Hampir sebagian besar wanita pasti pernah mengalami keputihan berwarna putih susu, tapi sayangnya banyak wanita belum mengetahui jenis keputihan mana yang normal dan keputihan yang abnormal, namun jangan khawatir karena berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Keputihan Berwarna Putih Susu Apakah Normal? Yuk, Cari Tahu Artinya Disini


Perlu Anda ketahui bahwa keputihan berwarna putih susu atau cairan keputihan berwarna krem putih benar-benar normal dan cairan keputihan tersebut ternyata dapat membantu Anda untuk menjaga jaringan Miss V agar tetap sehat dan terbebas dari infeksi.

Namun, segala bentuk perubahan cairan keputihan baik itu jumlah keputihan, warna, dan bau cairan keputihan dari Miss V bisa saja menjadi pertanda adanya infeksi pada Miss V. Misalnya, infeksi jamur dan bakteri yang dapat menyebabkan cairan keputihan tersebut berwarna putih susu menjadi kuning, hijau, atau coklat.

Dalam beberapa kasus, cairan krem putih bisa menjadi kental jika adanya infeksi jamur pada Miss V, selain itu pelepasan keputihan abnormal sering disertai dengan bau, gatal, nyeri, dan pembengkakan di sekitar labia.

Inilah Alasan Mengapa Keputihan Berwarna Putih Susu Itu Normal Menurut Dokter


Tahukah Anda bahwa pada Miss V yang sehat biasanya mengeluarkan cairan keputihan susu putih yang bisa berubah selama siklus menstruasi bulanan dan selama tidak ada bau dan Anda tidak memiliki gejala seperti rasa sakit pada area Miss V, gatal-gatal, atau kemerahan dan bengkak pada Miss V maka Anda tidak perlu khawatir.

Bahkan menurut dokter dari Mayo Clinic, cairan keputihan susu putih adalah kombinasi adanya cairan lendir dan sel. Karena fungsi keputihan adalah untuk melindungi Miss V dari iritasi dan infeksi.



Dan ternyata biasanya keputihan normal tidak berbau, jumlah, konsistensi, dan warna keputihan dapat berkisar dari cairan encer tipis dan jernih hingga cairan putih krem tebal dengan sedikit lengket.

Lalu, Apakah Penyebab Keputihan Wanita Berwarna Putih Susu?


- Karena Ovulasi
Selama ovulasi, biasanya serviks akan menghasilkan lendir yang memiliki konsistensi dan berwarna putih telur dan hal ini ternyata dapat membantu sel sperma untuk menemukan telur untuk pembuahan dan bisa menjadi pertanda wanita memasuki masa subur.

Bahkan menurut The American Pregnancy Association, mengatakan bahwa kenaikan kadar hormon estrogen dapat menyebabkan cairan berwarna putih susu.
Cairan ini juga disebut "lendir serviks " dan cairan lengket keputihan ini menciptakan lingkungan yang sempurna untuk hamil. Jika wanita memperhatikan bahwa secara teratur memiliki cairan putih susu sekitar 12 hari sampai 14 hari sebelum menstruasi Anda dan hal ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang berovulasi.

- Karena Kehamilan
Tanda awal kehamilan adalah adanya cairan putih susu dari yang keluar dari Miss V dan selama masa ini seorang wanita mungkin juga akan memperhatikan bercak sebelum menstruasi dan mengalami kram perut, yang kadang-kadang keliru karena kram menstruasi.
Menurut Dr. Trina Pagano di WebMD mengatakan bahwa pelepasan susu putih terjadi karena dinding Miss V menebal dalam persiapan kehamilan

- Berada Dalam Tekanan Emosional
Penyebab lainnya adalah karena wanita berada di bawah tekanan emosional atau psikologis yang ekstrem. Meskipun tidak diketahui secara pasti mengapa pelepasan krem itu terjadi namun para ilmuwan telah menghubungkan tekanan psikologis dengan peningkatan produksi lendir berwarna putih susu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology melaporkan bahwa jalur psikologis dapat mempengaruhi sistem reproduksi beberapa wanita.

Dalam penelitian ini, sepertiga wanita diperiksa dan ternyata mereka mengalami stres dan kecemasan, namun meskipun penelitian tersebut menyebutkan bahwa mungkin ada faktor lain yang menyebabkan pelepasan berwarna putih, mereka mengatakan bahwa lebih banyak penelitian perlu dilakukan mengenai hubungan antara stres dan kesehatan pada Miss V.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan bahwa ternyata keputihan berwarna putih susu itu adalah hal yang sangat normal, dan yang harus Anda waspadai. Dan jika keputihan Anda sudah berubah warna menjadi kuning maupun hijau dibarengi dengan rasa gatal dan berbau tidak sedap maka ada baiknya segeralah konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia karena jenis keputihan tersebut adalah keputihan tidak normal.