Tahukah Anda bahwa salah satu gejala umum infeksi saluran kencing pada pria maupun wanita adalah terasa nyeri saat berkemih? bahkan warna air kemih tersebut bisa berubah warna menjadi lebih keruh, berbau, bahkan berdarah lalu apakah hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa infeksi saluran kencing (ISK) pada pria maupun pada wanita biasanya disebut anyang-anyangan adalah sebuah infeksi yang umumnya bisa mempengaruhi kandung kemih dan ginjal.

Diketahui hampir sebagian besar kasus anyang-anyangan disebabkan oleh adanya bakteri yang bernama E Coli yang berkembang biak secara berlebihan akan tetapi beberapa kasus anyang-anyangan bisa disebabkan oleh adanya jamur dan jarang terjadi oleh virus.


Selain itu hampir sebagian besar infeksi saluran kemih melibatkan uretra dan kandung kemih, pada saluran kemih bawah, akan tetapi walaupun saluran kemihatas lebih jarang tetapi biasanya jika terjadi maka kemungkinannya bisa lebih parah.

 

Selain Bakteri Ternyata Ini 5 Penyebab Infeksi Saluran Kencing Pada Pria



1. Karena Berhubungan Seks
Tahukah Anda bahwa banyak wanita bisa terinfeksi ISK karena setelah melakukan hubungan seks? Ya hal tersebut terjadi karena gerakan seks bisa mentransfer bakteri dari usus atau rongga Miss V ke dalam uretra.

Untuk menurunkan risiko terkena infeksi saluran kencing, maka menurut Lisa N. Hawes, MD, seorang ahli urologi umum di Fulton, Maryland, dan juru bicara dokter untuk American Urological Association menyarankan untuk mencuci alat kelamin sebelum melakukan seks dan membuang air kecil 30 menit sebelum ataupun sesudah berhubungan seks

2. Karena Mengalami Diare
Penyebab wanita bisa mengalami ISK selanjutnya adalah karena mengalami diare atau inkontinensia, karena umumnya bakteri dari tinja dapat dengan mudah masuk ke dalam Miss V dan uretra Anda.

Dan untuk mencegah hal tersebut maka ada baiknya Anda untuk membersihkan Miss V dengan air bersih dan tak lupa juga untuk mengelap Miss V secara benar yaitu dari arah depan ke belakang setiap kali habis buang air kecil dengan air bersih dan jangan lupa keringkanlah area Miss V Anda.

 

3. Karena Diabetes yang Tidak Terkontrol
Tahukah Anda bahwa "Saat gula darah dalam keadaan tinggi, atau darah mengalami kelebihan gula maka kandungannya akan dikeluarkan melalui urine," kata Hawes.

"Sehingga diabetes akan membuat lingkungan yang sangat menguntungkan bagi pertumbuhan berlebih pada bakteri" dan situasi ini tentu saja tidak menguntungkan bagi Anda karena bisa menjadi penyebab infeksi saluran kencing

4. Menggunakan Berbagai Macam Produk Feminin
Tahukah Anda bahwa pembalut maupun tampon yang kotor yang masih digunakan merupakan sarang dari berbagai macam bakteri? Karena umumnya pada kondisi tersebut bakteri bisa tumbuh dengan sangat mudah pada Miss V, menurut Ehsan Ali, MD, seorang dokter perawatan primer di Beverly Hills, California.

Jadi untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya Anda untuk selalu mengganti pembalut atau tampon lebih sering dan jangan menggunakannya terlalu lama untuk mencegah terhindar dari infeksi saluran kencing di saat menstruasi.

5. Mengalami Batu Ginjal
Tahukah Anda bahwa ternyata batu ginjal dapat meningkatkan seseorang untuk berisiko terkena ISK? kata Ali, karena batu ginjal dapat memblokir saluran kencing dan membuat kencing kembali sehingga menyebabkan ISK.

Awas, Inilah Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria Maupun Wanita



- Terasa Nyeri, dan Terbakar Saat Berkemih
Gejala infeksi saluran kencing pada pria dan wanita yang pertama adalah seringnya terasa nyeri dan terbakar saat berkemih, dan hal tersebut terjadi karena adanya bakteri di uretra atau kandung kemih, namun gejala tersebut bukan berarti Anda memiliki ISK penuh kecuali jika gejala tersebut terus berlanjut.

Jadi intinya jika Anda hanya merasa nyeri dan terbakar saat berkemih sesekali dan tidak sering mengalaminya maka berarti Anda tidak perlu khawatir dan yang harus Anda khawatirkan adalah jika mengalaminya terus menerus dan berulang maka segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut maka ada baiknya untuk meminum banyak air putih karena air putih dapat membantu untuk membersihkan sejumlah kecil bakteri dan membantu untuk mencegah infeksi tumbuh menurut Lisa Dabney, MD, seorang ahli urologi di Gunung Sinai Barat dan Gunung Sinai St. Luke's.

- Lebih Sering Untuk Berkemih
Gejala infeksi saluran kencing pada pria dan wanita selanjutnya adalah lebih sering untuk berkemih terutama di malam hari dan hal tersebut bisa terjadi bahkan setelah beberapa saat setelah berkemih.

Diketahui bahwa hal tersebut terjadi karena bakteri E. Coli mengiritasi uretra dan lapisan kandung kemih sehingga membuat Anda merasa sangat ingin untuk buang air kecil dan secara terus-menerus.

- Kandung Kemih Sering Terasa Penuh
Tahukah Anda bahwa ISK dapat membuat seseorang untuk merasa memiliki kandung kemih yang terasa penuh? Sehingga Anda harus sering bulak-balik untuk ke toilet dan ada baiknya Anda segera mewaspadai hal ini dan segera hubungi dokter Anda.

- Air Urin Berawan, Berdarah, Atau Berubah Warna
Tahukah Anda bahwa perubahan warna air urin dapat memberitahu akan kondisi kesehatan Anda? Dan salah satunya adalah tanda bahwa terdapat adanya infeksi pada saluran kencing apalagi jika air urin Anda sudah berwarna kuning, berawan, coklat atau bahkan berdarah.

Namun, Anda tak perlu panik terlebih dahulu karena beberapa kondisi tertentu dapat menyebabkan hal tersebut seperti: mengkonsumsi makanan seperti buah bit atau makanan lainnya dapat menyebabkan perubahan air urin jadi ada baiknya konsultasikan kepada dokter Anda.

- Terasa Nyeri, Tertekan Di Sekitar Kandung Kemih Atau Panggul
Tahukah Anda bahwa ternyata wanita yang lebih tua khususnya mungkin lebih sering bisa mengalami kram, tekanan, atau sakit pada bagian perut saat mereka memiliki ISK?
Bahkan pada beberapa wanita, rasa sakit atau kram mungkin merupakan gejala yang paling menonjol bersamaan dengan nyeri otot dan merasa lelah, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Namun, sayangnya gejala ini sering mudah diabaikan atau dikaitkan dengan hal lain, namun penting untuk memperhatikannya dan ada baiknya segeralah konsultasikan kepada dokter Anda untuk mengatasi hal tersebut.

Nah, itulah tadi berbagai macam penyebab lain yang bisa menyebabkan infeksi saluran kencing pada pria maupun pada wanita dan misalkan Anda merasa memiliki gejala-gejala seperti diatas maka ada baiknya segera konsultasi dengan mengklik tombol chat di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.