Diketahui ada banyak cara melancarkan menstruasi yang terlambat, mulai dari mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan sampai dengan menggunakan cara alami yaitu dengan menggunakan berbagai macam bahan alami yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur.

Selain harga bahan alami yang digunakan sangat terjangkau dan sangat mudah untuk ditemukan, terlebih dengan menggunakan bahan alami pastinya lebih aman dikonsumsi untuk kesehatan karena bahan alami tidak menggandung bahan kimia yang biasanya terdapat pada obat-obatan.

Tetapi walaupun cara melancarkan menstruasi yang terlambat ini bisa sangat membantu Anda, namun jika misalkan Anda masih mengalami hal tersebut maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter Anda.



Cara Melancarkan Menstruasi yang Terlambat Dengan Menggunakan Bumbu Dapur Ini Bisa Anda Coba Di Rumah



1. Dengan Mengkonsumsi Buah Pepaya
Cara melancarkan menstruasi yang terlambat adalah dengan cara mengkonsumsi buah pepaya mentah, karena menurut penelitian oleh Dr Batra buah pepaya mentah dapat merangsang kontraksi di rahim sehingga dapat membantu dalam menginduksi menstruasi. Selain itu zat karoten yang ada dalam buah pepaya dapat merangsang hormon estrogen sehingga menginduksi periode awal. Lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Sebenarnya cara menggunakannya sangat mudah pertama Anda siapkan buah pepaya mentah secukup, kemudian kupas kulitnya lalu bersihkan dengan air bersih kemudian Anda bisa mengkonsumsi nya secara mentah atau Anda bisa membuat jus pepaya dan minumlah jus tersebut dua kali dalam sehari.

2. Dengan Menggunakan Jahe
Tahukah Anda bahwa ternyata jahe yang biasanya kita gunakan untuk pelengkap bumbu masak dapat bermanfaat juga sebagai cara melancarkan menstruasi yang terlambat, karena diketahui di dalam jahe terdapat senyawa yang bisa berfungsi untuk merangsang aliran darah menstruasi.

Selain itu jika Anda mengalami periode menstruasi yang sangat tertunda, maka dapat Anda kombinasi kan jahe dengan peterseli karena jahe dianggap dapat meningkatkan panas di sekitar rahim, sehingga mendorong kontraksi, lalu bagaimanakah cara membuatnya?

Sebenarnya cara membuatnya sangat mudah pertama siapkan jahe segar secukupnya, lalu cuci hingga bersih, kemudian parut atau dipotong jahe yang sudah dibersihkan menjadi beberapa irisan sangat tipis, setelah itu siapkan air secukupnya lalu Rebuslah parutan jahe tersebut ke dalam air sampai mendidih.

Setelah mendidih matikan api dan diamkan rebusan jahe selama 10 menit dan saring kemudian tuangkan kedalam gelas, lalu Anda bisa menambahkan 1 sendok teh perasan lemon maupun madu ke dalamnya. Lalu, minumlah secangkir ramuan jahe tersebut dengan dicampur air putih dengan perbandingan (2: 1) setiap pagi saat perut masih dalam kosong selama beberapa hari.

3. Seledri
Siapa sangka seledri yang biasanya digunakan sebagai penyedap bahan masakan seperti sop ini bisa Anda manfaatkan untuk melancarkan menstruasi yang terlambat karena seledri dapat menginduksi periode awal menstruasi selain itu seledri sangat aman bagi kesehatan tubuh Anda dan sangat direkomendasikan oleh dokter, lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Sebenarnya cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan cara dibuat jus yang telah ditambah air sebelumnya, dan Anda bisa meminum jus seledri dua kali sehari karena dipercaya dapat merangsang aliran darah ke panggul dan rahim Anda, sehingga merangsang menstruasi Anda.

4. Biji Ketumbar
Cara melancarkan menstruasi dengan bantuan bumbu dapur selanjutnya adalah dengan biji ketumbar karena dipercaya paling efektif untuk memperlancar periode tidak teratur karena khasiat emmenagogenya. Lalu bagaimanakah cara menggunakannya?

