Cara menyembuhkan anyang anyangan pada pria dan wanita memang merupakan salah satu cara yang paling banyak dicari, apalagi kebanyakan orang sering merasakan gejala buang air kecil yang terasa lebih sering hingga terasa menyakitkan setiap harinya.

Anyang anyangan ataupun Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih dan hampir sebagian besar anyang anyangan melibatkan saluran kemih bagian bawah. ISK diberikan dengan jenis ataupun nama yang berbeda tergantung dari mana mereka terjadi. Misalkan saja Infeksi kandung kemih diberi nama sistitis, sedangkan infeksi Uretra diberi nama uretritis dan yang terakhir adalah Infeksi ginjal yang diberi nama pielonefritis.

Baca Juga: Sering Beser, Ini Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Secara Alami

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kaum wanita lebih cenderung mengembangkan ISK daripada pria, hal tersebut terjadi karena perbedaan anatomis dimana uretra wanita berukuran lebih pendek daripada pria, dan uretra wanita ini lebih dekat ke anus, sehingga lebih mungkin bakteri untuk dipindahkan ke kandung kemih.

Dan lebih dari 50 % dari semua wanita akan mengalami setidaknya satu ISK selama masa hidup mereka, dengan 20-30 % isa mengalami infeksi saluran kemih yang berulang-ulang.

Lalu, Apa Sajakah Gejala-Gejala Anyang Anyangan?

- Perasaan berlebih untuk ingin selalu buang air kecil walaupun beberapa saat telah membuang air kecil

- Sering buang air kecil walaupun volume air urin yang keluar sangat sedikit

- Pada wanita akan terasa nyeri pada bagian panggul

- Pada pria akan mengalami gejala nyeri pada bagian anus

- Ari urin berbau menyengat, berawan, bahkan terkadang mengandung darah.

- Mengalami demam, kelelahan dan kurang sehat

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa masih terdapat banyak gejala dan dimana gejala-gejala tersebut dibagi berdasarkan sistem kemih yang terinfeksi diantaranya adalah sebagai berikut:

- Biasanya infeksi kandung kemih (sistitis) gejalanya adalah sering merasakan tidak nyaman pada bagian perut terutama perut bagian bawah, sering buang air kecil yang terasa nyeri, panggul terasa ditekan, dan yang terakhir adalah adanya darah pada air urin.

- Biasanya infeksi uretra (urethritis) gejalanya adalah terasa sakit saat buang air kecil, dan kemaluan pria maupun wanita terasa sakit saat buang air kecil

- Biasanya infeksi ginjal (pielonefritis) gejalanya adalah terasa nyeri pada pinggang belakang atas, mengalami demam tinggi, sering mual, dan yang terakhir adalah mengalami muntah-muntah

Lalu, Bagaimanakah Anyang-Anyangan Didiagnosis?



Biasanya anyang-anyangan akan didiagnosis melalui serangkaian pengujian dan prosedur dari dokter, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

- Menganalisis Sampel Urin
Dokter Anda mungkin akan meminta sampel urin untuk kemudian di analisis pada laboratorium untuk mencari sel darah putih, sel darah merah atau bakteri yang terkandung di dalam air urin.

Kemudian untuk menghindari kemungkinan kontaminasi sampel utin maka dokter akan diinstruksikan Anda untuk terlebih dahulu membersihkan area kelamin Anda dengan antiseptik kemudian Anda bisa menuangkan air urin kedalam wadah yang telah diberikan oleh dokter.

Kemudian sampel urin tersebut nantinya akan di analisis di laboratorium dan pada akhirnya tes ini dapat memberi tahu dokter tentang bakteri apa yang menyebabkan infeksi saluran kencing Anda dan obat mana yang paling efektif.

- Melakukan Pemeriksaan Ultrasound
Jika Anda sering mengalami infeksi yang menurut dokter mungkin disebabkan oleh adanya kelainan pada saluran kencing, mungkin Anda akan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan ultrasound, pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) atau Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan dokter juga mungkin bisa menggunakan pewarna kontras untuk menyoroti struktur di saluran kemih Anda.

