Penyakit kulup panjang apakah memerlukan pengobatan? Kulup panjang adalah kulit longgar yang menutupi dan melindungi ujung penis. Kulup panjang dan penis pada bayi atau anak tidak membutuhkan pengobatan khusus. Kulup panjang seorang anak tidak boleh ditarik kembali dengan paksa.

Apakah penyakit kulup panjang bisa diatasi dengan sunat? Sunat adalah operasi untuk menghilangkan kulup. Tidak ada alasan medis untuk penyunatan pada pria secara rutin. Untuk informasi lebih lanjut bisa segera menghubungi Klinik Utama Gracia untuk melakukan langkah lebih lanjut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Kulup Panjang?

Penyakit kulup panjang adalah sarung kulit yang menutupi kepala (glans) penis. Saat lahir, kulup panjang sepenuhnya melekat pada penis. Dan pada waktunya kulup terpisah dan dapat ditarik kembali. Ini biasanya dapat dilakukan pada usia sekitar 2 tahun. Terkadang kulup terpisah dan terkadang kulup tidak terpisah secara merata dan tetap menempel pada kelenjar. Keterikatan ini bisa sampai pubertas.

Apa Yang Menyebabkan Penyakit Kulup Panjang Dan Memerah?


Terkadang ujung kulup memerah. Ini menunjukkan penis teriritasi dan kulup melindungi kepala (glans) sensitif penis dan lubang di penis tempat urine keluar. Pada anak-anak yang memiliki ruam kemungkinan dari popoknya. Dan ketika bakteri bereaksi maka dapat menghasilkan amonia yang membakar kulit dan menyebabkan ruam. Cara untuk mencegah kulup dan ruam memerah dapat meliputi :

• Dengan mengganti popok lebih sering.
• Memberikan waktu bebas popok untuk udara bersirkulasi dan membantu penyembuhan.
• Berendam di pemandian air hangat.
• Menghindari hal-hal yang dapat mengiritasi kulit (mandi busa, sabun, air yang mengandung klor dan beberapa serbuk cucian).
• Usahakan meminum lebih banyak cairan.

Jika kulup penis berwarna merah, terasa nyeri dan bengkak kemungkinan adanya infeksi dan harus segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Baca Juga : Awas, Kulup Tidak Disunat Bisa Sebabkan 5 Penyakit Ini

Masalah-Masalah Kulup Panjang Pada Pria

Kondisi yang dapat mempengaruhi penyakit kulup panjang termasuk :
 
• Peradangan
 
Kulup sakit dan merah penyebab umumnya termasuk mencabut dengan paksa, iritasi seperti mandi busa atau popok kotor.
 
• Infeksi
 
Paling umum termasuk posthitis dan balanitis. Posthitis adalah infeksi kulup dan biasanya disebabkan oleh jamur yang tumbuh dalam kondisi panas dan lembab. Balanitis adalah infeksi pada kulup dan kelenjar dan biasanya disebabkan oleh kebersigan yang buruk. Smegma mendorong pertumbuhan kuman penyebab infeksi.
 
• Infeksi Kronis
 
Untuk beberapa pria, posthitis atau balanitis cenderung kambuh. Komplikasi infeksi kronis adalah jaringan parut yang dapat menempel pada kulup pada kelenjar dan membuat retraksi menjadi tidak mungkin. Infeksi kronis pada penis dan kulup juga meningkatkan risiko infeksi menular seksual (IMS). Infeksi ginjal yang berulang dapat mempengaruhi fungsi ginjal.
 
• Phimosis
 
Kulup panjang ketat tidak normal yang membuat tidak bisa ditarik. Ini dapat menyebabkan balanitis berulang karena kebersihan yang baik sulit. Ereksi dapat menyebabkan kulup membelah dan berdarah. Kulup yang kencang juga dapat menghalangi kencing dalam beberapa kasus, kulup terisi dengan urine.
 
• Paraphimosis
 
Kulup yang ditarik secara permanen. Kulit kulup berkumpul seperti karet gelang ketat di sekitar penis dan menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit.
 
• Tumor
 
Pertumbuhan abnormal (tidak normal) berkembang di kulup. Dalam beberapa kasus tumornya bersifat kanker. Kanker penis sangat jarang trejaid pada pria yang telah disunat.
 
• Trauma Ritsleting
 
Kulup atau bagian lain dari alat kelamin biasanya skrotum terperangkap dalam ritsleting. Mengenakan celana dalam adalah pencegahan terbaik.

Haruskan Kulup Panjang Didiagnosis?


Tes atau pengujian yang digunakan untuk mendiagnosis masalah atau penyakit kulup panjang meliputi :

• Riwayat kesehatan.
• Pemeriksaan fisik.
• Tes atau pengujian swab (untuk memeriksa infeksi).

Menangani Kulup Panjang Seorang Pria Dengan Benar


Pengobatan penyakit kulup panjang tergantung pada kondisinya akan tetapi kemungkinan termasuk :

• Dengan menghindari iritasi lotion mandi busa atau sabun yang keras. Cuci dengan lembut dibawah kulup.

• Dokter meresepkan pengobatan antijamur atau antiinflamasi, antibiotik oral dan obat-obatan penghilang rasa sakit. Biasanya dengan berendam air hangat untuk menghilangkan rasa sakit atau sulit kencing (disuria). Dalam kasus yang parah, pengobatan antibiotik intravena sangat diperlukan.

• Dokter juga kemungkinan merekomendasikan sunat sebagai solusi permanen.

• Dokter menyarankan untuk meregangkan kulup dengan menariknya secara teratur seperti saat mandi dan setiap kali saat kencing. Proses peregangan kemungkinan memakan waktu beberapa minggu. Pengobatan secara teratur juga dapat membantu. Jika kulup tetap kencang maka harus disunat.

• Menggulung kulup secara manual diatas kelenjar kemungkinan melibatkan pengaplikasian anestesi dan kompresi kepala (glans) penis untuk mengurangi pembengkakan.

• Pengobatan untuk tumor dengan operasi pengangkatan. Pengobatan kanker kemungkinan termasuk kemoterapi atau radioterapi.

Pengobatan-pengobatan ini hanya ada di Klinik Utama Gracia. Pengobatan yang sudah terbukti aman dan terpercaya. Klinik Utama Gracia sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Biaya pengobatan yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau. Percayakan pengobatan Anda hanya di Klinik Utama Gracia. Hubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan menghubungi layanan online kami dibawah ini.

Baca Juga : Risiko Memiliki Kulup Panjang Bagi Pria


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.