Sebenarnya cara menggunakannya sangat mudah pertama Anda siapkan beberapa biji ketumbar secukupnya lalu cuci hingga bersih kemudian rebuslah beberapa biji ketumbar dengan menggunakan 2 gelas air dan tunggu sampai air berkurang menjadi hanya satu cangkir.

Kemudian gunakanlah saringan untuk membuang biji dan minum ramuannya tiga kali sehari selama beberapa hari sebelum periode bulanan Anda karena dipercaya dengan meminum ramuan tersebut akan memperlancar menstruasi.

5. Mengkonsumsi Peterseli
Mungkin banya orang yang menilai peterseli sama dengan daun seledri akan tetapi berbeda, karena peterseli yang biasanya digunakan sebagai bahan masakan kari di India ini bisa Anda konsumsi untuk melancarkan menstruasi

Selain itu diketahui pada daun peterseli kaya akan berbagai macam vitamin seperti: vitamin C, B12, K, dan A dan kandungan berbagai macam vitamin tersebut mampu untuk menguatkan sistem imun, tulang, dan sistem saraf.

Selain itu peterseli juga membantu kinerja ginjal dalam mengatur jumlah air yang berlebihan dalam tubuh. Peterseli juga dapat menyebabkan rahim berkontraksi dan membawa timbulnya menstruasi sehingga bisa coba untuk memperlancar menstruasi yang bisa dikonsumsi dalam bentuk jus.

Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab Wanita Mengalami Menstruasi yang Tidak Lancar?



- Tingkat Stres
Jika Anda mengalami banyak tekanan selama berjalannya periode maka otomatis tubuh Anda bisa mulai menghemat energi dengan mencegah ovulasi, sehingga bisa mengganggu produksi hormon tiroid, estrogen dan hormon reproduksi lainnya yang akhirnya bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar.

- Pola Makan yang Buruk
Selain itu pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan wanita mengalami menstruasi yang terlambat karena beberapa jenis makanan yang mengandung banyak gula, rendah nutrisi, banyak lemak jenuh dapat membatasi kelenjar tiroid. Misalnya, asupan gula, lemak terhidrogenasi dan aditif yang tinggi, atau pestisida terkait dengan masalah tiroid dan kelelahan adrenal yang dapat meningkatkan kortisol.

- Berat Badan yang Rendah
Penyebab menstruasi tidak lancar selanjutnya adalah karena wanita memiliki berat badan yang rendah dibawah standar karena lemak tubuh rendah dan berat badan rendah dapat mengganggu hormon wanita.

Selain itu jika lemak tubuh Anda di bawah 15% dari berat badan normal atau kadar leptin darah di bawah normal, maka Anda akan kehilangan hormon yang berkontribusi pada periode reguler.

- Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu
Ternyata dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Diketahui juga bahwa terdapat beberapa obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan reaksi alergi dengan menekan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan periode yang telat.

- Polycystic ovary Syndrome
Penyebab menstruasi tidak lancar selanjutnya adalah karena Polycystic ovary syndrome (PCOS) bahkan bisa mengakibatkan timbulnya kista sangat kecil yang berkembang di ovarium, selain itu dapat menyebabkan gangguan fungsi ovarium dan kondisi ini menyebabkan hormon wanita yang menderita PCOS menjadi tidak seimbang.

Gejala umum PCOS adalah periode tidak teratur atau ringan atau tidak ada periode sama sekali, hal ini terjadi karena pada wanita yang mengalami PCOS ketika ovulasi (pelepasan telur) tidak terjadi secara normal.

Selain itu produksi hormon mungkin juga tidak seimbang wanita bisa memiliki kadar testosteron lebih tinggi dari biasanya. Dan ada baiknya untuk mengatasi PCOS segeralah konsultasikan dan berobat ke dokter Anda karena hal ini dapat menyebabkan masalah pada kehamilan.

- Kehamilan
Menstruasi tidak lancar juga bisa disebabkan oleh adanya kehamilan yang tidak disangka, keguguran dini, atau masalah dengan rahim atau ovarium.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai cara melancarkan menstruasi sampai berbagai macam penyebab menstruasi yang telat, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.