Hilangnya keperawanan sebelum menikah tentunya bukan menjadi sebuah rahasia umum lagi, tetapi bisakah keperawanan kembali lagi? lalu bagaimanakah cara untuk mengembalikannya? Nah jika Anda penasaran maka ada baiknya baca terus artikel ini sampai tuntas.

Walaupun saat ini ada banyak wanita yang ingin selalu menjaga utuhnya selaput dara dan menjadi perawan sampai ia menikah, akan tetapi mungkin diluar sana juga banyak wanita yang telah kehilangan keperawanan sebelum menikah dengan berbagai macam alasan.

Baca juga: Pria, Ternyata Inilah Ukuran Kedalaman Selaput Dara Wanita

Dan akhirnya sebagian besar wanita yang telah kehilangan keperawanannya sebelum menikah tersebut merasa menyesal telah melakukan hubungan seksual sebelum ia menikah, karena mereka merasa takut jika nanti menikah dengan orang lain dan sang suami telah mengetahui bahwa ia tidak perawan lagi. Lalu banyak yang bertanya bisakah keperawanan kembali lagi?



Bisakah Keperawanan Kembali Lagi?



Saat ini terdapat sejumlah mitos dan kesalahpahaman yang mengejutkan tentang bisakah keperawanan kembali lagi, jadi sebelum Kami menjawab pertanyaan tersebut, maka ada baiknya Anda mengetahui tentang apakah selaput dara itu?

Selaput dara (hymens) adalah potongan jaringan kecil yang melingkar yang menutupi lubang pada Miss V, selain itu selaput dara memiliki banyak jenis, misalnya saja beberapa wanita memiliki hymens dengan penampilan membulat dengan bukaan di tengah (selaput dara annular).

Dan pada wanita lain mungkin memiliki jenis selaput dara yang melintang di tengah selaput dara dan membelahnya menjadi dua, sehingga selaput dara tersebut memiliki dua lubang (selaputdara septate). Namun, ada juga wanita yang memiliki banyak lubang kecil dan dalam kasus yang sangat jarang tidak ada lubang sama sekali (selaput dara imperforata).

Selain itu kebanyakan orang akan menggagap bahwa selaput dara selalu tetap utuh sampai pertama kali seorang wanita melakukan hubungan seks melalui vagina, tapi ini belum tentu terjadi, karena hymens bisa saja robek akibat hal lain seperti masturbasi, aktivitas atletik, memasukan jari ke Miss V, terjatuh, menggunakan tampon, memasukan seks toys dll. Lalu bisakah keperawanan kembali lagi?

Tidak, selaput dara tidak bisa tumbuh lagi, karena jika selaput dara robek ataupun pecah karena aktivitas seksual maka tidak bisa kembali lagi”, maka sudah dipastikan bahwa pertanyaan bisakah keperawanan kembali lagi jawabannya adalah tidak bisa!!.

Selain itu wanita yang telah robek selaput daranya tidak juga akan mengalami penyempitan, hal tersebut karena kelamin wanita terdiri dari susunan otot-otot yang menyangga, sehingga jika otot tersebut telah melonggar maka kemungkinan besar tidak akan mengencang sendiri akan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan senam kegel maupun dengan cara operasi.

Baca Juga: Ternyata Begini Proses Operasi Selaput Dara Wanita



Kebanyakan orang juga sangat setuju bahwa wanita dan pria kehilangan keperawanan ataupun keperjakaan mereka saat pertama kali melakukan hubungan seksual dengan memasukan Mr P ke Miss V. Banyak orang juga percaya bahwa seseorang yang berhubungan seks dengan seseorang dari jenis kelamin yang sama dapat kehilangan keperawanan mereka melalui hubungan seks oral atau anal.

Tapi bagaimanapun, tidak ada cara untuk "mendapatkan kembali" keperawanan dengan cara alami seperti mengkonsumsi obat-obatan ataupun ramuan lainnya, karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa saat seseorang wanita melakukan hubungan seksual maka otomatis keperawanannya akan hilang dan keperawanan tersebut tidak bisa kembali dengan cara alami.

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mengembalikan Keperawanan?



Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa selaput dara tidak akan bisa tumbuh ataupun rapat kembali dan salah satu cara untuk mengatasi bisakah keperawanan kembali lagi adalah dengan melakukan operasi keperawanan dan dimana operasi tersebut terdapat banyak jenis-jenisnya, diantaranya:

- Hymenoplasty
Hymenoplasty adalah rekonstruksi bedah selaput dara pada wanita yang berfungsi untuk mengembalikan selaput dara ke keadaan perawan sebelum selaput dara wanita tersebut pecah ataupun robek karena aktivitas seksual.

Selain itu operasi Hymenoplasty bisa dilakukan berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah seorang wanita kehilangan keperawanannya dan tujuan utama dari Hymenoplasty adalah untuk mengembalikan selaput dara ke kondisi semula sebelum robek.

Perlu Anda ketahui bahwa Hymenoplasty termasuk ke jenis operasi minor yaitu bersifat selektif dan bertujuan untuk memperbaiki fungsi bagian tubuh tertentu yang secara umum mungkin operasi tersebut bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu jam atau lebih.

Namun, lamanya prosedur Hymenoplasty tergantung dari tingkat kesulitannya dan biasanya Hymenoplasty dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal (bius) atau anestesi umum dan perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis teknik operasi hymenoplasty, yaitu:

1. Hymen Repair atau Hymenorrhaphy
Hymen Repair atau Hymenorrhaphy adalah operasi selaput dara sederhana dan biasanya dilakukan minimal 1 bulan sampai 6 minggu sebelum wanita melakukan pernikahan, sehingga jahitan internal pada Miss V akan menghilang sama sekali tanpa bekas jahitan dan perbaikan selaput ini juga dilakukan dengan dua cara:

- Pertama operasi perbaikan selaput dara didasarkan pada perkiraan jahitan dengan selaput dara atau sisa-sisa (Hymenorrhaphy) yang menembus dengan kekuatan penetrasi yang menyebabkan beberapa perdarahan.

- Kedua (teknik perbaikan selaput dara dilakukan perbaikan selaput dara secara formal, jika mendapat cukup waktu maka menyembuhkan untuk memberi Anda selaput dara alami jika tidak, itu sesuai dengan tujuannya.

Poin terpenting dari suksesnya operasi perbaikan selaput dara ini adalah penggunaan jahitan yang tidak terlihat, karena jika jahitan tersebut terlihat saat malam pertama oleh pasangan Anda maka hal tersebut bisa menjadi masalah baru dalam kehidupan Anda.

Baca juga: Selaput Dara Robek Sebelum Nikah, Ini Cara Mengembalikannya

- Vaginoplasty
Vaginoplasty adalah prosedur medis yang bertujuan untuk "mengencangkan" kembali Miss V yang telah menjadi kendur akibat berbagai macam sebab contohnya saja karena persalinan atau penuaan yang terjadi pada Miss V.

Bahkan menurut beberapa ahli bedah dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengklaim bahwa operasi Vaginoplasty dapat juga untuk meningkatkan kepekaan pada Miss V.

Perlu Anda ketahui bahwa vaginoplasty bisa memperbaiki bagian luar Miss V, bagian dalam, dinding Miss V, bibir kemaluan, dan pada hymen, namun biasanya bagian bawah Miss V paling sering untuk mendapatkan perbaikan.

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai masalah keperawanan dan pada kesimpulannya bisakah keperawanan kembali lagi secara alami? Maka jawabannya adalah tidak bisa dan untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan operasi perbaikan selaput dara.

Dan jika Anda berminat maka Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan layanan medis Kami dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.