Selaput dara yang masih utuh pada wanita bisa dikatakan wanita tersebut masih perawan, sehingga banyak para pria yang mengidamkan untuk memiliki calon istri yang masih perawan, karena dianggap suci dan bisa menjaga harga diri.

Bahkan banyak budaya termasuk di Indonesia yang sangat mengedepankan kesucian keperawanan dengan menjaga keperawanan, oleh karena itu banyak wanita yang belum menikah untuk tetap perawan sampai ia menikah kelak.

Berbicara mengenai keperawanan pastinya sangat berhubungan dengan selaput dara (Hymen) adalah selaput tipis yang mengelilingi pembukaan pada Miss V dan selaput dara ada untuk melindungi lubang pada Miss V.

Apakah Penyebab Selaput Dara Bisa Robek?
Mungkin sebagian besar orang pasti sudah mengetahui bahwa selaput dara pada wanita bisa robek akibat penetrasi seksual saat pertama kali berhubungan badan.

Akan tetapi selaput dara bisa robek akibat kegiatan non seksual, seperti menggunakan tampon, masturbasi dengan jari maupun dengan seks toys, terjatuh, sampai olahraga berat. Perlu Anda ketahui juga bahwa pada anak-anak dan remaja, selaput dara yang robek dapat pulih dengan cepat, akan tetapi lain halnya dengan orang dewasa.

Bagaimana Ciri-Ciri Selaput Dara yang Masih Utuh?

Selaput dara yang masih utuh pastinya memiliki ciri-ciri yang masih bagus dan sempurna, untuk mengetahui bentuk selaput dara yang utuh bisa dilihat dengan mata telanjang dengan cara langsung dan biasanya pada gadis yang masih perawan Miss V akan terlihat masih rapat dan jika pada wanita yang sudah tidak perawan akan terlihat longgaran pada Miss V dan bibir Miss V.

Biasanya juga pada wanita yang masih memiliki selaput dara yang robek ketika malam pertama melakukan hubungan badan dengan suaminya maka sang suami akan merasa kesulitan saat melakukan penetrasi.

Dan pada umumnya selaput dara yang masih utuh bisa mengeluarkan darah saat pertama kali berhubungan badan, akan tetapi hal tersebut sangat dipengaruhi oleh bentuk selaput dara yang dimilikinya.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa jika mencoba tes dengan melihat selaput dara secara langsung belum menjamin wanita tersebut masih perawan, karena pada dasarnya ketebalan selaput dara pada setiap wanita itu berbeda-beda.

Macam-Macam Bentuk Selaput Dara Pada Wanita:



1. Selaput Dara Bentuk Imperforata
Selaput dara bentuk imperforata adalah membran tipis yang benar-benar meliputi pembukaan ke Miss V sehingga darah menstruasi tidak dapat mengalir keluar dari Miss V, dan solusinya adalah dengan melakukan operasi.

Hal ini biasanya menyebabkan darah untuk kembali ke dalam Miss V sehingga sering berkembang menjadi sebuah massa perut atau nyeri punggung. Beberapa remaja juga mungkin memiliki rasa sakit saat buang air besar dan kesulitan buang air.

2. Selaput Dara Bentuk Microperforate
Selaput dara bentuk microperforate adalah membran tipis yang hampir benar-benar meliputi pembukaan ke Miss V wanita dan darah haid biasanya dapat mengalir keluar dari Miss V akan tetapi pembukaannya sangat kecil.

Seorang remaja dengan selaput dara microperforate biasanya tidak akan dapat memasukkan tampon ke dalam Miss V dan mungkin tidak menyadari bahwa ia memiliki pembukaan di Miss V yang sangat kecil.

3. Selaput Dara Bentuk Septate
Selaput dara bentuk septate adalah membran Hymen tipis yang memiliki pita dari jaringan ekstra di tengah yang menyebabkan terdapat dua lubang Miss V kecil.

4. Selaput Dara Bentuk Annular
Selaput dara bentuk annular adalah selaput dara sempurna dan normal karena bentuknya bulat penuh seperti cincin dan bentuk yang paling sering ditemukan pada wanita.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai selaput dara wanita dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah.