Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak tepat dibawah kandung kemih. Pria dengan prostat bengkak apa masih bisa diatasi? Prostat ini mengelilingi uretra yaitu tabung yang membawa urine dari kandung kemih keluar dari tubuh. Prostat memainkan peran penting dalam sistem reproduksi pria dengan membantu menyehatkan sperma dan mengarahkannya dari testis ketika seorang pria mengalami ejakulasi.

Prostat bengkak mengacu pada keadaan dimana prostat membesar akan tetapi tidak bersifat kanker. Perubahan hormon dan pertumbuhan sel yang dihasilkan dari proses penuaan dapat menyebabkan prostat membengkak dan sering menimpa dan menekan uretra. Ini dapat menyebabkan dinding kandung kemih menjadi lebih tebal dan dapat mencegah kandung kemih kosong sepenuhnya.

Prostat Pada Pria Adalah

Prostat adalah kelenjar kecil yang membungkus di sekitar uretra yaitu saluran keluarnya urine. Prostat adalah bagian dari sistem reproduksi pria. Salah 1 fungsi utamanya bersama dengan organ lain adalah menambahkan cairan ke air manid. Dan ini adalah cairan yang membawa sperma. Kelenjar prostat muncul dari kecil dan memiliki 2 fase utama dalam pertumbuhannya.
 
Ukurannya berlipat ganda selama masa remaja, kemudian terus tumbuh lagi setelah berusia 25 tahun selama hidupnya. Prostat yang diperbesar secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit Benigh Prostatic Hyperplasia (BPH). Pembesaran prostat ini dapat menekan uretra dan membatasi aliran urine dari kandung kemih dan ini mengarah pada masalah seperti sering kencing, kesulitan dalam berkemih, kebocotan kemih dan infeksi saluran kemih (ISK).

Apa Penyebab Umum Prostat Bengkak?


Sangat normal bagi prostat untuk tumbuh selama pubertas. Usia 25 tahun, prostat mulai tumbuh sangat lambat. Pertumbuhan prostat tidak sama untuk setiap orang. Dan pada beberapa orang, tumbuh lebih banyak daripada yang lainnya. Perubahan yang terjadi dengan hormon seks pria sebagai bagian dari proses penuaan tampaknya memainkan peran dalam pembesaran prostat. Hormon androgen seperti hormon testosteron mempengaruhi pertumbuhan prostat.

Prostat mengubah hormon testosteron menjadi dihidrotestosteron, hormon androgen kuat lainnya dan merangsang pertumbuhan sel dalam jaringan yang melapisi kelenjar prostat. Ini adalah penyebab utama pembesaran prostat dan biasanya terjadi antara saat pubertas dan dewasa. Kemunculan hormon estrogen pada pria juga dapat memainkan peran dalam pembesaran prostat. Ketika pria menua dan kadar hormon testosteron turun, proporsi hormon estrogen meningkat dan dapat memicu pertumbuhan prostat.

Baca Juga : Mengapa Seorang Pria Alami Prostat Membesar?

 

Beberapa Gejala Pria Dengan Prostat Bengkak

Ketika postat bengkak, maka dapat memblokir uretra dan merusak fungsi kandung kemih. Gejala yang dapat mengindikasi hal ini terjadi meliputi:
 
• Kencing beberapa kali dalam 1 hari dan tidak dapat menahan kencing.
• Masalah memulai aliran urine atau aliran lemah dan terganggu diikuti seperti kencing mendesak.
• Berkurangnya volume ejakulasi.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Prostat Yang Membengkak?


Langkah pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik standar yang sering melibatkan analisis urine dan pemeriksaan dubur secara digital dengan memasukkan jari ke dalam dubur. Untuk menilai ukuran dan kontur prostat dan menentukan adanya nodul yang kemungkinan menunjukkan adanya kanker prostat.

Dokter juga dapat menilai rasa nyeri yang dapat ditemukan ketika prostat meradang. Tes atau pengujian dapat dilakukan untuk menilai kekuatan aliran urine atau untuk memeriksa sisa urine di kandung kemih. Dokter dalam merekomendasikan beberapa tes atau pengujian untuk membuat diagnosis yang akurat.

Dapat mencakup tes atau pengujian darah PSA (prostate spesific antigen), tes atau pengujian urodinamik (menilai kinerja kandung kemih), sistoskopi (memasukkan lingkup ke dalam kadnung kemih) dan USG transrektal (gelombang suara melalui dinding rektum untuk mendapatkan gambar dari prostat).

Cara Mengatasi Kondisi Pria Dengan Prostat Membengkak


Pengobatan untuk prostat bengkak akan tergantung pada kondisi yang menyebabkan prostat bengkak. Tidak ada pengobatan terbaik untuk penderitanya dan ada sejumlah opsi pengobatan yang tersedia. Diantaranya dengan perubahan gaya hidup dan yang melibatkan operasi. Pengobatan untuk prostat bengkak dapat melibatkan:

• Perubahan Gaya Hidup
Membatasi mengkonsumsi cairan di malam hari, menghindari kafein dan alkohol, menghindari obat-obatan dan berolahraga lebih banyak serta perbaikan pola makan seperti makan makanan yang lebih banyak mengandung serat, menghindari pemanis buatan dan pemanis minuman.

• Obat-Obatan
Obat-obatan yang dapat mempengaruhi pada kondisi ini.

• Intervensi
Perangkat eksklusif non bedah yang menggunakan implan kecil untuk mengangkat prostat menjauh dari uretra dan dengan demikian meringankan gejala prostat bengkak yang dihailkan dari tekanan pada uretra.

• Prosedur Bedah
Pengangkatan prostat, termoterapi microwave transurethral, laser prostat dan transurethral resection of the prostate.

Pengobatan ini bisa Anda lakukan di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani permasalahan prostat pada pria. Ditangani oleh dokter ahli yang berpengalaman serta dibantu dengan peralatan medis canggih serta modern. Namun biaya pengobatan sangat terjangkau. Segera hubungi kami di 081336361555 atau konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Penanganan Pembesaran Prostat Pada Pria

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.