Tahukah Anda bahwa salah satu ciri ciri keputihan normal pada wanita adalah timbulnya cairan keputihan yang berwarna susu dan tidak berbau? Lalu bagaimanakah cara untuk membedakan ciri ciri keputihan normal dan tidak normal pada wanita?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jika pada umumnya cairan keputihan adalah sesuatu hal yang normal pada wanita, selain itu cairan keputihan memiliki fungsi untuk menjaga jaringan Miss V agar tetap sehat, serta berfungsi untuk memberikan pelumasan dan melindungi terhadap infeksi dan iritasi.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa pada umumnya jumlah cairan keputihan, warna dan konsistensi keputihan normal bisa bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya, mulai dari keputihan dan lengket hingga bening dan berair dan semua tergantung pada tahap siklus menstruasi Anda.

Lalu, Bagaimanakah Cara Membedakan Ciri Ciri Keputihan Normal dan Tidak Normal?


Perlu Anda ketahui bahwa umumnya terdapat 2 jenis keputihan yaitu jenis keputihan normal dan jenis keputihan tidak normal dan masing-masing jenis dikelompokkan berdasarkan warna dan konsistensi mereka.

Akan tetapi jenis keputihan normal merupakan cairan keputihan yang sangat umum terjadi sehingga tak perlu Anda waspadai, sedangkan jika Anda merasa memiliki ciri ciri keputihan yang tidak normal maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter dan berikut di bawah ini adalah cara membedakan keputihan yang normal dan tidak normal:

- Cairan Keputihan Normal Akan Berwarna Putih Susu
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa salah satu ciri ciri keputihan yang normal adalah berwarna putih susu dan cairan keputihan ini tidak berbau dan hal tersebut merupakan salah satu kondisi yang normal timbul terutama pada awal dan akhir siklus menstruasi Anda.

- Cairan Keputihan Normal Tidak Berbau Amis Atau Berbau Busuk
Ciri ciri keputihan normal selanjutnya adalah cairan keputihan normal tidak akan berbau amis atau berbau busuk atau berbau lainnya, dan timbulnya cairan keputihan normal tidak disertai dengan rasa gatal, akan tetapi jika Anda merasakan keputihan yang gatal maka hal tersebut menunjukkan adanya infeksi tertentu pada Miss V, contohnya saja akibat adanya jamur.

- Cairan Keputihan Normal Berwarna Jernih dan Encer
Ciri ciri keputihan normal selanjutnya adalah cairan keputihan akan berwarna jernih dan encer dan biasanya cairan keputihan ini sering terjadi setiap bulan dan Anda tak perlu mengakhawatirkannya karena hal tersebut sangat normal terjadi.

- Cairan Keputihan Normal Berwarna Jernih dan Elastis
Ketika cairan keputihan Anda berwana jernih dan elastis seperti lendir, daripada berair, maka keputihan ini menandakan bahwa Anda mungkin akan ber ovulasi dan hal ini merupakan jenis keputihan normal yang tak perlu Anda waspadai



- Cairan Keputihan Tidak Normal Akan Berwarna Kuning
Ciri ciri keputihan tidak normal dan berbahaya yang pertama biasanya cairan keputihan akan berwarna kuning, dan jika Anda merasa memiliki cairan keputihan berwarna kuning maka hal tersebut bisa menandakan adanya organisme kuman yang tumbuh dan bersarang pada Miss V dan biasanya disebabkan oleh gonore dan Trikomoniasis ataupun hal lainnya.

- Cairan Keputihan Tidak Normal Berwarna Coklat
Jika Anda memiliki cairan keputihan berwarna coklat pada periode haid, kehamilan di awal, atau pada masa menopause maka Anda harus mewaspadai hal tersebut karena bisa jadi tanda adanya penyakit pada Miss V maupun bisa menandakan awal penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease (PID).

- Cairan Keputihan Tidak Normal Berwarna Hijau Dibarengi Dengan Bau Busuk
Jika Anda memiliki cairan keputihan berwarna hijau dalam jumlah besar dan disertai aroma busuk juga nyeri pada Miss V maka Anda harus mewaspadai hal tersebut, karena bisa saja menjadi infeksi pada organ reproduksi.

- Cairan Keputihan Berwarna Abu-abu Dibarengi Dengan Gatal-Gatal
Jika Anda memiliki cairan keputihan berwarna abu-abu disertai gatal-gatal, bau tidak sedap, dan mengalami bengkak berwarba kemerahan pada sekitar mulut Miss V maka perlu Anda waspadai, karena kemungkinan Anda mengalami kanker namun untuk memastikan hal tersebut segera konsultasikan kepada dokter Anda.

Lalu, Apakah yang Menyebabkan Keputihan Tidak Normal?



- Karena Bakteri Vaginosis

Penyebab keputihan tidak normal yang pertama adalah karena adanya Bakteri vaginosis dan biasanya menyebabkan keputihan berbau busuk, dan sesekali seperti bau amis ikan.
Biasanya hal tersebut terjadi akibat menerima seks oral ataupun seorang wanita yang melakukan hubungan seks bebas dengan banyak pasangan.

- Karena Trikomoniasis
Penyebab keputihan tidak normal selanjutnya adalah karena Trikomoniasis yang umumnya disebabkan oleh adanya organisme bersel tunggal yang dikenal sebagai protozoa dan infeksi ini biasanya ditularkan selama aktifitas seksual, namun bisa juga ditularkan dengan berbagi handuk atau baju renang.

Infeksi ini biasanya akan menyebabkan cairan keputihan berwarna kuning atau hijau dan berbau busuk berbau busuk. Hal itu juga bisa menyebabkan rasa sakit, radang, dan gatal-gatal, namun pada beberapa wanita tidak akan mengalami gejala apapun.

- Karena Infeksi ragi
Infeksi ragi adalah infeksi jamur yang berakibat pada keputihan putih seperti keju cottage, selain itu bisa menyebabkan sensasi terbakar dan gatal-gatal pada Miss V.
Namun, pada umumnya ragi di dalam Miss V adalah hal yang normal akan tetapi jika tumbuh berlebihan maka bisa mengakibatkan infeksi ragi dan kondisi ini sering terjadi bila Anda memiliki kondisi seperti: mengalami stres, mengalami diabetes, menggunakan pil kb, mengkonsumsi antibiotik tertentu dll

- Karena Gonore dan Chlamydia
Gonore dan klamidia adalah kedua jenis penyakit menular seksual dan biasanya dapat menyebabkan cairan keputihan tidak normal yang sering berwarna kuning, kehijauan, atau berawan.

- Karena Penyakit Peradangan Panggul
Penyakit radang panggul adalah infeksi yang sering ditularkan melalui hubungan seksual dan hal ini ada saat bakteri menyebar mengelilingi vagina dan masuk ke bagian lain sistem reproduksi wanita, sehingga bisa menyebabkan cairan keputihan yang berbau busuk.

Nah, itulah tadi berbagai macam ciri ciri keputihan normal dan tidak normal pada wanita dan jika misalkan Anda merasa memiliki jenis keputihan yang tidak normal maka ada baiknya segera untuk konsultasikan permasalahan tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.