Tahukah Anda bahwa kebanyakan wanita seringkali tidak memperhatikan bahwa terdapat banyak warna macam macam keputihan, padahal masing-masing warna pada keputihan tersebut bisa menandakan arti buat kesehatan wanita.

Perlu Anda ketahui bahwa cairan keputihan tersebut dibuat oleh kelenjar di dalam Miss V dan serviks yang berfungsi untuk membawa sel-sel mati dan bakteri mati keluar dari tubuh, sehingga cairan keputihan dapat membuat Miss V bersih dan membantu untuk mencegah masuknya berbagai macam infeksi.

Selain itu umumnya warna keputihan yang normal itu akan berwarna putih susu, tidak berbau dan tidak terasa gatal dan jika Anda merasa memiliki perubahan warna keputihan maka Anda harus mewaspadai hal tersebut.

Dan Anda juga harus mengetahui bahwa biasanya perubahan warna pada keputihan bisa menandakan adanya masalah pada kesehatan, terutama pada kesehatan organ intim Anda, lalu warna apa sajakah itu?



Wanita, Ketahuilah 5 Warna Macam Macam Keputihan Beserta Arti Buat Kesehatan Organ Intim



1. Keputihan Berwarna Jernih dan Elastis
Warna macam macam keputihan yang pertama adalah keputihan berwarna jernih tapi elastis dan seperti lendir, daripada berair maka Anda tak perlu mengkhawatirkan keputihan jenis tersebut karena hal ini bisa menunjukkan pertanda bahwa Anda mungkin sedang ber ovulasi. Dan biasanya keputihan jenis ini adalah keputihan normal, selain itu keputihan ini muncul setelah berakhirnya masa menstruasi.

2. Keputihan Berwarna Kuning
Jika Anda mengalami keputihan berwarna kuning maka hal tersebut merupakan jenis keputihan tidak normal yang bisa menandakan bahwa adanya organisme kuman yang tumbuh dan bersarang pada Miss V dan biasanya karena kuman-kuman yang masuk melalui hubungan badan.

Dan sudah seharusnya Anda mewaspadai jika memiliki cairan keputihan yang berwarna kuning, karena mungkin sebuah petanda penyakit menular seksual seperti penyakit gonore yang biasanya keputihan tersebut ditandai dengan perdarahan antar periode, inkontinensia urin, sampai nyeri panggul.



3. Keputihan Berwarna Coklat
Warna macam macam keputihan selanjutnya adalah keputihan yang berwarna coklat yang timbul pada periode haid, kehamilan di awal, atau pada masa menopause dan perlu Anda waspadai bahwa jenis keputihan ini bisa menandakan penyakit pada Miss V Anda.

Karena pada umumnya keputihan berwarna coklat adalah salah satu keputihan tidak normal yang dibarengi dengan gejala nyeri pinggang dan mengeluarkan bau tidak sedap dan keputihan jenis ini bisa menandakan awal penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease.

4. Keputihan Berwarna Hijau
Jika Anda mengalami keputihan berwarna hijau dalam jumlah besar dan disertai aroma busuk juga nyeri pada Miss V maka hal tersebut adalah jenis keputihan tidak normal dan Anda juga wajib hal tersebut karena bisa saja menjadi tanda terdapat infeksi pada organ reproduksi.

Biasanya keputihan berwarna hijau ini bisa disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual yang dikenal sebagai trichomoniasis yang ditularkan akibat berhubungan badan dan bisa juga ditularkan dengan cara berbagi handuk atau pakaian renang.

Trichomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Trikomonas vaginalisis dan infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan wanita yang lebih tua dibandingkan perempuan yang lebih muda.

5. Keputihan Berwarna Abu-abu
Jika Anda mengalami keputihan berwarna abu-abu disertai dengan rasa gatal, bau tidak sedap, dan bengkak kemerahan pada sekitar mulut Miss V maka sudah saatnya Anda memerlukan perhatian serius dari dokter. Karena keputihan abu-abu ini bisa disebabkan oleh adanya bakteri berbahaya atau bahkan Anda sedang mengalami kanker

Bagaimana Keputihan Tidak Normal Disembuhkan?


Perlu Anda ketahui bahwa biasanya untuk menyembuhkan keputihan tidak normal tergantung pada apa yang menyebabkan masalah keputihan tersebut, misalnya infeksi jamur biasanya diobati dengan obat antijamur yang dimasukkan ke dalam Miss V dalam bentuk krim atau gel dan bakteri vaginosis diobati dengan pil atau krim antibiotik

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips untuk mencegah infeksi pada Miss V yang bisa menyebabkan cairan keputihan tidak normal:
- Menjaga kebersihan Miss V dengan mencuci secara teratur dengan lembut dan dengan menggunakan air bersih

- Jangan pernah menggunakan sabun wangi dan produk feminin atau douche dan cobalah hindari semprotan feminin dan mandi busa.

- Setelah pergi ke kamar mandi setelah buang air besar atau kecil, maka selalu bersihkan dari depan ke belakang untuk mencegah adanya bakteri masuk ke dalam Miss V yang biasanya menyebabkan infeksi.

- Ada baiknya Anda gunakan celana dalam berbahan katung dan hindari pakaian yang terlalu ketat.



Nah, itulah tadi berbagai warna macam macam keputihan dan misalkan Anda mengalami keputihan yang tidak normal mala sudah saatnya Anda mengkonsultasikan hal tersebut di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online.