dari sistem kemih yang mengalami peradangan sehingga menyebabkan rasa sakit saat berkemih.

- Lebih Sering Untuk Berkemih
Gejala ISK selanjutnya adalah lebih sering untuk berkemih dan hal tersebut umumnya sering terjadi pada malam hari, akan tetapi dalam kebanyakan kasus gejala ISK hanya mengeluarkan air urin yang sedikit dan tentunya hal tersebut bisa mengganggu waktu tidur Anda bukan?

Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih?



- Meminum Banyak Air Putih
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh dan salah satunya adalah bisa mencegah Anda untuk mengalami infeksi saluran kemih dan Anda bisa meminum banyak air putih minimal 8 gelas atau lebih dalam sehari.

Selain itu ada baiknya untuk menghindari berbagai macam minuman yang mengandung kafein serta minuman bersoda dan ada baiknya untuk sering buang air kecil karena hal tersebut bertujuan untuk menyiram bakteri agar keluar dari kandung kemih dan saluran kencing.

- Selalu Bersihkan Area Miss V dari Depan Ke Belakang
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ada baiknya untuk selalu membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang, dan cara sederhana tersebut bertujuan agar mencegah bakteri yang berasal dari anus untuk masuk ke dalam Miss V sehingga bisa menyebabkan ISK.

- Berkemih Setelah Melakukan Hubungan Seks
Cara selanjutnya untuk mencegah ISK adalah dengan berkemih setelah melakukan hubungan seks karena cara sederhana ini dapat membuat bakteri menjauh dari uretra, selain itu dengan berkemih dapat mendorong bakteri agar keluar menjauh dari saluran kemih.

- Hindari Douching
Ada baiknya Anda menghindari menggunakan douching, ataupun produk feminin, serbuk wangi dll, karena berbagai macam produk tersebut bisa berpotensi untuk mengubah keseimbangan kuman normal di Miss V Anda, dan ada baiknya jika Anda ingin menggunakannya maka konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.



Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai penyebab ISK dan berbagai gejala ISK, sehingga jika Anda merasa memilki salah satu dari gejala ISK seperti di atas maka ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan permasalah tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.