Banyak wanita yang merasa khawatir jika mengalami siklus haid tidak teratur, padahal tidak selamanya siklus haid wanita selalu teratur setiap bulannya, namun pada beberapa wanita bisa saja mendapatkan menstruasi sesuai jadwal setiap 28 hari setiap bulannya.

Perlu Anda ketahui bahwa wanita dikatakan mengalami siklus haid tidak teratur setiap bulannya jika mengalami siklus haid yang menjadi lambat, lebih cepat, melewati beberapa bulan, atau bahkan pada beberapa wanita tidak mengalami menstruasi sama sekali.

Bahkan menurut Amy Autry, MD, seorang profesor klinis kebidanan-ginekologi dan ilmu reproduksi di University of California, San Francisco mengatakan "Setidaknya ada 30 % wanita memiliki periode tidak teratur selama tahun-tahun setelah mereka melahirkan bayi,". Sementara itu siklus haid yang tidak teratur biasanya tidak menjadi masalah, namun terkadang bisa menandakan komplikasi kesehatan.

Lalu, Bagaimanakah Saya Tahu Bahwa Siklus Haid Saya Tidak Teratur?



Biasanya siklus haid yang normal berlangsung selama 28 hari, plus atau minus selama tujuh hari, dan perdarahan menstruasi dianggap tidak teratur jika terjadi lebih sering daripada setiap 21 hari atau berlangsung lebih lama dari 8 hari. Selain itu periode tak terjawab, atau terlambat juga bisa dianggap sebagai tanda adanya siklus haid yang tidak teratur.

Cara mudah untuk menentukan apakah jadwal haid Anda tidak teratur, maka hitunglah dari hari terakhir menstruasi dengan menggunakan kalender sebelumnya dan berhentilah menghitung pada hari pertama setelah hari berikutnya dan ulangi hal ini selama tiga bulan secara berturut-turut.

"Jika jumlah hari antara berhenti dan memulai menstruasi Anda berbeda secara signifikan setiap bulan, maka Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur," kata Dr. Autry.



Siklus Haid Tidak Teratur, Apa Penyebabnya?


Dalam kebanyakan kasus, siklus haid tidak teratur terkait dengan kondisi yang disebut anovulasi. "Ini berarti ovulasi tidak terjadi selama siklus haid, biasanya karena ketidakseimbangan hormon yang parah," kata Autry.

Terkadang periode tidak teratur mungkin juga disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang lebih rendah. Anda mungkin masih berovulasi, tapi waktu ovulasi Anda bisa sangat bervariasi dari bulan ke bulan. Hal ini karena gaya hidup dan kondisi medis dapat mempengaruhi siklus haid Anda. Dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab yang dapat memicu periode tidak teratur atau tidak terjawab, diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Olahraga Berlebihan Atau Diet Ekstrem
Penyebab wanita mengalami siklus haid tidak teratur yang pertama adalah karena melakukan olahraga berlebihan dan diet ekstrem, karena pada dasarnya jika melakukan olahraga yang berlebihan saat haid bisa membuang waktu pendarahan menstruasi dan terkadang menghentikannya.

"Sudah biasa bagi atlet ketahanan mengalami periode tak terjawab," kata Autry. Selain itu kurang berat badan, baik dari olahraga ekstrim, diet, gangguan makan, atau penyakit, bisa memiliki efek yang sama.

B. Merasakan Stres
Tahukah Anda bahwa Stres kronis atau kecemasan jangka pendek mengenai masalah tertentu bisa mendatangkan malapetaka pada keseimbangan hormon Anda? Bahkan hal tersebut bisa juga menyebabkan periode terjawab dan siklus tidak teratur.

Sehingga ada baiknya Anda menghindari dari berbagai macam tekanan ataupun masalah yang bisa membuat Anda mengalami stres, atau solusinya jika Anda memiliki permasalahan maka ada baiknya segera ceritakan kepada Sahabat Anda atau selesaikan permasalah Anda secepat mungkin.

C. Penggunaan Pil KB
Karena mungkin penggunaan Pil KB dapat membuat menstruasi lebih ringan, atau menyebabkan Anda melewatkan periode atau memiliki periode yang kurang atau lebih sering atau bahkan tidak ada periode sama sekali.

Sehingga Jika Anda mengalami menstruasi tidak teratur setelah 3 bulan menggunakan Pil KB maka segeralah konsultasikan kepada dokter Anda, karena dokter mungkin akan menyarankan jenis kontrol kelahiran lain yang lebih aman.

D. Sindrom Ovarium Polikistik
Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah sebuah kondisi medis yang bisa menyebabkan kista kecil terbentuk pada ovarium, sehingga akhirnya bisa mengganggu ovulasi dan menyebabkan haid tidak teratur.

Selain itu wanita yang mengalami PCOS biasanya memiliki riwayat menstruasi yang tidak teratur, bahkan mungkin bisa menyebabkan kemandulan dan ternyatav PCOS dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

E. Karena Berbagai Macam Penyakit lainnya
Tahukah Anda bahwa gangguan tiroid dapat menyebabkan periode tidak teratur, karena jika kadar hormon tiroid darah wanita terlalu rendah atau terlalu tinggi maka kondisi kesehatan lainnya yang dapat menyebabkan siklus tidak teratur meliputi penyakit menular seksual, diabetes, fibroid, gangguan makan, dan endometriosis.

F. Karena Faktor Usia
Biasanya saat wanita remaja pertama kali mulai mengalami menstruasi maka siklus menstruasi mereka mungkin tidak selalu sesuai jadwal setiap bulannya.

Bahkan mungkin butuh beberapa tahun untuk menyelesaikan sebuah pola menstruasi agar selalu datang bulan tepat setiap bulannya. Selain itu periode tak terjawab dan periode yang lebih ringan atau lebih berat sering terjadi pada wanita menjelang masa menopause.

Apakah Siklus Haid Tidak Teratur Memerlukan Bantuan Medis?
Perlu Anda ketahui bahwa siklus haid tidak terjawab atau tidak teratur mungkin merupakan sebuah petunjuk pertama bahwa Anda memiliki kondisi yang memerlukan perhatian medis.

"Jika Anda memiliki periode yang tidak rutin, Anda harus dievaluasi untuk PCOS," kata Autry. "Karena PCOS bisa mempengaruhi hingga 10 % wanita di usia subur." Selain itu seorang wanita juga harus diskrining untuk gangguan tiroid dan penyakit lain yang mungkin terkait dengan periode tidak teratur.

Awas, Siklus yang tidak teratur Bisa Membuat Wanita Sulit Untuk Hamil!!

Siklus yang tidak teratur juga bisa membuat lebih sulit untuk hamil, terutama jika Anda tidak berovulasi setiap bulan. Maka dokter dapat melakukan tes untuk melihat apakah Anda sedang berovulasi. Bahkan pada beberapa wanita dengan periode tidak teratur yang mencoba untuk memiliki bayi kadang-kadang diresepkan obat kesuburan untuk meningkatkan ovulasi.

"Meskipun mungkin wanita tersebut bisa untuk hamil sendiri tanpa bantuan obat kesuburan, namun wanita yang mengalami permasalahan seperti diatas sebaiknya diperiksa oleh dokter untuk memastikan tidak ada hal serius yang terjadi," saran Autry.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai berbagai macam hal yang bisa menjadi penyebab siklus haid tidak teratur, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.