Prostat di usia muda adalah peradangan pada jaringan prostat. Penyebab peradangan bisa dari infeksi atau masalah kesehatan lainnya. Kelenjar prostat adalah organ reproduksi pria yang kecil dan ditemukan di pangkal kandung kemih. Cairan yang diproduksi oleh kelenjar untuk membantu melindungi dan memberi makan sperma dan berasal dari besikula seminalis melalui saluran ejakualsi ke dalam uretra.

Prostat di usia muda mengalami 2 pertumbuhan. Didorong oleh hormon seks yang dibuat oleh testis selama masa pubertas. Mendorong kelenjar untuk mencapai berat rata-rata pada usia dewasa. Percepatan pertumbuhan kedua kelenjar prostat muncul ketika pria berusia 30 tahun. Prostat terus membesar pada usia 70 tahun.

Prostat Itu Apa?

Prostat di usia muda adalah radang kelenjar prostat dan terkadang area di sekitarnya dan bukan kanker. Pria yang memiliki kelenjar prostat. Kelenjarnya membungkus di sekitar uretra atau tabung yang membawa urine keluar dari tubuh. Prostat membuat cairan bagian dari semen. Pada kebanyakan pria mengalami perubahan urine seiring bertambahnya usia yang kemungkinan disebabkan oleh peradangan atau pembesaran kelenjar prostat. Namun kelenjar prostat yang membesar tidak selalu menyebabkan masalah kemih. Gejala saluran kemih yang sulit merupakan gejala kanker prostat.

Penyebab Prostat Di Usia Muda Adalah


Prostat di usia muda paling sering disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini menyebar atau menular dari dubur atau dari urine yang terinfeksi. Prostat tidak menular dan tidak dapat ditularkan karena ini bukan penyakit kelamin. Akan tetapi ini bisa diakibatkan oleh beberapa infeksi menular seksual (IMS). Untuk mengetahui lebih jelas penyebabnya segera lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan.

Baca Juga : Prostatitis Adalah Pembengkakan Prostat

 

Tanda-Tanda Prostat Di Usia Muda

Ini adalah tanda-tanda prostat di usia muda yang paling umum, meliputi:
 
• Perlu sering kencing.
• Terasa terbakar atau menyengat saat kencing.
• Nyeri saat kencing.
• Urine yang keluar sedikit saat kencing.
• Terasa nyeri atau tekanan dubur.
• Demam dan menggigil (infeksi akut).
• Nyeri di punggung bagian bawah atau panggul (pelvic).
• Debit melalui uretra saat buang air besar (BAB).
• Disfungsi ereksi atau hilangnya dorongan seksual.
• Sensasi berdenyut di area dubur atau genital.
 
Gejala prostat di usia muda kemungkinan terlihat seperti kondisi atau masalah kesehatan lainnya. Lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk melakukan diagnosis.

Bagaimana Mendiagnosis Prostat Pada Pria?


Dokter akan meninjau riwayat kesehatan dan riwayat seksual. Selain itu juga melakukan pemeriksaan fisik, tes atau pengujian lain kemungkinan termasuk:

• Kultur Urine
Tes atau pengujian ini untuk mengumpulkan cairan prostat dan urine. Selain itu juga dilakukan pemeriksana sel darah putih dan bakteri.

• Tes atau Pengujian Dubur Secara Digital
Dokter menenpatkan jari bersarung ke dalam dubur untuk memeriksa bagian prostat di sebelah dubur dan dilakukan untuk mencari pembengkakan atau kelembutan.

• Pijat Prostat
Dokter memijat kelenjar prostat untuk mengalirkan cairan ke dalam uretra. Cairan ini kemudian dilakukan pemeriksaan dibawah mikroskop untuk mencari peradangan atau infeksi. Tes atau pengujian ini sering dilakukan selama tes atau pengujian dubur digital.

• Pemeriksaan Semen
Sampel air mani dilakukan tes atau pengujian di laboratorium untuk mengetahui bakteri dan sel darah putih.

• Sistoskopi
Tabung yang flesibel dimasukkan ke dalam penis dan melalui uretra. Dengan menggunakan perangkat untuk melihat kandung kemih dan saluran kemih untuk perubahan dan penyumbatan struktur.

• Ultrasonografi Transrektal
Transduser dimasukkan ke dalam rektum di sebelah prostat untuk menunjukkan gambar prostat.

• CT Scan
Tes atau pengujian yang menggunakan sinar X untuk membuat gambar tubuh yang detail. CT Scan menunjukkan detail tulang, otot, lemak dan organ.

Cara Menangani Pria Penderita Prostat


Pengobatan akan tergangung pada gejala, usia dan kesehatan secara umum. Ini juga akan tergantung pada beberapa yang parah kondisinya. Pengobatan tergantung pada jenis prostat yang dimiliki.

• Prostat Kronis
Pengobatan antibiotik oral hingga infeksi dapat disingkirkan tergantung pada gejalanya.

• Prostat Bakteri Kronis
Pengobatan seringkali dengan antibiotik selama 4 minggu hingga 12 minggu. Jenis prostat ini sulit diobati dan infeksinya kemungkinan kambuh kembali. Jika pengobatan antibiotik tidak bekerja dalam 4 minggu hingga 12 minggu, maka harus melakukan pengobatan antibiotik dengan dosis rendah untuk sementara waktu. Dalam kasus yang jarang terjadi, kemungkinan memerlukan pembedahan untuk mengangkat sebgaian atau seluruh prostat. Ini dapat dilakukan jika kesulitan mengosongkan kandung kemih.

• Prostat Bakteri Akut
Untuk jenis prostat ini memerlukan pengobatan antibiotik selama 2 minggu hingga 4 minggu. Pengobatan harus dilakukan hingga selesai walaupun tidak memiliki gejala. Ini untuk menghentikan pertumbuhan bakteri yang kebal pengobatan antibiotik. Selain itu juga membutuhkan pengobatan pereda nyeri. Dan mengkonsumsi banyak cairan.

Selalu lakukan konsultasi dengan dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai prostat ini. Pengobatan prostat ini bisa dilakukan di Klinik Utama Gracia. Pengobatan yang dilakukan sangat aman terpercaya. Tidak diragukan lagi saat melakukan pengoabtan di Klinik Utama Gracia. Segera hubungi kami di kontak nomor 081336361555 atau dibawah ini.

Baca Juga : Penyebab Umum Peradangan Prostat Pada Pria

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.