Banyak orang yang mencari cara menghilangkan ketiak basah di dunia maya, akan tetapi ada baiknya jika Anda ingin menggunakan cara tersebut konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda karena dikhawatirkan bukannya hal tersebut dapat menghilangkan ketiak basah malah akan menjadikannya lebih parah.

Pada umumnya ketiak basah bisa saja terjadi karena berbagai macam hal contohnya saja karena berolahraga, menjalankan aktivitas berat, mengkonsumsi makanan pedas sampai karena kondisi medis tertentu. Dan pastinya timbulnya ketika basah akan menimbulkan rasa malu dan bisa membuat Anda minder bukan? apalagi jika ketahuan oleh teman-teman Anda.

Ternyata timbulnya keringat berlebihan tersebut adalah sebuah kondisi yang bernama Hyperhidrosis, juga dikenal sebagai polyhidrosis atau sudorrhea, adalah suatu kondisi yang ditandai dengan keringat berlebihan yang bisa mempengaruhi hanya satu area tertentu atau keseluruhan area tubuh.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa hyperhidrosis biasanya paling aktif di tangan, kaki, selangkangan dan pada ketiak karena konsentrasi kelenjar keringat yang relatif tinggi, akan tetapi Anda jangan khawatir karena berikut di bawah ini akan Kami berikan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya:



Sering Minder Karena Bau Ketiak, Jangan Khawatir Begini Cara Menghilangkan Ketiak Basah



- Menggunakan Antiperspirant
Cara menghilangkan ketiak basah yang pertama adalah dengan menggunakan antiperspirant karena kebanyakan antiperspirant mengandung garam aluminium yang sangat bermanfaat untuk menghalangi keringat berlebih, namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui cara menggunakannya secara benar.

Karena kebanyakan orang akan menggunakan antiperspirant saat pagi hari, namun nyatanya antiperspirant tersebut akan bekerja secara maksimal jika digunakan saat malam hari sebelum Anda tidur dan membantu Anda agar tidak berkeringat dan tetap kering.

Selain itu jika Anda mengoleskan antiperspirant setelah mandi di pagi hari maka keringat yang keluar akan menghilangkan manfaat Antiperspirant dan membuat Anda tidak berdaya melawan ketiak basah di siang hari.

Dan saat ini telah banyak produk antiperspirant dijual dikombinasikan dengan deodoran, yang tidak saja menghentikan Anda berkeringat tetapi akan membantu untuk mengendalikan bau dari keringat Anda.

- Menggunakan Bedak Bayi
Cara menghilangkan ketiak basah selanjutnya adalah dengan menggunakan baby powder ataupun bedak bayi, lalu bagaimanakah caranya?
Sebenarnya cara menggunakannya sangat mudah pertama Anda beli bedak bayi tersebut kemudian letakkanlah beberapa tetes bedak bayi secukupnya ke tangan Anda lalu usapkan di bawah kedua ketiak Anda untuk mengurangi bau ketiak.

- Cobalah Untuk Mandi 2 Kali Sehari Dengan Sabun Anti Bakteri
Cara selanjutnya adalah dengan cara gratis yaitu dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari, karena pada umumnya setiap hari tubuh Anda akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori dan keringat itulah yang bisa menyebabkan bau pada ketiak hingga menimbulkan ketiak basah.

Dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari menggunakan sabun anti bakteri bisa membasmi bakteri yang menempel dan bersarang di ketiak dengan sangat mudah dan jangan lupa setelah Anda mandi keringkanlah semua area tubuh Anda termasuk pada ketiak Anda dan tak lupa juga gunakanlah antiperspirant secukupnya.

- Menggunakan Cuka Sari Apel dan Lemon


Karena diketahui sifat asam yang terkandung dalam lemon dapat bekerja dengan cara yang sama seperti cuka sari apel yang dapat menurunkan tingkat pH pada kulit sehingga dapat menyulitkan bakteri penyebab bau ketiak untuk bertahan hidup. Lalu bagaimanakah caranya?

Sebenarnya caranya sangat mudah pertama Anda siapkan terlebih dahulu cuka sari apel secukupnya, bola kapas dan buah lemon, kemudian belah lemon tersebut menjadi dua bagian kemudian peraslah lemon tersebut dan tempatkan cairan perasannya pada cangkir.

Setelah itu tambahkan 1 sendok makan cuka sari apel kedalam cangkir perasan lemon tersebut dan tambahkanlah air hangat kedalamnya, kemudian celupkan bola kapas tersebut ke dalam larutan dan gosokkan pada ketiak kedua ketiak Anda.

Kemudian biarkan cairan ini merasuk ke kulit ketiak Anda dan pastikan mengering dengan sendirinya, setelah dirasa mengering lalu bersihkanlah dengan cara mandi, dan ulangi cara tersebut hingga bau ketiak benar-benar hilang.



- Mengkonsumsi Daun Kemangi
Cara menghilangkan ketiak basah selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi daun kemangi karena diketahui di dalam daun yang biasa dikonsumsi sebagai lalapan ini terdapat senyawa anti bakteri dan terdapat kandungan mineral. Lalu bagaimanakah caranya menggunakannya?

Sebenarnya cara menggunakannya sangat mudah, pertama siapkanlah daun kemangi secukupnya, lalu cuci daun kemangi hingga bersih, kemudian Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin karena dipercaya hal tersebut dapat menghilangkan ketiak basah.

- Iontophoresis
Jika perawatan alami tidak ampun untuk menghentikan keringat basah ataupun keringat bau maka Anda membutuhkan cara menghilangkan ketiak basah dengan cara medis salah satunya adalah Iontophoresis.

Biasanya selama perawatan ini, Anda akan diinstruksikan oleh perawat untuk duduk dengan kedua tangan, kaki, atau keduanya di nampan yang berisi air yang dangkal selama sekitar 20 sampai 30 menit, sementara itu arus listrik rendah akan mengalir melalui air.

Namun, sayangnya tidak ada yang tahu persis bagaimana perawatan ini bekerja, akan tetapi para ahli percaya bahwa hal itu menghalangi keringat agar tidak sampai ke permukaan kulit Anda dan Anda harus mengulangi perawatan ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu

Tetapi setelah beberapa kali perawatan maka mungkin Anda akan berhenti mengeluarkan keringat berlebihan, sedangkan pada beberapa orang hanya memerlukan beberapa perawatan sebulan untuk perawatan.

Meskipun perawatan iontophoresis pada umumnya sangat aman, karena menggunakan arus listrik, namun hal itu tidak disarankan bagi wanita hamil dan orang yang memiliki alat pacu jantung atau implan logam, mengalami kondisi jantung, atau epilepsi .

- Botulinum Toksin
Pilihan pengobatan medis lainnya untuk berkeringat berat adalah dengan menggunakan suntikan toksin botulinum A ( Botox ), obat yang sama digunakan untuk keriput, namun pastikan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum melakukan pengobatan ini.

Diketahui Botox bekerja dengan mencegah pelepasan bahan kimia yang menandakan kelenjar keringat untuk mengaktifkannya, dan Anda mungkin memerlukan beberapa suntikan Botox dan hasilnya bisa bertahan hampir setahun.



Nah, itulah tadi berbagai macam cara menghilangkan ketiak basah dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan menekan tombol chat online di atas.