Prostat membesar adalah pembesaran kelenjar prostat yang umum dan tidak bersifat kanker. Sebagian pria berusia diatas 50 tahun mengalami gejala pembesaran prostat, akan tetapi hanya sedikit yang memerlukan perlakukan medis atau pembedahan. Prostat adalah organ kecil yang terletak dibawah kandung kemih (tempat urine disimpan) dan mengelilingi uretra (tabung yang membawa urine dari kandung kemih). Prostat membuat cairan yang membantu menyehatkan sperma sebagai bagian dari air mani (cairan ejakulasi).

Fakta Mengenai Pembesaran Prostat

Prostat membesar yaitu organ kecil yang terletak dibawah kandung kemih dan dekat rektum atau bagian belakang pada pria ini adalah kondisi yang sangat umum. Prostat mengelilingi uretra atau tabung yang membawa urine dari kandung kemih melalui penis. Prostat terus tuimbuh seiring bertambahnya usia pria dan kebanyakan pada usia sekitar 50 tahun.
 
Prostat membesar dapat menekan uretra dan pangkal kandung kemih. Meningkatnya tekanan dari prostat mempersulit urine melewati uretra saat kencing. Prostat yang membesar biasanya tidak mengancam jiwa, akan tetapi gejalanya menyusahkan dan secara siginifikan mempengaruhi kehidupan seorang pria.

Apa Penyebab Utama Prostat Membesar?


Penyebab prostat membesar tidak sepenuhnya dipahami akan tetapi dianggap terkait dengan hormon seksual seorang pria (hormon testosteros) yang mengontrol pertumbuhan prostat. Prostat awalnya cukup kecil akan tetapi seiring bertambahnya usia seorang pria, hormon testosteros mulai bertambah besar.

Dari bayi hingga remaja, ukuran prostat bertambah sekitar 8 kali. Ini berlipat ganda dalam ukuran dari awal usia 20 tahun hingga 50 tahun dan 2 kali lipat saat berusia 80 tahun. Peningkatan ukuran yang begitu besar, sangat mudah untuk melihat prostat dapat memeras uretra dan membuat sulit kencing. Kemungkinan ada hubungan genetik dengan pembesaran prostat karena anak laki-laki dengan pembesaran prostat kemungkinan mengembangkan penyakit prostat.

Baca Juga : Penanganan Pembesaran Prostat Pada Pria

 

Tanda Dan Gejala Pada Pembesaran Prostat

Tidak semua pria dengan prostat membesar memiliki gejala. Akan tetapi ketika gejalanya terjadi, seseorang yang berhubungan dengan prostat dan menghalangi aliran urine melalui uretra dapat menyebabkan masalah seperti:
 
• Kesulitan dalam memulai atau menghentikan kencing.
• Inkontinensia urine.
• Aliran urine yang lemah.
• Kebutuhan yang sering dan mendesak untuk kencing terutama di malam hari (nocturia).
• Adanya darah di dalam urine (hematuria).
• Terasa nyeri di area antara skrotum dan anus.
• Merasa bahwa kandung kemih tidak bisa kosong meskipun telah kencing.
 
Meskipun gejala-gejala ini biasanya disebabkan oleh pembesaran prostat, kemungkinan juga disebabkan oleh kondisi serius lainnya (seperti kanker prostat atau kandung kemih). Konsultasikan dan lakukan pemeriksaan dengan dokter jika melihat adanya perubahan dalam cara kencing atau seberapa seringnya kencing.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Prostat Yang Membesar?


Dokter mengambil langkah-langkah untuk mendiagnosis penyebab gejala kemih seperti:

• Menanyakan mengenai riwayat medis.
• Menggambarkan gejala-gejala dan seberapa besar mengganggu.
• Lakukan pe,eriksaan fisik dan biasanya akan mencakup pemeriksaan ukuran, bentuk dan rasa prostat dengan menempatkan jari bersarung tangan yang dilumasi ke dalam rektum (saluran belakang).
• Tes atau pengujian urine atau darah dapat memeriksa kadar protein tertentu. Kadar prorein ini dapat menjadi tinggi karena masalah prostat seperti pembesaran prostat atau kanker prostat.
• Pemeriksaan ultrasonografi pada prostat, kandung kemih dan ginjal. Ini kemungkinan termasuk pemindaian sebelum atau sedudah mengosongkan kandung kemih untuk melihat urine signifikantetap setelah berkemih.

Penanganan Ampuh Pada Pria Dengan Prostat Membesar


Ada sejumlah pengobatan yang tersedia untuk pembesaran prostat. Pengobatan yang paling cocok dapat tergantung pada seberapa parah gejalanya.

• Pengobatan tidak diperlukan jika gejalanya tidak mengganggu.
• Pengobatan untuk memperbaiki gejala dalam beberapa minggu agar lebih mudah untuk kencing.
• Pengobatan untuk mengecilkan prostat dan membutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk memperbaiki gejala dan dikombinasikan dengan obat-obatan.
• Pembedahan dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan bagian dari prostat atau untuk mengurangi tekanan pada uretra. Ada beberapa jenis operasi yang berbeda dalam cara melakukan pengobatan, waktu pemulihan dan kemungkinan efek samping.

Pengobatan atau prosedur bedah apapun dapat memiliki efek samping. Konsultasikan dengan dokter mengenai kelebihan dan kekurangan dari setiap pengobatan untuk memastikan pilihan pengobatan terbaik yang akan diberikan oleh dokter. Pengobatan ini hanya ada di Klinik Utama Gracia. Klinik khusus penyakit kelamin terbaik yang ada di Jakarta Indonesia. Hubungi kami di 081336361555 atau layanan dibawah ini.

Baca Juga : Penyebab Umum Peradangan Prostat Pada Pria

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.