Tentunya pengobatan infeksi saluran kemih sangat diperlukan oleh banyak wanita, karena jika tidak melakukan pengobatan yang tepat maka dikhawatirkan infeksi saluran kemih bisa memasuki ginjal yang tentunya sangat berbahaya, sehingga ada baiknya Anda segera melakukan pengobatan infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi umum yang paling sering terjadi pada tubuh manusia akan tetapi ISK lebih sering menginfeksi wanita karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dibandingkan dengan pria sehingga memungkinkan bakteri untuk masuk kedalam kandung kemih, akan tetapi pria juga bisa berisiko untuk mengalami hal tersebut.

Bahkan diperkirakan 40 % sampai 60 % wanita akan memiliki setidaknya satu ISK seumur hidup mereka. Selain itu infeksi saluran kencing pada pria sering dikaitkan dengan pembesaran prostat (benign prostatic hypertrophy) yang menghalangi aliran urine, yang memungkinkan bakteri memiliki waktu lebih mudah untuk menempati saluran kemih.

Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih?
Diketahui bahwa hampir 90 % kasus ISK disebabkan oleh adanya bakteri E. coli (Escherichia coli) yaitu bakteri yang biasanya ditemukan di dalam usus dan bila bakteri ini terbatas pada usus maka bakteri tersebut tidak berbahaya, namun jika pertumbuhan bakteri ini berlebihan maka bakteri ini akan masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Selain itu hubungan seks juga dapat memicu terjadinya ISK pada wanita karena hubungan seksual dapat memindahkan bakteri dari daerah anus ke dekat pembukaan uretra.
Akan tetapi wanita dapat menurunkan risiko terinfeksi ISK dengan membersihkan area kelamin sebelum ataupun sesudah melakukan aktivitas seksual, dan dengan kencing sesudahnya.

Dan ternyata dengan menggunakan metode pencegahan kehamilan seperti: spermisida, diafragma, dan kondom juga meningkatkan risiko ISK dan ISK juga akan berisiko lebih tinggi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Bagaimanakah Cara Pengobatan Infeksi Saluran Kemih yang Paling Tepat?

Tahukah Anda bahwa sebagian besar ISK tidak serius akan tetapi jika Anda tidak melakukan pengobatan infeksi saluran kemih maka infeksi bisa menyebar ke ginjal dan aliran darah sehingga mungkin bisa mengancam jiwa, karena infeksi ginjal dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan jaringan parut ginjal, lalu pengobatan infeksi saluran kemih yang paling tepat itu apa?

Perlu Anda ketahui bahwa biasanya gejala ISK akan membaik dalam dua sampai tiga hari setelah memulai mengkonsumsi antibiotik dari resep dokter dan biasanya dokter akan meresepkan antibiotik jenis tertentu untuk pengobatan infeksi saluran kemih.

Namun, biasanya pengobatan awal ISK adalah bentuk pengobatan infeksi saluran kemih awal akan diresepkan oleh dokter selama 7 hari, akan tetapi peneliti mengetahui bahwa mungkin bakteri dapat menjadi resisten (melawan) antibiotik sehingga mengurangi efektifitas beberapa antibiotik dalam pengobatan infeksi saluran kemih.



Karena beberapa jenis ISK tidak sembuh setelah mengkonsumsi antibiotik dan jika misalkan antibiotik tidak menghentikan bakteri penyebab infeksi selama 7 hari maka bakteri terus bertambah banyak dan ada baiknya untuk segera memeriksakan kembali kepada dokter Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa resistensi antibiotik sering disebabkan oleh penyalahgunaan atau penyalahgunaan antibiotik secara berlebihan. Hal ini bisa terjadi bila antibiotik yang sama diresepkan berulang kali untuk ISK jenis rekuren dan karena risiko ini para ahli telah mencari cara untuk mengobati ISK tanpa menggunakan antibiotik.

Selain itu perlu Anda catat bahwa selama gejala infeksi saluran kemih tergolong ringan maka Anda tidak berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi sehingga perawatan di rumah sakit tidak diperlukan, akan tetapi Anda masih membutuhkan pengobatan infeksi saluran kemih yang telah diberikan oleh dokter.

Dan selain mengkonsumsi antibiotik dari resep dokter mungkin obat pereda rasa sakit seperti parasetamol akan bermanfaat untuk menghilangkan gejala nyeri yang disebabkan oleh ISK, akan tetapi ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Lalu, Bagaimanakah Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih?



- Meminum Banyak Air Putih
Cara pertama untuk mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan meminum banyak air putih serta menghindari minuman kopi dan minuman bersoda, selain itu ada baiknya untuk sering buang air kecil karena hal tersebut bertujuan untuk menyiram bakteri agar keluar dari kandung kemih dan saluran kencing.

- Selalu Bersihkan Area Miss V dari Depan Ke Belakang
Ada baiknya agar Anda selalu membersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang, karena jika Anda membersihkan dari arah sebaliknya maka bisa memungkinkan bakteri yang berasal dari anus masuk ke dalam Miss V sehingga bisa menyebabkan ISK.

- Berkemih Setelah Melakukan Hubungan Seks
Cara selanjutnya adalah berkemih setelah Anda melakukan hubungan badan karena hal ini dapat membuat bakteri menjauh dari uretra, selain itu dengan berkemih dapat mendorong bakteri agar keluar menjauh dari saluran kemih.

- Hindari Douching
Ada baiknya Anda menghindari menggunakan douching, produk feminin, serbuk wangi dll, karena berbagai macam produk tersebut bisa berpotensi untuk mengubah keseimbangan kuman normal di Miss V Anda.

- Konsultasikan Jika Ingin Menggunakan Kontrol Kehamilan
Tahukah Anda bahwa berbagai macam alat kontrasepsi untuk mengontrol kehamilan seperti: kondom diafragma, spermisida, ternyata dapat membuat Anda lebih mungkin terkena ISK, dan hal tersebut karena semuanya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan bakteri.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai pengobatan infeksi saluran kemih yang paling tepat, dan jika misalkan Anda merasa memilikinya maka ada baiknya segera konsultasikan dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia untuk menjalani pengobatan infeksi saluran kemih yang tepat.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.