Mungkin hampir sebagian besar pria maupun wanita tidak mengetahui tentang berapa ukuran kedalamanan selaput dara wanita? padahal sangat penting hukumnya bagi seorang wanita untuk mengetahui anatomi bagian tubuh paling penting itu, lalu berapa cm kah ukuran kedalaman selaput dara wanita?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kedalaman selaput dara wanita ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa selaput dara wanita (hymens) adalah jaringan tipis dan berdaging yang terletak pada pembukaan Miss V, akan tetapi terdapat banyak kebingungan tentang hymens di luar sana.

Karena, mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa selaput dara benar-benar menutupi seluruh pembukaan pada Miss V, namun nyatanya hymens secara alami memiliki lubang yang cukup besar untuk keluarnya darah menstruasi setiap bulan.

Baca juga: Begini Proses Selaput Dara Pada Wanita

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa selaput dara wanita memiliki jenis yang beraneka ragam, namun jenis selaput dara yang paling sempurna adalah bentuk anullar. Selain itu pada beberapa wanita dilahirkan dengan jaringan selaput dara yang sangat kecil sehingga sepertinya mereka sama sekali tidak memiliki selaput dara.

Dalam kasus yang jarang terjadi wanita juga bisa memiliki hymens yang menutupi seluruh lubang Miss V atau lubang di selaput daranya sangat kecil, akan tetapi permasalahan tersebut bisa diatasi dengan bantuan dokter dan biasanya dokter akan melakukan operasi minor untuk mengangkat jaringan ekstra pada hymen.



Pria, Ternyata Inilah Ukuran Kedalaman Selaput Dara Wanita



Perlu Anda ketahui bahwa umumnya selaput dara wanita terletak diantara dua lipatan vulva dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa letak selaput dara ini sebenarnya tidak benar-benar menutupi pembukaan pada Miss V dan lubang pada pembukaan Miss V tersebut berfungsi sebagai keluarnya darah menstruasi, lalu berapa cm kah kedalaman selaput dara wanita?

Baca juga: Mau Tahu Masih Perawan Atau Tidak? Inilah Cara Tes Keperawanan Pada Wanita

Ya, ternyata kedalaman selaput dara wanita terletak sekitar setengah Inci di dalam Miss V ataupun jika dihitung kedalam Cm yaitu berukuran 2,54 Cm, namun mungkin juga wanita bisa memiliki kedalaman selaput dara wanita yang berbeda-beda karena selaput dara memiliki banyak jenis yang berbeda-beda.

Dan Anda juga bisa merasakannya selaput dara jika Anda memasukkan jari akan tetapi lakukan hal tersebut dengan hati-hati dan jangan terlalu dalam ataupun kasar, maka Anda akan merasakan selaput dara yang tipis dan licin.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa panjang Miss V wanita kira-kira berukuran 7,5 cm di dinding anterior (depan), dan panjang 9 Cm di dinding posterior (belakang) dan selama wanita bergairah maka Miss V wanita bisa mengembang dan bertambah panjang bahkan bisa melebar.



Karena selaput dara wanita terletak kurang lebih sekitar 3 cm dari bagian luar vagina, maka beberapa keadaan selain seks vaginal ataupun aktivitas lainnya bisa menyebabkan selaput dara robek ataupun pecah seperti:

- Mengalami cedera pada bagian Miss V
- Karena berolahraga berat
- Karena melakukan masturbasi dengan memasukan jari ataupun menggunakan seks toys

Dan biasanya selaput dara yang sudah robek umumnya mengalami perdarahan yang berwanra merah segar dibarengi dengan perasaan nyeri pada bagian Miss V. Selain itu Gejala yang timbul karena robekan selaput dara biasanya terjadi perdarahan berwarna merah segar dibarengi dengan rasa nyeri pada daerah vagina, akan tetapi untuk memastikan bahwa selaput dara masih utuh ataupun tidak harus melakukan pemeriksaan langsung oleh ahli ginekologi.

Lalu, Usia Berapa Banyak Wanita yang Hilang Keperawanan?


Menurut sebuah survei diluar negeri usia rata-rata saat seorang wanita melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya adalah umur 17 tahun ataupun saat memasuki SMA, akan tetapi hanya sekitar setengah dari siswi SMA yang pernah melakukan hubungan seks vaginal

Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda memutuskan untuk melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya merupakan sebuah keputusan besar yang sangat personal, karena kebanyakan orang akan memiliki pemikiran yang berbeda-beda

Baca juga: Selaput Dara Robek Sebelum Nikah, Ini Dia Cara Mengembalikannya

Namun, apapun alasan Anda maka penting untuk menunggu sampai Anda yakin Anda siap untuk melakukan hubungan seks diluar nikah dan banyak remaja yang pernah berhubungan seks mengatakan bahwa mereka melakukannya dengan banyak asalan: seperti karena cinta dengan pasangannya dan sebagian lain melakukannya terpaksa karena malu dengan budaya luar.

Akan tetapi ada baiknya Anda melakukan hubungan seks setelah pernikahan karena diluar sana terdapat banyak sekali dampak negatif yang bisa menyerang Anda jika melakukan hubungan seks diluar pernikahan seperti mengalami kehamilan, sampai mengalami penyakit menular seksual (PMS)

Apakah Ketika Pertamakali Berhubungan Seks Selaput Dara Robek Akan Terasa Sakit dan Mengeluarkan Darah?
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa saat pertama kali wanita berhubungan seks vaginal dengan pria maka mungkin saja bisa terasa sakit ataupun tidak dan mungkin saja ada rasa sakit dan pendarahan saat pertamakali Mr P atau jari masuk ke vagina Anda, akan tetapi hal tersebut tidak terjadi pada semua wanita.

Karena pada beberapa wanita secara alami memiliki jaringan selaput dara yang lebih elastis, sehingga beberapa wanita mungkin saja tidak mengalami perdarahan ketika pertamakali berhubungan seks. Jadi, tidak semua wanita berdarah saat melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya hal tersebut terjadi karena wanita memiliki jenis-jenis selaput dara yang berbeda-beda.

Dan jika Anda masih terasa sakit dan pendarahan tidak membaik setelah pertama kali melakukan hubungan seks vaginal maka ada baiknya coba relaks dan cobalah untuk menghubungi dokter Anda Selain itu wanita juga mungkin bisa mengalami rasa sakit atau iritasi saat berhubungan seks vaginal jika vagina Anda tidak dilumasi atau tidak cukup basah saat melakukan hubungan seks.

Sehingga ada baiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu ketika ingin melakukan seks agar Miss V Anda mengeluarkan cairan pelumasan alami dan Anda juga dapat menggunakan cairan pelumas alami seperti minyak kelapa, putih telur dll.

Saya Ingin Mengembalikan Keperawanan, Dimanakah Tempatnya?
Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai berapa kedalaman selaput dara wanita dan jika Anda ingin mengembalikan keperawanan melalui prosedur medis maka Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia, atau Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas dan semoga saja artikel di atas dapat menambah wawasan Anda.




Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.