Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Miss V merupakan organ reproduksi wanita yang memiliki banyak sekali fungsi penting, sehingga banyak wanita yang ingin selalu menjaga kebersihan serta memiliki Miss V yang sehat dan terbebas dari berbagai macam infeksi menular.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia maupun ketika wanita sudah menikah serta memiliki anak pastinya elastitasnya akan semakin berkurang sehingga wanita yang sudah memiliki anak tidak mungkin memiliki Miss V yang masih rapat dan kembali kekeadaan sebelum pra-kelahiran.

Tetapi, jangan berkecil hati karena diketahui terdapat banyak cara untuk mengencangkan kembali Miss V mulai dari menggunakan cara alami seperti melakukan senam kegel, meminum ramuan-ramuan alami sampai dengan operasi keperawanan atau bisa juga menggunakan metode “Vaginoplasty”.

Kenapa Wanita Ingin Melakukan Vaginoplasty?
Banyak alasan wanita ingin melakukan operasi tersebut, seperti vaginoplasty untuk tujuan pribadi, ingin membahagiakan suami, karena Miss V telah kendur karena melahirkan, dan kendur karena bertambahnya usia.

Karena perubahan alami ini dapat memberi efek negatif pada kehidupan seks wanita sehingga mungkin saja menyebabkan pasangannya merasa kurang sensasi saat melakukan hubungan badan

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya mengapa cara alami harus dilupakan atau harus diganti dengan bantuan medis? Karena mungkin saja dengan melakukan cara alami membutuhkan waktu yang lebih lama dan cara alami harus diteliti terlebih dahulu oleh dokter untuk memastikan keberhasilannya.

Nah, salah satu cara medis itu adalah Vaginoplasty yang merupakan prosedur medis yang bertujuan untuk "mengencangkan" kembali Miss V yang menjadi kendur akibat persalinan atau penuaan pada Miss V.



Beberapa ahli bedah dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengklaim bahwa Vaginoplasty bahkan dapat meningkatkan kepekaan pada Miss V.

Perlu Anda ketahui juga bahwa vaginoplasty bisa memperbaiki bagian luar Miss V, bagian dalam, dinding Miss V, bibir kemaluan, dan pada hymen, namun biasanya bagian bawah Miss V paling sering mendapatkan perbaikan.

Namun, perlu Anda catat bahwa meskipun benar bahwa jaringan Miss V dapat meregang, tetapi pengetatan dan pengangkatan jaringan Miss V tidak dapat menjamin respons seksual yang meningkat. Karena keinginan, gairah, dan orgasme adalah respons kompleks yang sangat pribadi dan dapat dikondisikan oleh banyak faktor seperti: emosional, spiritual, dan interpersonal sebagai estetika.

Namun, sisi positifnya adalah Vaginoplasty dapat membantu wanita untuk meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan kepuasan saat melakukan hubungan badan sehingga banyak wanita yang ingin melakukan operasi ini.



Lalu, Bagaimana Vaginoplasty Dilakukan?


Biasanya prosedur vaginoplasty mungkin bisa memakan waktu sekitar satu sampai dua jam. Operasi ini biasanya melibatkan otot-otot dasar panggul yang mendekat, serta membuang kulit berlebih dan jaringan parut, atau kombinasi keduanya.

Dan hasil akhirnya adalah dapat membuat Miss V menjadi lebih ketat dan direstrukturisasi yang idealnya dapat memberikan kesenangan yang lebih baik saat berhubungan badan

Jaringan parut akibat jahitan mungkin bisa terjadi tapi seiring berjalannya waktu pasti akan memudar, selain itu pasien yang menjalani vaginoplasty biasanya akan menerima anestesi ataupun pembiusan di saat prosedur berlangsung karena kebanyakan dokter akan memilih untuk tidak membiarkan pasien terjaga agar memastikan kenyamanan saat melakukan operasi.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa insisi dapat dilakukan dengan menggunakan metode pisau bedah tradisional atau dengan menggunakan laser. Insisi laser terkadang dapat membuat proses penyembuhan lebih mudah daripada menggunakan sayatan pisau bedah, namun tampilan dan hasil akhir umumnya sama antara dua metode tersebut, sehingga ahli bedah akan menentukan metode mana yang akan digunakan karena akan tergantung pada kebutuhan spesifik pasien.

Pemulihan dari Vaginoplasty
Pemulihan dari vaginoplasty relatif sangat mudah, namun memang memerlukan beberapa perencanaan untuk memastikan bahwa tubuh pasien bisa sembuh secara cepat dan dengan baik.

Selain itu biasanya setelah prosedur vaginoplasty maka pasien akan menghabiskan beberapa jam di ruang pemulihan dan kemudian area Miss V akan dibersihkan dan asalkan tidak ada komplikasi maka pasien bisa pulang ke rumah dalam satu hari.

Perlu Anda ketahui bahwa tingkat keberhasilan operasi juga ditentukan oleh tindak perawatan yang dilakukan pasien karena pasien harus rutin untuk membersihkan bekas luka pasca operasi dan sebaiknya Miss V harus diistirahatkan selama 3 sampai 6 minggu karena hal tersebut berfungsi untuk mencegah adanya infeksi atau benang jahitan yang jebol, sebelum menyatu dengan jaringan lainnya.

Lalu, Risiko Apa Saja yang Bisa Terjadi?



Resiko yang terkait dengan vaginoplasti mirip dengan banyak operasi umum lainnya dan termasuk infeksi, pendarahan, jaringan parut parah, dan pembekuan darah.

Namun, risiko ini biasanya jarang terjadi selama pasien berada dalam kondisi sehat dan faktanya prosedur ini dianggap memiliki risiko kesehatan lebih sedikit daripada kehamilan.
Risiko lainnya termasuk kerusakan pada saraf, pelumasan yang tidak seimbang walaupun hal ini tidak mungkin terjadi pada ahli bedah yang terampil.

Risiko yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk mendapatkan vaginoplasti adalah pasien mungkin tidak puas dengan hasil operasi dan terkadang prosedur tersebut bisa mengakibatkan Miss V tidak seketat yang diharapkan pasien, atau bahkan sangat ketat sehingga pasien tidak bisa memasukkan tampon atau memiliki seks yang menyenangkan dengan pasangan.

Namun, cara terbaik untuk menghindari kecewa dengan hasil vaginoplasty adalah dengan hati-hati memikirkan dan merencanakan. Pertama pasien harus memikirkan alasan mereka menginginkan prosedur dan menentukan apakah operasi benar-benar akan memecahkan masalah yang dihadapi.

Selanjutnya, pasien harus lebih berhati-hati dalam memilih ahli bedah untuk melakukan hal tersebut, sehingga ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan, dan memilih ahli bedah dengan persiapan dan pengalaman terbaik dengan prosedur ini.

Selain itu sangat penting bagi pasien untuk benar-benar jujur dengan ahli bedah mereka tentang harapan mereka, dan jangan ragu untuk mengajukan banyak pertanyaan, dan memahami sepenuhnya prosedur tersebut sebelum dimulai.

Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai Vaginoplasty dan misalkan Anda berminat untuk melakukannya maka Anda bisa berkonsultasikan terlebih dahulu dengan mengenakan tombol klik chat online di atas atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.