Timbulnya keputihan berbau amis pada wanita tentu saja bisa membuat kekhawatiran, apalagi jika Anda baru pertama kali mengalami hal tersebut, lalu apalah keputihan tersebut termasuk masuk kedalam kategori keputihan yang normal atau keputihan tidak normal?

Pada umumnya bau pada Miss V itu sendiri berasal dari Miss V dan memang merupakan hal yang normal jika wanita memiliki sedikit bau pada Miss V akan tetapi yang harus Anda perhatikan adalah jika bau pada Miss V Anda memiliki bau yang kuat misalnya seperti bau amis

Jika Anda mencium adanya bau amis di Miss V maka Anda tidak sendiri karena diluar sana diketahui terdapat banyak wanita yang mengalami hal ini di beberapa waktu dalam kehidupan mereka, namun seringkali merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam Miss V Anda.



Apakah Penyebab Keputihan Berbau Amis?



Perlu Anda ketahui bahwa bau yang sangat kuat biasanya mengindikasikan adanya infeksi pada Miss V Anda atau mungkin ada penyebab lain juga yang bisa mengakibatkan hal tersebut. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab paling umum dari berbagai macam bau pada Miss V yang mencurigakan diantaranya:

- Bakteri Vaginosis
Penyebab keputihan berbau amis yang pertama adalah karena bakteri vaginosis (BV) adalah jenis infeksi pada Miss V, dan diketahui wanita pada usia berapa pun dapat memilikinya, bahkan pada remaja dan wanita dewasa yang tidak pernah aktif secara seksual bisa mengalaminya, tapi lebih sering terjadi pada wanita muda dan tua yang pernah berhubungan seks dengan satu atau lebih pasangan.

Meskipun banyak wanita yang memiliki BV tidak memiliki gejala, namun wanita sering mengeluh memiliki keputihan berbau amis atau berbau busuk dan keputihan putih susu atau abu-abu yang ringan atau berat.

Bahkan bau keputihan tersebut bisa menjadi lebih buruk pada saat atau masa menstruasi Anda atau setelah hubungan seksual tanpa kondom, karena saat sperma pria bercampur dengan cairan Miss V maka bau itu menjadi lebih kuat dan gejala yang kurang umum meliputi: gatal pada Miss V, kemerahan pada Miss V, dan nyeri saat berhubungan badan.

- Trikomoniasis
Trichomoniasis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh adanya parasit yang ternyata bisa menimbulkan keputihan berwarna hijau atau kuning, keputihan berbau amis, terasa sakit saat berhubungan badan.
Namun, kabar baiknya Trichomoniasis mudah diobati dengan satu obat antibiotik, jadi temui dokter Anda jika Anda mengalami infeksi menular seksual ini.

 



- Infeksi ragi
Infeksi ragi biasanya sering terjadi pada wanita, dan sering menyebabkan keputihan kuning tebal selain itu juga bisa menyebabkan bau amis, dan Anda mungkin mengalami rasa sakit, gatal dan terbakar saat berhubungan badan. Namun, kabar baiknya Infeksi ragi mudah diobati dengan satu obat antijamur, jadi temui dokter Anda jika Anda mengalami infeksi ini.

- Penyakit Peradangan Pelvis
Penyakit Peradangan Pelvis Juga dikenal sebagai PID, Pelvic Inflammatory Disease disebabkan oleh adanya bakteri, dan biasanya ditularkan melalui hubungan seksual dan bahayanya bakteri ini bisa berjalan melalui Miss V dan masuk ke dalam rahim.

Diketahui PID sering merupakan hasil akhir dari infeksi PMS, seperti klamidia atau gonore, namun sayangnya kebanyakan wanita tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit ini sampai mereka mulai mengalami sakit kronis atau mengalami kesulitan saat hamil.

Biasanya saat gejala muncul, wanita sering mengalami keputihan berbau amis, nyeri panggul, kelelahan, buang air kecil yang menyakitkan, hubungan seks yang menyakitkan, demam dan pelepasan berat.

Bagaimanakah Cara Mengatasinya dan Mencegah Keputihan Berbau Amis?


Jika Anda memiliki infeksi yang disebabkan oleh PMS atau bakteri (seperti bakteri vaginosis), maka berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum mencoba metode over the counter dan biasanya antibiotik resep dokter mungkin diperlukan untuk membersihkan infeksi.

Jika Anda telah diberi tahu oleh dokter bahwa metode over the counter tidak apa-apa atau bau amis disebabkan oleh sesuatu selain infeksi, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan baunya. Tapi pertama, mari kita bicarakan beberapa hal yang harus Anda hentikan karena mungkin beberapa hal di bawah ini dapat membuat masalah ini menjadi lebih buruk diantaranya:

- Jangan Menggunakan Douche
Karena pada umumnya douching bukan ide bagus, selain itu douche akan memaksa air atau agen pembersih masuk ke dalam Miss V sehingga dapat menghancurkan bakteri sehat atau mendorong infeksi ke dalam rahim dan sebaiknya hindari semprotan feminin juga.

Selain itu perlu Anda ingat bahwa biasanya Miss V memiliki mekanisme pembersihan alami, sehingga Anda tidak perlu memaksa air atau bahan kimia masuk untuk membersihkan Miss V Anda agar tetap bersih.

- Jangan Menggunakan Celana Dalam yang Ketat
Karena menggunakan Celana dalam yang ketat dan bukan berbahan katun mungkin saja bisa menjebak bakteri dan keringat, yang bisa membuat bau amis pada Miss V dan ada baiknya gunakan celana dalam dan pakaian longgar agar hal tersebut tidak terjadi.

- Jangan Mencuci Miss V Dengan Sabun Berbahan Kimia
Karena biasanya sabun dengan bahan kimia tersebut memiliki aroma yang kuat yang dapat mengiritasi Miss V dan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan infeksi sehingga ada baiknya cucilah Miss V dengan sabun ringan atau cukup membersihkannya dari bagian depan dan belakang dengan menggunakan air bersih saja.

- Mengkonsumsi Yogurt
Tahukah Anda bahwa ternyata yogurt mengandung bakteri baik yang sangat bermanfaat yang dapat membantu untuk menjaga infeksi jamur, namun hal ini mungkin akan memakan waktu lama lebih lama untuk penyembuhan namun akan menjaga keseimbangan bakteri baik pada Miss V Anda.



Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai keputihan berbau amis dan misalkan Anda memiliki jenis keputihan tidak normal tersebut maka Anda bisa berkonsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda bisa juga untuk berkonsultasi dengan mengklik tombol konsultasi di atas.