- Melakukan Pemeriksaan Sistoskopi
Jika Anda menderita ISK rekuren maka dokter mungkin melakukan sistoskopi, dengan menggunakan tabung tipis dan panjang dengan lensa (cystoscope) untuk melihat di dalam uretra dan kandung kemih Anda. Kemudian sistoskopi dimasukkan ke dalam uretra Anda dan diteruskan ke kandung kemih Anda.



Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan Pada Pria Maupun Wanita?


Perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar kasus anyang-anyangan bisa diobati dengan menggunakan Antibiotik dari resep dokter, karena umumnya Antibiotik berfungsi untuk membunuh bakteri jahat dalam saluran kemih.

Perlu Anda ketahui juga bahwa cara menyembuhkan anyang anyangan dengan antibiotik biasanya merupakan pengobatan lini pertama untuk infeksi saluran kemih dan obat mana yang diresepkan dan untuk berapa lama tergantung pada kondisi kesehatan Anda dan jenis bakteri yang ditemukan di urine Anda.

Selain itu dengan cara menyembuhkan anyang anyangan juga bisa dilakukan dengan minum banyak air karena disarankan oleh dokter karena air putih dapat membantu untuk membantu menyiram bakteri dari sistem urin, dan dokter juga mungkin akan meresepkan obat untuk menenangkan rasa sakit. Dan dengan menggunakan bantalan panas juga bisa sangat membantu seseorang untuk mengurangi gejala ISK,:

1. ISK Kronis
Infeksi saluran kemih kronis adalah infeksi saluran kemih yang tidak merespons pengobatan atau tetap berulang dan mungkin jenis ISK ini
Selain itu ISK kronis akan terus mempengaruhi saluran kencing meskipun Anda sudah mendapat perawatan yang tepat akan tetapi ISK jenis ini bisa kambuh lagi setelah Anda melakukan perawatan.

2. ISK Sistitis
Jenis ISK selanjutnya adalah ISK sistitis yang biasanya disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama Escherichia coli (E. coli), sejenis bakteri yang bisa ditemukan di saluran gastrointestinal (GI), akan tetapi terkadang bakteri lain bisa bertanggung jawab.

Selain perlu Anda ketahui bahwa hubungan badan juga ternyata dapat menyebabkan sistitis, tetapi seseorang tak perlu aktif secara seksual untuk mengembangkannya, bahkan semua wanita berisiko untuk mengalami sistitis karena anatomi tubuh wanita. Karena pada umumnya wanita memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan dengan pria, yang memungkinkan akses bakteri masuk lebih cepat ke kandung kemih.

Baca juga:  Awas ini yang terjadi jika ISK tidak segera diobati

3. ISK Uretritis
Jenis ISK selanjutnya adalah jenis ISK Uretritis yang bisa terjadi bila bakteri yang bisa ditemukan di saluran gastrointestinal (GI) menyebar dari anus ke uretra.

Diketahui bahwa hal tersebut bisa terjadi karena uretra wanita sangat dekat dengan Miss V, dan ternyata infeksi menular seksual seperti herpes, gonore, chlamydia dan mycoplasma, dapat menyebabkan uretritis juga.

4. ISK Pielonefritis
Jenis ISK selanjutnya adalah jenis ISK Pielonefrritis dan biasanya gejala jika seseorang sudah mengalami infeksi yang sudah masuk ke ginjal akan merasakan nyeri pada pinggang belakang atas yang dibarengi dengan demam tinggi, mual bahkan muntah-muntah dan ada baiknya segeralah berobat ke dokter Anda jika mengalami gejala tersebut.

Itulah tadi berbagai macam cara menyembuhkan anyang anyangan akan tetapi jika cara tersebut dinilai tidak tepat bagi Anda maka Anda bisa berkonsultasi langsung dengan mengklik tombol chat online atau jika Anda merasa memiliki salah satu jenis ISK maka ada baiknya segera kunjungi Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.