Mungkin masih banyak wanita diluar sana yang ternyata belum mengetahui bahwa terdapat banyak tanda tanda keputihan yang dalam kategori berbahaya, padahal dengan mengetahui hal tersebut wanita dapat mencegah berbagai macam infeksi yang sering kali menyerang Miss V.

Perlu Anda ketahui bahwa keputihan normal biasanya akan berwarna putih susu, tidak berbau, jumlahnya sedikit dan tidak terasa gatal, dan keputihan ini sering terjadi pada wanita karena cairan dari dinding Miss V dan serviks rahim ini mengandung kelenjar yang menghasilkan sedikit cairan yang membantu untuk menjaga kebersihan Miss V

Namun, walaupun pada umumnya keputihan adalah sesuatu hal yang normal terjadi pada wanita akan tetapi karena beberapa kondisi tertentu keputihan bisa saja tidak normal atau bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan Miss V karena adanya sejumlah infeksi yang berbeda yang dapat menyebabkan perubahan jumlah, konsistensi, warna, atau bau keputihan.



Waspadai, Tanda Tanda Keputihan Ini Dalam Kategori Berbahaya!!



1. Keputihan Berwarna Putih Terasa Gatal dan Berbau
Tanda tanda keputihan dalam kategori berbahaya yang pertama adalah munculnya keputihan berwarna putih biasanya dialami oleh wanita setelah masa menstruasi, dan Anda harus mewaspadai apabila cairan putih yang keluar disertai rasa gatal dan bau tidak sedap seperti bau amis, karena merupakan sebuah tanda daerah Miss V Anda sedang mengalami infeksi jamur.

Infeksi ragi ( kandidiasis ) biasanya terjadi bila terdapat pertumbuhan berlebih pada ragi di Miss V dan seringkali terjadi karena penggunaan antibiotik atau faktor lain yang bisa mempengaruhi keseimbangan alami bakteri di daerah Miss V dan spesies Candida adalah jenis ragi yang paling sering bertanggung jawab terhadap hal ini.

2. Keputihan Berwarna Kuning
Tanda tanda keputihan dalam kategori berbahaya selanjutnya adalah jika keputihan telah berwarna kuning maka Anda harus mewaspadai hal tersebut, karena bisa saja ada organisme kuman yang tumbuh dan bersarang di Miss V Anda dan biasanya kuman-kuman masuk melalui hubungan badan ataupun karena hal lain seperti:

- Gonore
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa gonore merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS) yang penyebarannya diakibatkan oleh hubungan badan dengan seseorang yang sudah terinfeksi gonore dan ternyata keputihan berwarna kuning tersebut bisa disebabkan oleh penyakit gonore.

Biasanya seorang wanita yang mengalami keputihan yang diakibatkan oleh gonore akan mengalami gejala keputihan yang berwarna putih ataupun keruh disertai dengan timbulnya perdarahan yang terjadi di luar siklus menstruasi, dan dibarengi dengan nyeri panggul dan inkontinensia urine.

- Trikomoniasis
Trichomoniasis adalah salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) dan hal ini merupakan hal yang sangat umum. Bahkan menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) 3,7 juta orang Amerika terinfeksi trikomoniasis pada waktu tertentu.

Biasanya seorang wanita yang mengalami keputihan yang diakibatkan oleh Trikomoniasis akan mengalami keputihan yang berwarna kuning atau berwarna hijau dan berbusa disertai dengan bau tak sedap, serta timbul rasa nyeri dan gatal saat buang air kecil.

3. Keputihan Berwarna Coklat


Tanda tanda keputihan yang harus Anda waspadai selanjutnya adalah jika keputihan Anda berwarna coklat pada periode haid, kehamilan di awal, atau menopause maka keputihan jenis ini juga bisa jadi tanda adanya penyakit pada Miss V.

Jika keputihan bersifat tidak normal, misalnya disertai dengan timbulnya rasa nyeri di pinggang maupun bokong dan bau tidak sedap pada Miss V maka Anda patut mewaspadai hal tersebut, karena mungkin hal ini merupakan tanda awal adanya penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease (PID).

4. Berwarna Hijau
Tanda keputihan yang harus Anda waspadai selanjutnya adalah jika keputihan sudah berwarna hijau dalam jumlah besar dan disertai aroma busuk juga nyeri pada Miss V maka Anda wajib mencurigai hal tersebut karena bisa saja menjadi infeksi pada organ reproduksi.

Diketahui penyebab paling umumnya adalah infeksi menular seksual yang dikenal sebagai trichomoniasis yang ditularkan akibat berhubungan badan dan bisa juga ditularkan dengan cara berbagi handuk atau pakaian renang.
Trichomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Trikomonas vaginalisis dan infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan wanita yang lebih tua dibandingkan perempuan yang lebih muda.

5. Keputihan Berwarna Abu-abu
Jika keputihan Anda sudah berubah warna menjadi warna abu-abu disertai gatal, bau tidak sedap, diikuti dengan darah yang bersifat encer, dan mengalami pembengkakan dan kemerahan pada sekitar mulut Miss V maka perlu dapat perhatian serius dari dokter, karena, hal tersebut bisa disebabkan oleh adanya bakteri berbahaya atau kemungkinan Anda sedang mengalami kanker.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai tanda tanda keputihan yang dalam kategori, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.