Bercinta tentunya menjadi kebutuhan penting bagi pasangan suami istri, akan tetapi pasangan suami istri mungkin saja bisa mengalami buang air kecil sakit setelah melakukan hubungan badan, lalu apakah penyebabnya? Nah jika Anda penasaran maka simak terus ya artikel ini sampai tuntas.

Dan tahukah Anda bahwa ternyata sekitar dua pertiga dari semua wanita mengalami ketidaknyamanan sesekali selama atau setelah berhubungan seksual (bercinta) dengan pasangannya dan jika Anda memiliki rasa sakit setelah berhubungan seks setiap saat maka ada baiknya segera hubungi dokter Anda.

Karena pada umumnya keintiman saat bercinta itu harus dinikmati, jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab rasa sakit karena dengan mengetahuinya Anda dapat terhindar hal tersebut.

 

Buang Air Kecil Sakit Setelah Bercinta, Apa Penyebabnya?

 

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat sejumlah penyebab potensial yang dapat menyebabkan buang air kecil sakit setelah bercinta, mulai dari alasan fisik, infeksi, dan masalah emosional bisa menyebabkan rasa sakit setelah berhubungan badan, dan berikut dibawah ini adalah beberapa penyebabnya:

  1. Vaginismus

Vaginismus adalah kelainan seksual yang bisa membuat seks sangat menyakitkan. Karena saat wanita memiliki vaginismus, maka otot-otot yang mengelilingi Miss V secara tidak sengaja akan mengencangkan ataupun kejang untuk mengantisipasi penetrasi dari Mr P.

Diketahui Vaginismus bisa dipicu oleh berbagai macam hal seperti: ketakutan emosional, stres, dan kegelisahan saat hendak bercinta, sampai  kontraksi otot panggul yang tidak disengaja - khususnya kelompok otot pubococcygeus (PC), bisa juga memiliki penyebab fisik, termasuk bekas luka di miss V atau infeksi dan terkadang, tidak ada penyebabnya.

Namun satu yang pasti wanita yang mengalami vaginismus akan merasakan rasa sakit yang luar biasa selama usaha penetrasi, mungkin juga akan mengalami buang air kecil sakit setelahnya.

  1. Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual tertentu, seperti Chlamydia dan herpes, ternyata dapat menyebabkan hubungan seks dan rasa sakit yang menyakitkan setelah berhubungan seks.

Jika Anda memiliki Chlamydia, Anda juga akan merasakan berbagai macam hal seperti: keputihan yang tidak normal, sensasi terbakar, gatal-gatal, nyeri di vulva, perdarahan vagina yang tidak normal, dan menimbulkan rasa sakit selama dan setelah bercinta.

Seks yang menyakitkan juga bisa menjadi tanda adanya herpes karena luka dan lesi herpes dapat tumbuh di dalam Miss V atau di leher rahim.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu penyebab paling umum dari rasa sakit setelah bercinta dan jenis ISK yang tidak serius sangat mudah diobati dengan antibiotik.

Bahkan diluar sana ada lebih dari 50 % dari semua wanita akan memiliki setidaknya satu ISK dalam hidupnya. Diketahui bercinta dapat meningkatkan risiko ISK, karena bakteri dari daerah Miss V dapat memasuki uretra.

Gejala umum dari infeksi saluran kemih termasuk dorongan kuat untuk berkemih, terasa sakit atau terbakar saat Anda buang air kecil, timbul rasa sakit setelah Anda berhubungan seks.

  1. Miss V Kering

Tahukah Anda bahwa saat wanita terangsang maka tubuhnya akan secara alami melumasi bagian dalam Miss V untuk mempersiapkan penetrasi dari Mr P, sehingga terkadang fluktuasi hormonal bisa menyebabkan kekeringan pada Miss V sehingga bisa menyebabkan buang air kecil sakit setelah bercinta.

Namun, jangan khawatir karena hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan pelumas yang bisa Anda beli di apotek akan tetapi ada baiknya Anda menggunakan pelumas yang berbahan alami.

  1. Infeksi Ragi

Jika Anda memiliki infeksi jamur yang umum maka mungkin saja Miss V Anda akan merah dan meradang setelah berhubungan seks dan wanita juga bisa mengalami sensasi menyengat seperti vagina terbakar setelah Anda bercinta.

  1. Fibroid Uterine

Seks yang menyakitkan, serta ketidaknyamanan setelah berhubungan seks, juga mungkin akibat fibroid uterus yang merupakan pertumbuhan jinak yang berkembang di dalam rahim.

Gejala fibroid yang paling umum adalah perdarahan menstruasi yang tidak teratur. Wanita dengan fibroid mungkin mengalami perdarahan di antara periode menstruasi dan memiliki periode yang sangat berat. Selain itu berhubungan seks bisa tidak nyaman atau menyakitkan dengan fibroid jika fibroid yang terkena mendorong saraf yang mempengaruhi hubungan seksual.

  1. Gesekan Saat Bercinta

Beberapa wanita mungkin mengalami rasa sakit setelah berhubungan seks karena alasan fisik karena gesekan saat hubungan seks sehingga membuat jaringan Miss V teriritasi, sehingga wanita mungkin membutuhkan lebih banyak pelumasan saat bercinta.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan berbagai macam penjelasan mengenai buang air kecil sakit setelah bercinta, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut karena infeksi saluran kemih maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.