Bagi kebanyakan wanita nyeri menstruasi sakit merupakan hal yang sering terjadi setiap bulannya, dan terkadang nyeri tersebut bisa terasa sakit bahkan pada beberapa wanita tidak bisa menjalankan berbagai macam aktivitas karena mengalami menstruasi sakit.

Menstruasi sakit adalah sebuah kondisi dimana wanita mengalami nyeri menstruasi saat mengalami haid dan dalam istilah medis disebut dismenore. Menstruasi sakit ini ternyata disebabkan oleh aktivitas normal dari prostaglandin atau disebut dismenore primer.

Namun, kram menstruasi yang disebabkan atau diperparah oleh penyakit lain atau kelainan sistem reproduksi disebut dismenore sekunder dan ternyata dismenore sekunder sering dikaitkan saat wanita sulit untuk hamil.



Menstruasi Sakit Bikin Wanita Sulit Hamil, Hoax Atau Fakta?



Mungkin bagi kebanyakan wanita yang mengalami menstruasi sakit setiap bulannya pasti akan merasa khawatir jika mengalami hal tersebut, terlebih banyak orang diluar sana yang mengatakan bahwa jika wanita sering mengalami menstruasi sakit bisa mengakibatkan wanita untuk sulit hamil, tetapi apakah hal tersebut hoax atau fakta ya?

Perlu Anda ketahui bahwa menstruasi sakit tidak akan menghentikan Anda untuk hamil dan bisa dikatakan hanya hoax, namun perlu Anda ketahui bahwa apapun yang menyebabkan nyeri menstruasi bisa berdampak buruk pada kesuburan wanita.

Lalu, Apa Penyebab Wanita Mengalami Nyeri Kram Saat Menstruasi?

Diketahui nyeri kram saat menstruasi bisa disebabkan oleh prostaglandin. Prostaglandin adalah zat kimia alami dan dapat ditemukan di jaringan di seluruh tubuh termasuk di rahim. Prostaglandin sangat penting, karena mereka berperan dalam regulasi peradangan, pertumbuhan sel, regulasi suhu tubuh, dan penyempitan otot yang halus dan pelebaran.

Selama Anda mengalami menstruasi biasanya prostaglandin memicu otot rahim berkontraksi dan hal ini dapat membantu untuk mengusir lapisan rahim saat menstruasi, selain prostaglandin juga penting untuk mendorong saat wanita melakukan persalinan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa jika kadar prostaglandin Anda terlalu tinggi maka mereka dapat memicu kontraksi rahim yang lebih kuat, sehingga jika kontraksi uterus sangat kuat maka oksigen akan terputus sementara ke bagian otot dan kurangnya oksigen bisa menyebabkan kram menstruasi yang menyakitkan.

Awas, Kram Menstruasi Buruk Untuk Kesuburan Anda!!

Kram menstruasi yang intens bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit yang berdampak pada kesuburan dan beberapa penyakit ini berkembang dari waktu ke waktu, bahkan bertahun-tahun.

Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin mulai mengalami masalah dengan kram saat Anda tidak memiliki masalah ini sebelumnya dan kemungkinan penyebab kram menstruasi abnormal bisa berdampak pada kesuburan Anda, karena berbagai macam kondisi seperti:

A. Endometriosis terkenal karena tidak hanya menyebabkan kram menstruasi yang berat tapi juga bisa memberikan efek ketidaksuburan.

B. Jika Anda memiliki endometriosis, endometrium (yaitu jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di tempat-tempat di luar rahim) maka mungkin saja Anda akan sulit untuk hamil karena diperkirakan bahwa hingga 50% wanita yang berjuang untuk hamil mungkin memiliki endometriosis.

C. Fibroid adalah jaringan abnormal yang tumbuh di dalam otot polos rahim, bahkan banyak wanita tidak pernah tahu mereka memiliki fibroid. Namun, terkadang fibroid bisa menyebabkan rasa sakit, kesuburan rendah, dan kemungkinan meningkatkan risiko keguguran pada wanita.

D. Penyakit Peradangan Pelvis (PID) merupakan penyebab lain kram menstruasi yang buruk yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Diketahui PID disebabkan oleh adanya infeksi pada organ reproduksi.

Adakah Cara yang Bisa Saya Lakukan Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi?



- Menggunakan Bantal Pemanas
Cara alami yang pertama untuk mengurangi rasa nyeri saat haid adalah dengan menggunakan bantal pemanas yang biasanya ditempatkan pada perut Anda karena hal ini dapat sangat membantu untuk mengurangi nyeri haid. Namun pastikan untuk memeriksa apakah bantalan pemanas tidak terlalu panas, karena jika terlalu panas bisa membakar kulit Anda.

- Mengkonsumsi Obat Tertentu Dari Dokter
Jika Anda mengalami kram haid yang ringan, maka cobalah untuk meminum obat pereda nyeri seperti ibuprofen namun perlu Anda catat Anda bisa mengkonsumsi obat tersebut jika dianjurkan oleh dokter.

- Mengkonsumsi Minyak Ikan dan Vitamin B1
Cara alami untuk mengatasi sakit saat haid selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi minyak ikan dan vitamin B1 atau keduanya, karena menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan September 2014 di Global Journal of Health Science hal tersebut dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Di dalam penelitian para ilmuwan menugaskan 240 remaja perempuan yang mengalami kram menstruasi berat untuk mengkonsumsi vitamin B1 dan minyak ikan atau vitamin B1 saja atau minyak ikan saja, dan para remaja tersebut mulai mengkonsumsi 100 miligram per hari suplemen ikan B1 dan 500 mg per hari dan akhirnya banyak remaja perempuan yang melaporkan rasa kram menstruasi berat mulai berkurang.

- Yoga
Siapa sangka ternyata latihan yoga yang biasanya digunakan untuk pengendalian tubuh, napas dan pikiran ini tidak hanya dapat untuk meningkatkan kualitas mental akan tetapi bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi kram karena yoga telah terbukti membantu mengurangi kram menstruasi.
Kapan Saya Harus Menghubungi Dokter?

Jika Anda mengalami kram menstruasi yang parah atau tidak biasa, atau kram yang berlangsung lebih dari 2 atau 3 hari, maka segera beritahu dokter Anda, karena kram menstruasi apapun penyebabnya bisa diobati jadi penting untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

Biasanya dokter akan menanyakan gejala dan siklus haid Anda, selain itu Anda akan mendapatkan pemeriksaan panggul , di mana dokter Anda akan menggunakan alat yang disebut spekulum untuk melihat ke dalam Miss V dan leher rahim Anda.

Kemudian dokter akan mengambil sampel kecil cairan Miss V untuk pengujian, dan juga mungkin dokter akan menggunakan jarinya untuk memeriksa rahim dan ovarium Anda untuk hal-hal yang tidak terasa normal. Jika ternyata kram Anda bukan karena masalah menstruasi maka Anda mungkin akan memerlukan tes lain untuk menemukan pengobatan yang tepat.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai menstruasi sakit, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.