Apakah Anda sering merasakan beser dan harus bulak-balik ke kamar mandi? jika ya maka Anda harus segera mencari cara mengatasi sering buang air kecil, karena jika dibiarkan lebih lama maka hal tersebut dapat menjengkelkan dan tentu sangat mengganggu rutinitas Anda, apalagi jika hal tersebut terjadi di malam hari maka tentunya dapat mengganggu waktu istirahat Anda bukan?

Sering buang air kecil ataupun kandung kemih terlalu aktif adalah sebuah kondisi dimana seseorang lebih aktif untuk buang air kecil, sehingga seringkali menyebabkan dorongan mendadak untuk buang air kecil.
Bahkan pada kondisi tertentu dorongannya mungkin sulit dihentikan, dan kandung kemih yang terlalu aktif dapat menyebabkan hilangnya urin tanpa disengaja (incontinence urgensi).

Kabar buruknya seseorang yang mengalami kandung kemih yang terlalu aktif, mungkin bisa saja merasa malu karena harus bulak-balik ke topilet, mengisolasi diri sendiri, atau membatasi pekerjaan dan kehidupan sosial Anda.

Baca juga: Ternyata Inilah Sebabnya Wanita Mengalami Infeksi Saluran Kemih

Tetapi kabar baiknya adalah terdapat cara mengatasi sering buang air kecil, namun ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kenapa hal tersebut bisa terjadi pada Anda sehingga Anda dapat mencegah hal tersebut.



Apakah yang Menyebabkan Seseorang Terlalu Aktif Untuk Buang Air Kecil?



Pada umumnya kandung kemih yang terlalu aktif terjadi karena otot-otot kandung kemih mulai berkontraksi tanpa sadar bahkan saat volume urin di kandung kemih Anda rendah, sehingga kontraksi spontan ini bisa menciptakan kebutuhan mendesak untuk buang air kecil. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa beberapa kondisi dapat menyebabkan seseorang mengalami kandung kemih yang terlalu aktif, termasuk:

- Kelainan neurologis, seperti stroke dan multiple sclerosis
- Mengalami diabetes
- Mengalami sistitis interstisial
- Mengkonsumsi obat tertentu yang menyebabkan peningkatan produksi urin terlalu cepat sehingga mengharuskan Anda untuk buang air kecil lebih sering
- Karena Infeksi saluran kemih akut yang bisa menyebabkan gejala mirip dengan kandung kemih yang terlalu aktif


- Kelainan pada kandung kemih, seperti tumor atau batu kandung kemih
- Karena faktor yang menghambat aliran keluar kandung kemih seperti: pembesaran prostat, konstipasi atau operasi sebelumnya untuk mengobati bentuk inkontinensia lainnya.
- Kelebihan konsumsi coklat, kafein atau alkohol
- Menurunnya fungsi kognitif akibat penuaan yang mungkin akan mempersulit kandung kemih seseoramh untuk memahami sinyal yang diterimanya dari otak Anda
- Pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap yang dapat menyebabkan gejala kandung kemih terlalu aktif, karena Anda memiliki sedikit ruang penyimpanan urin yang tersisa

Lalu, Bagaimanakah Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Agar Tak Lagi Beser?



A. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu
Cara mengatasi sering buang air kecil yang bisa Anda coba adalah dengan menghindari berbagai macam makanan atau minuman tertentu yang pada akhirnya dapat membuat gejala Anda menjadi lebih buruk jika Anda sudah memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, dan cobalah untuk menghindari berbagai macam makanan seperti:

- Makanan pedas seperti yang mengandung cabai, paprika panas atau kari, karena berbagai macam makanan pedas dan asam dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih sehingga makanan-makanan ini sebaiknya dihindari

- Hindari buah jeruk dan jus, seperti jeruk, jeruk keprok, dan jeruk bali

- Hindari tomat atau produk tomat termasuk saus spaghetti dan pasta tomat

- Hindari Minuman Kopi dan teh karena keduanya berkafein

- Hindari Minuman beralkohol

Baca juga: Awas ini yang terjadi jika infeksi saluran kemih tidak segera diobati!!

B. Kendalikan Berat Badan
Tahukah Anda bahwa kehilangan berat badan juga bisa membantu seseorang untuk mengurangi gejala sering buang air kecil? bahkan menurut Mayo Clinic, orang yang kelebihan berat badan memiliki risiko lebih besar terkena jenis inkontinensia urin yang disebut stress Inkontinensia

Inkontinensia stres adalah ketika seseorang secara tidak sengaja kehilangan air kencing (mengompol) selama aktivitas fisik seperti tertawa, batuk, atau olahraga dan diketahui bahwa hal tersebut terjadi karena otot panggul yang melemah dan hal tersebut paling sering dialami oleh wanita.

C. Lakukan Kebiasaan yang Sehat
Selain menjaga berat badan yang sehat maka ada baiknya Anda melakukan perubahan gaya hidup yang sehat untuk memperbaiki gejala kandung kemih Anda.

Dan pola hidup sehat tersebut seperti berolahraga, berhenti minum alkohol, berhenti merokok karena umumnya asap rokok dapat mengiritasi otot kandung kemih, selain itu ternyata batuk perokok bisa menyebabkan kebocoran urin. Selain itu ada baiknya pilihlah minuman dengan bijak, karena beberapa minuman dapat memperbaiki gejala kandung kemih, sementara yang lain bisa memperburuknya.

Baca juga: Awas, Inilah 9 Penyakit yang Bisa Menyerang Kandung Kemih!!

D. Lakukan Senam Kegel
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa otot kandung kemih yang lemah dapat menyebabkan seseorang untuk lebih sering buang air kecil dan untuk mengatasi hal tersebut maka Anda bisa melakukan senam kegel untuk melatih otot dasar panggul.

Karena dengan mempelajari senam kegel secara benar maka dapat mengkondisikan otot kandung kemih Anda untuk menahan urine lebih efektif dan mengurangi perasaan mendesak untuk buang air kecil.

E. Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi
Tahukah Anda bahwa dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi juga bisa membantu mengurangi sembelit? Dan hal ini secara tidak langsung dapat memperbaiki aliran urin melalui uretra, karena rektum yang konstipasi dapat memberi tekanan pada kandung kemih, uretra, atau keduanya.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara mengatasi sering buang air kecil yang bisa Anda lakukan di rumah dan misalkan cara di atas belum mampu untu mengatasi hal tersebut maka ada baiknya segera konsultasikan dengan Kami di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.