Kulup panjang adalah penutup yang dapat ditarik di ujung organ reproduksi pria yaitu pada penis. Masalah kulup panjang harus segera diatasi sebelum menimbulkan infeksi. Secara medis disebut dengan kondisi phimosis. Sebagian besar pria mampu menarik kembali kulup pada usianya 10 tahun hingga 19 tahun. Jika tidak dapat menarik kembali kulup maka dapat menyebabka kekhawatiran.

Kulup Panjang Pada Pria

Kulup adalah lipatan berlapis ganda dari jaringan otot polos, pembuluh darah,neuron, kulit dan selaput lendir bagian dari penis yang menutupi dan melindungi glans (kepala) penis dan meatus kemih. Ini digambarkan sebagai preputium. Kulup panjang bersifat cukup elastis dan sebagai pelumas yang alami.
 
Kulit khatan atau kulup panjang pada orang dewasa biasanya bisa ditarik ke atas kelenjar. Cakupan kelenjar dalam keadaan lembek dan tegak bervariasi tergantung pada panjang kulup. Kulup panjang melekat pada kelenjar saat lahir dan umumnya tidak bisa ditarik saat masih bayi. Ketidakmampuan untuk menarik kembali kulup dimasa anak-anak bukan berarti masalah kulup panjang.
 
Fungsi yang tepat dari kulup yang adalah dengan menjaga kelenjar agar tetap lembab, melindungi penis berkembang di dalam rahim atau meningkatkan kenikmatan seksual karena adanya reseptor saraf. Kulit khatan atau kulup panjang dapat mengalami sejumlah kondisi patologis. Sebagian besar kondisi jarang terjadi dan mudah diobati. Dalam beberapa kasusm terutama dengan kondisi kronis, pengobatan kemungkinan termasuk penyunatan, prosedur dimana kulup dapat dihilangkan untuk menghindari masalah kulup panjang.

Sebab Kulup Panjang Harus Diatasi


Sebab terjadinya masalah kulup panjang adalah terjadinya infeksi sehingga mengharuskan dilakukan penyunatan. Keropeng kekuningan yang kemungkinan terbentuk pada kelenjar dimana adhesi dihilangkan atau melukai tepi potongan pada infeksi. Risiko infeksi aktual akan meningkat dan kemungkinan besar disebabkan oleh adanya benda asing di area pembedahan. Ketika infeksinya terjadi, maka harus segera diobati. Karena pada bayi yang baru lahir relatif immunocompromised, karena infeksi pada usia bayi dapat menjadi masalah pada kulup yang serius.

Baca Juga : Sunat Apakah Cara Ampuh Atasi Penyakit Kulup Panjang?

 

Beberapa Masalah Kulup Panjang Pada Pria

Masalah atau tanda-tanda gejala klinis secara umum pada kulup yang tidak dapat ditarik kembalik sebagai berikut:
 
• Kemerahan.
• Rasa sakit.
• Pembengkakan.
• Terasa gatal.
• Kurangnya sensasi.
 
Ini juga dapat menyebabkan retensi semen yang tebal di kulit khatan yang menyebabkan infeksi. Kondisi ini dikenal dengan balanopothitis.

Bagaimana Kulup Panjang Didiagnosis?


Karena kulup panjang menempel pada glans (kepala) penis atau permukaan bagian dalam. Salah satu tekhnik yang dapat membantu mencegah masalah ini adalah dengan memastikan kulup pada awalnya ditarik dan ditempatkan di tepi kulit khatan dengan benar. Kulit khatan kemungkinan sejajar dengan tepi kulit dan permukaan mukosa yang bertemu di ujung kelenjar atau permukana mukosa dapat terletak dengan baik. Jika sunat adalah cara terbaik, kemungkian sangat direkomendasikan untuk beberapa masalah dalam hal kulup panjang.

Penanganan Tepat Untuk Setiap Masalah Kulup Panjang


Kulit khatan yang ketat dapat dilepaskan dengan benar. Metode lain adalah dengan meregangkan kulit khatan secara konsisten saat penis lembek. Prosedur ini bisa sangat melepaskan kulup yang ketat. Jika semua tindakan gagal. Pelepasan kulup bisa dengan cara pembedahan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk lebih jelas mengenai kondisi Anda.

Hanya dengan mengkonsultasikannya dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan beberapa pengobatan untuk menangani masalah Anda. Jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan pengobatan. Lebih cepat dilakukan maka kondisinya bisa lebih cepat ditangani dan disembuhkan. Untuk biaya juga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Karena di Klinik Utama Gracia ini sangat terjangkau. Tidak akan kalah dengan melakukan pengobatan di klinik lain. Untuk kontak klinik kami di 081336361555 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Awas, Kulup Tidak Disunat Bisa Sebabkan 5 Penyakit Ini

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.