Tahukah Anda ternyata selaput dara wanita bisa saja robek ataupun pecah karena tidak melakukan aktivitas seksual saja? lalu tanda selaput dara robek itu seperti apa? Dan jika selaput dara telah robek bagaimanakah cara untuk mengembalikannya?

Memang selaput dara dinilai sebagai simbol keutuhan bagi wanita, bahkan di negara-negara tertentu wanita dianggap masih suci jika masih perawan sebelum menikah sehingga banyak wanita yang berlomba-lomba untuk selalu menjaga keperawanannya sampai ia menikah kelak.

Akan tetapi mungkin terdapat budaya yang tidak terlalu memperdulikan masalah keperawanan tersebut, bahkan beberapa gadis muda di luar sana malah merasa malu jika masih perawan, dan intinya semua hal tersebut kembali kepada masing-masing kepercayaan dan budaya sebuah negara.



Lalu, Tanda Selaput Dara Robek Itu Seperti Apa?


Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa selaput dara (hymen) adalah jaringan tipis dan berdaging yang terletak pada pembukaan Miss V, akan tetapi terdapat banyak kebingungan tentang hymens di luar sana.

Karena, mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa selaput dara benar-benar menutupi seluruh pembukaan pada vagina, namun nyatanya selaput dara wanita secara alami memiliki lubang yang cukup besar yang berfungsi untuk keluarnya darah menstruasi

Dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa selaput dara wanita bisa saja robek ataupun pecah karena berbagai macam penyebab dan tidak saja terjadi akibat aktivitas seks vaginal saja, karena bisa robek akibat berbagai macam penyebab seperti akibat olahraga berat, memasukan sesuatu pada Miss V, mengalami kecelakaan yang mengakibatkan selaput dara bergesekan ataupun tertusuk dengan benda tumpul atau tajam, menggunakan tampon dll. Lalu tanda selaput dara robek seperti apa?

A. Timbul Rasa Sakit Pada Miss V
Tanda selaput dara robek yang pertama adalah timbul rasa sakit pada miss V, akan tetapi tanda ini bukan menjadi sebuah tanda yang bisa menjadi acuan karena saat pertamakali berhubungan seks tidak semua wanita merasakan sakit.

Dan intinya jika Anda masih terasa sakit saat melakukan hubungan seks vaginal maka ada baiknya cobalah untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan seks, karena kebanyakan wanita mengalami sakit atau iritasi saat berhubungan seks karena tidak dilumasi atau tidak cukup basah saat melakukan hubungan seks.

B. Keluar Darah Pada Miss V
Tanda selaput dara robek selanjutnya adalah keluarnya darah pada Miss V dan hal ini paling sering terjadi pada saat wanita melakukan hubungan seks untuk pertama kali, akan tetapi pada beberapa wanita mungkin tidak akan mengeluarkan darah karena selaput dara memiliki banyak jenis bahkan terdapat wanita yang terlahir tanpa selaput dara. Namun, jika Anda mengalami pendarahan yang terasa sakit dan berlangsung lebih dari satu atau dua hari maka ada baiknya segera konsultasikan kepada ahli ginekologi Anda.

Baca juga: Pria, Ternyata Ini Ukuran Kedalaman Selaput Dara Wanita

C. Bentuk Selaput Dara Compang-Camping
Tanda selaput dara robek selanjutnya adalah bentuk selaput dara yang terlihat compang-camping, tidak sama, dan longgar. Hal tersebut sudah pasti terjadi karena adanya aktivitas seksual maupun akibat melahirkan anak dan intinya jika terdapat daerah Miss V yang mungkin lebarnya tidak normal, compang-camping maka hal tersebut adalah indikasi bahwa terjadi robekan yang sifatnya tidak total.



Lalu, Bagaimana Ciri-Ciri Selaput Dara yang Masih Utuh?
Selaput dara yang masih utuh pastinya memiliki ciri-ciri yang masih bagus dan sempurna, untuk mengetahui bentuk selaput dara yang utuh bisa dilihat dengan mata telanjang dengan cara langsung dan biasanya pada gadis yang masih perawan Miss V akan terlihat masih rapat dan jika pada wanita yang sudah tidak perawan akan terlihat longgar pada Miss V dan bibir Miss V.

