Ternyata telah diketahui ada banyak penyebab keputihan pada wanita, namun yang harus Anda waspadai adalah jika keputihan Anda dalam kategori tidak normal dan biasanya keputihan tidak normal tersebut bisa menandakan adanya masalah serius pada organ intim Anda.

Baca Juga: Keputihan Putih Susu Apakah Normal?

Salah satu jenis keputihan tidak normal pada wanita adalah keputihan yang berwarna hijau, dibarengi dengan rasa gatal, terbakar pada Miss V, kemerahan atau rasa sakit pada Miss V, ketidaknyamanan ketika buang air kecil, atau keluarnya cairan dengan bau yang tidak sedap dibarengi dengan timbulnya keputihan berwarna kekuningan, atau kehijauan.

Lalu, apakah yang menjadi penyebab keputihan pada wanita yang berubah warna menjadi hijau? Dan bagaimanakah caranya untuk mencegah hal tersebut? Jika Anda penasaran maka simak terus artikel ini sampai tuntas.



Wajib Tahu, Inilah Penyebab Keputihan Pada Wanita Berubah Warna Menjadi Hijau


Sebelum membahas lebih lanjut perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar keputihan pada umumnya normal, namun jika cairan keputihan telah berubah warna, bau atau tekstur, dan hal tersebut adalah jenis keputihan yang tidak normal, lalu apakah penyebab keputihan pada wanita berwarna hijau?

- Karena Trikomoniasis
Penyebab paling umum dari keputihan hijau adalah adanya infeksi menular seksual yang dikenal dengan trikomoniasis. Biasanya dibarengi dengan keputihan yang berbau busuk yang berwarna lebih hijau kekuningan daripada hijau murni.

Selain itu akan mengakibatkan hubungan badan dan buang air kecil yang tidak nyaman dibarengi dengan gatal-gatal pada area Miss V, dan terkadang timbul rasa nyeri pada pelvis namun tidak umum terjadi. Bahkan sekitar 7,4 juta kasus trikomoniasis terjadi setiap tahun di antara pria dan wanita, dan hal ini cenderung terjadi di kalangan wanita usia subur.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Keputihan Berbau Amis

Biasanya trikomoniasis ditularkan secara seksual, maka ada baiknya Anda menjalani tes untuk infeksi lain, termasuk tes gonore dan vaginosis bakteri yang dapat dilakukan pada waktu yang bersamaan. Namun, Anda jangan khawatir karena biasanya Trichomoniasis, gonore, dan vaginosis bakteri dapat disembuhkan dengan terapi antibiotik yang diberikan oleh dokter.

- Karena Gonore
Penyebab keputihan pada wanita berwarna hijau selanjutnya adalah mungkin karena gonore yang menyebabkan keputihan berwarna hijau muda dan biasanya gonore mempengaruhi banyak orang yang melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Baca Juga: 7 Bahaya Penyakit Kelamin No 3 Sangat Berbahaya

Ini adalah hasil dari adanya infeksi bakteri yang dikenal dengan Neisseria gonorrhoeae yang berkembang biak terutama di area saluran reproduksi pada wanita yang lembab dan hangat, seperti pada rahim, saluran tuba, serviks, anus, dan uretra.

Bahkan sekitar 25-40 % wanita yang memiliki gonore juga memiliki klamidia, dan inilah sebabnya mengapa CDC selalu merekomendasikan bahwa wanita yang memiliki gonore juga harus memiliki beberapa jenis perawatan untuk klamidia.



- Karena Vaginosis Bakteri
Vaginosis bakteri ternyata dapat menyebabkan keputihan dengan bau amis dan warna hijau muda. Bakteri vaginosis juga disebut vaginosis anaerobik yang melibatkan ketidakseimbangan bakteri di dalam miss V.

Dan hal ini bukan benar-benar PMS karena bakteri dapat ditemukan di Miss V hampir pada semua wanita dan Hanya ketidakseimbangan bakteri yang dapat menyebabkan pelepasan keputihan berwarna hijau muda.

- Terdapat Benda Asing Pada Miss V
Tahukah Anda bahwa ternyata sebuah tampon yang belum dilepas selama beberapa hari atau kondom yang tertinggal di dalam Miss V mungkin bisa saja mengakibatkan reaksi pada benda asing dan menyebabkan cairan keputihan nampak berwarna hijau.

Dan biasanya dibarengi dengan gejala lainnya seperti ketidaknyamanan pada panggul, nyeri saat berkemih, vulva kemerahan, pembengkakan pada vulva, dan bercak ringan yang berasal dari Miss V karena benda asing.


Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Keputihan Berwarna Hijau?

 



- Menggunakan Celana Dalam Berbahan Katun
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah keputihan berwarna hijau adalah dengan mengenakan celana dalam dari bahan katun, membasuh Miss V dari depan ke belakang setelah buang air kecil.

Selain itu Anda bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan biji, bijian, menghindari penggunaan pembalut, tissu, sabun yang beraroma kuat, dan yang terakhir adalah menghindari menggunakan celana ketat.

- Menggunakan Kondom Saat Berhubungan Badan
Cara selanjutnya untuk mencegah keputihan yang berwarna hijau adalah dengan menggunakan menggunakan kondom secara benar setiap kali berhubungan badan, karena akan membantu untuk mengurangi risiko terkena atau menyebarkan trichomoniasis atau mencegah penyakit menular seksual kepada pasangam Anda.

- Jangan Berganti-ganti Pasangan Seks
Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari berhubungan badan sama sekali ataupun janganlah berganti-ganti pasangan seks.



Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai penyebab keputihan pada wanita berwarna hijau dan misalkan Anda mengalami gejala keputihan tidak normal maka Anda bisa berkonsultasi kepada Kami dengan mengklik tombol chat online gratis di atas ini atau Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah.


Panduan Penting 
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.