Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada umumnya keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu ciri keputihan normal dan tidak normal, selain itu ternyata masing-masing jenis keputihan tersebut memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda antara keputihan yang normal dan tidak normal.

Walaupun terkadang sebagian besar wanita mengalami keputihan yang normal akan tetapi tidak menutup kemungkinan mereka bisa mengalami keputihan yang tidak normal karena berbagai macam sebab seperti: karena infeksi bakterial vaginosis, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, trikomoniasis, infeksi jamur sampai karena penggunaan antibiotik tertentu.

Namun, sayangnya walaupun penyebab keputihan tidak normal tersebut sudah diketahui akan tetapi mungkin banyak diluar sana yang belum mengetahui perbedaan antara ciri-ciri keputihan normal dan keputihan yang tidak normal, lalu apa sajakah perbedaannya?



Wanita, Ini Bedanya Ciri Keputihan Normal Vs Keputihan Tidak Normal



A. Ciri Keputihan Normal Pada Wanita
Jika Anda memiliki keputihan normal dengan ciri-ciri di bawah ini maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan nya karena pada umumnya keputihan normal merupakan keputihan yang tidak berbahaya bagi kesehatan dan berikut di bawah ini adalah beberapa cirinya diantaranya:

- Keputihan Berwarna Putih
Salah satu sekian banyak ciri-ciri keputihan yang normal adalah berwarna putih susu dan biasanya cairan keputihan ini tidak memiliki bau, selain itu biasanya wanita mengalaminya pada awal dan akhir saat siklus menstruasi.

- Keputihan Tidak Berbau
Ciri-ciri selanjutnya adalah cairan keputihan normal tidak akan berbau amis atau berbau ikan dan timbulnya cairan keputihan normal tidak disertai dengan rasa gatal pada Miss V dan Jika Anda merasakan keputihan yang terasa gatal maka hal tersebut menunjukkan adanya infeksi jamur pada Miss V.



- Keputihan Berwarna Jernih dan Encer
Biasanya keputihan yang normal cairan keputihannya akan berwarna jernih dan encer dan pada umumnya cairan keputihan ini dapat timbul setiap bulan.

- Keputihan Berwarna Jernih Dan Elastis
Ketika keputihan Anda berwarna jernih tapi elastis dan seperti lendir, daripada berair maka Anda tak perlu khawatir karena hal ini menunjukkan bahwa Anda mungkin sedang ber ovulasi

B. Ciri Keputihan Tidak Normal Pada Wanita


Diketahui terdapat beberapa ciri keputihan yang berbahaya pada wanita yang harus Anda waspadai, dan pada umumnya keputihan berbahaya tersebut memiliki warna yang berbeda-beda diantaranya adalah sebagai berikut:

- Keputihan Berwarna Kuning
Jika Anda mengalami keputihan berwarna kuning maka hal tersebut bisa menandakan adanya organisme kuman yang tumbuh dan bersarang pada Miss V biasanya karena kuman-kuman yang masuk melalui hubungan badan.

- Keputihan Berwarna Coklat
Biasanya keputihan berwarna coklat akan timbul pada periode haid, kehamilan di awal, atau pada masa menopause dan keputihan ini bisa jadi tanda adanya penyakit pada Miss V maupun bisa menandakan awal penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease.

- Keputihan Berwarna Hijau
Jika Anda mengalami keputihan berwarna hijau dalam jumlah besar dan disertai aroma busuk juga nyeri pada Miss V maka Anda wajib mencurigai jenis keputihan berbahaya tersebut, karena bisa saja menjadi tanda terdapat infeksi pada organ reproduksi.

- Keputihan Berwarna Abu-abu
Jika Anda mengalami keputihan berwarna abu-abu disertai dengan rasa gatal, bau tidak sedap, dan bengkak kemerahan pada sekitar mulut Miss V maka sudah saatnya Anda memerlukan perhatian serius dari dokter. Karena bisa jadi disebabkan oleh bakteri berbahaya atau bahkan Anda sedang mengalami kanker.

Nah, itulah tadi berbagai macam perbedaan antara ciri keputihan yang normal dan tidak normal, akan tetapi untuk mengatasi keputihan tidak normal harus dengan melalui pemeriksaan dan pengobatan dari dokter profesional.



Sehingga jika misalkan Anda mengalami keputihan yang tidak normal maka segeralah berobat di Klinik Utama Gracia atau Anda bisa berkonsultasi online dengan mengklik tombol chat online di atas.