Biasanya juga pada wanita yang masih memiliki selaput dara yang robek ketika malam pertama melakukan hubungan badan dengan suaminya maka sang suami akan merasa kesulitan saat melakukan penetrasi.

Dan pada umumnya selaput dara yang masih utuh bisa mengeluarkan darah saat pertama kali berhubungan seks, akan tetapi hal tersebut sangat dipengaruhi oleh bentuk maupun jenis selaput dara yang dimilikinya. Namun, pada intinya untuk memastikan bahwa selaput dara masih utuh ataupun tidak maka memerlukan pemeriksaan dari ahli ginekologi.

Selaput Dara Robek Sebelum Menikah? Begini Cara Mengembalikannya



- Hymenoplasty
Hymenoplasty adalah rekonstruksi bedah selaput dara pada wanita yang berfungsi untuk mengembalikannya ke keadaan perawan setelah selaput dara wanita tersebut pecah ataupun robek karena aktivitas seksual.

Biasanya operasi ini bisa dilakukan berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah seorang wanita kehilangan keperawanannya dan tujuan utama Hymenoplasty adalah untuk mengembalikan selaput dara ke keadaan sebelum robek.

Perlu Anda ketahui bahwa Hymenoplasty termasuk ke jenis operasi minor yang secara umum bersifat selektif dan bertujuan untuk memperbaiki fungsi bagian tubuh tertentu yang secara umum mungkin hal itu bisa dilakukan dalam waktu kurang dari satu jam.

Namun, hal tersebut tergantung dari tingkat kesulitannya dan biasanya Hymenoplasty dilakukan dengan anestesi lokal atau anestesi umum jika perlu dan bisa dilakukan sebagai rawat jalan dan perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis teknik operasi hymenoplasty, yaitu.

- Hymen Repair atau Hymenorrhaphy
Hymen Repair atau Hymenorrhaphy (operasi selaput dara sederhana) biasanya dilakukan minimal 1 bulan sampai 6 minggu sebelum wanita melakukan pernikahan, sehingga jahitan internal pada Miss V akan menghilang sama sekali dan perbaikan selaput Hymenorrhaphy ini juga dilakukan dengan dua cara.

Operasi perbaikan selaput dara pertama didasarkan pada perkiraan jahitan dengan selaput dara atau sisa-sisa (Hymenorrhaphy) yang menembus dengan kekuatan penetrasi yang menyebabkan beberapa perdarahan.

Baca Juga: Ternyata Begini Proses Operasi Selaput Dara Wanita

Pada perbaikan jenis selaput dara jenis kedua (teknik perbaikan selaput dara dilakukan perbaikan selaput dara secara formal, jika mendapat cukup waktu menyembuhkan untuk memberi Anda selaput dara alami jika tidak, itu sesuai dengan tujuannya.

Poin terpenting dari operasi perbaikan selaput dara ini adalah penggunaan jahitan yang tidak terlihat dan karena jika jahitan tersebut terdeteksi oleh pasangan Anda maka hal tersebut bisa menjadi masalah baru.

Baca juga: Selaput Dara Robek Sebelum Nikah, Ini Cara Mengembalikannya

- Vaginoplasty
Vaginoplasty adalah prosedur medis yang bertujuan untuk "mengencangkan" kembali Miss V yang telah menjadi kendur akibat berbagai macam sebab seperti karena persalinan atau penuaan yang terjadi pada Miss V.
Bahkan beberapa ahli bedah dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengklaim bahwa Vaginoplasty dapat meningkatkan kepekaan pada Miss V.

Perlu Anda ketahui bahwa vaginoplasty bisa memperbaiki bagian luar Miss V, bagian dalam, dinding Miss V, bibir kemaluan, dan pada hymen, namun biasanya bagian bawah Miss V paling sering mendapatkan perbaikan.

Nah, itulah tadi berbagai macam tanda selaput dara robek dan jika misalkan Anda ingin mengembalikan keperawanan maka Anda bisa konsultasi terlebih dahulu kepada Kami dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.