Ejakulasi dini beberapa menit terjadi ketika air mani dikeluarkan dari penis selama hubungan seksual. Pada kebanyakan pria mengalami ejakulasi dalam beberapa menit setelah adanya dorongan hubungan seksual. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria melepaskan air maninya lebih cepat selama hubungan seksual dari yang diinginkan dan pasangannya inginkan. Ini adalah kondisi umum yang jarang disebabkan oleh masalah fisik.

Apa Yang Dimaksud Dengan Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini beberapa menit terjadi ketika seorang pria mencapai orgasme dan berejakulasi terlalu cepat tanpa kontrol. Ejakulasi terjadi sebelum seorang pria menginginkannya terjadi. Kemungkinan terjadi sebelum atau setelah foreplay atau hubungan seksual. Beberapa pria mengalami banyak kesulitan karena kondisi ini.
 
Sebanyak 1 pria dari 5 pria mengalami kesulitan dengan ejakulasi dini atau tidak terkontrol di beberapa titik dalam hidupnya. Ketika ejakulasi dini terjadi begitu sering sehingga mengganggu kesenangan seksual pria atau pasangannya bisa menjadi masalah medis. Beberapa faktor yang dapat berkontribusi pada ejakulasi dini seperti masalah psikologis yaitu stress, depresi dan yang lainnya.
 
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesehatan mental dan emosional dapat memperburuk kondisi ini. Faktor biologis dapat membuat beberapa pria lebih rentan mengalami ejakulasi dini. Ejakulasi dini dapat disebabkan oleh masalah fisik tertentu seperti radang kelenjar prostat atau masalah sumsum tulang belakang.

Apa Penyebab Ejakulasi Dini?


1. Penyebab Psikologis
• Kurangnya daya tarik bagi pasangan.
• Kebiasaan masturbasi tertentu.
• Peristiwa traumatis seperti sedang masturbasi atau sedang hubungan seks terlarang atau mengetahui pasangannya berselingkuh.
• Faktor seperti marah terhadap pasangan atau emosi lainnya.

2. Penyebab Fisik
• Tersumbatnya saluran yang dilewati.
• Penggunaan obat-obatan tertentu.
• Gangguan sistem saraf seperti stroke atau kerusakan saraf pada sumsum tulang belakang atau punggung.

Baca Juga : Apa Saja Penyebab Ejakulasi Dini Di Usia Muda?

 

Gejala Ejakulasi Dini Beberapa Menit

Gejala utama ejakulasi dini beberapa menit meliputi:
 
• Ejakulasi yang secara rutin terjadi dengan sedikit rangsangan seksual dengan sedikit kontrol.
• Berkurangnya kenikmatan seksual karena kontrol yang bruusk terhadap ejakulasi.
• Perasaan bersalah, malu atau frustasi.

Ejakulasi Dini Dan Cara Mendiagnosisnya


Ejakulasi dini didiagnosis berdasarkan gejala khasnya. Untuk memahami masalahnya segera lakukan konsultasi dengan dokter mengenai riwayat seksual untuk membantu mengatasi masalah yang Anda hadapi. Jika riwayat seksual gagal dalam mendiagnosis faktor mental atau faktor emosional yang signifikan pada ejakulasi dini. Dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan seperti memeriksa prostat atau melakukan tes atau pengujian neurologis (tes sistem saraf) untuk menentukan adanya masalah fisik yang dapat menyebankan ejakulasi dini.

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Beberapa Menit


Pengobatan didasarkan pada penyebab kondisinya. Terkadang konsultasi dapat membantu memperbaiki kondisi ini. Jika obat-obatan dianggap sebagai penyebab masalah, maka konsultasikan dengan dokter. Latihan dan relaksasi juga bisa membantu menangani masalah ini. Beberapa pria mencoba mengalihkan perhatiannya dengan memikirkan pikiran non seksual untuk menghindari ejakulasi dini beberapa menit.

Penggunaan kondom juga dapat menunda ejakulasi untuk beberapa pria. Teknik-teknik lain juga dapat membantu seperti tidak melakukan rangsangan pada pria secara seksual sampai mencapai orgasme (ejakulasi). Usahakan hentikan stimulasi selama 30 menit. Ulangi terus teknik ini. Atau dengan teknik seperti merangsang seorang pria secara seksual sampai terasa ingin berejakulasi. Lalu ulangi terus teknik ini dengan stimulasi-stimulasi lain.

Adapun pengobatan lain atau terapi lain. Anda bisa menemukannya di Klinik Utama Gracia. Ada banyak tindakan untuk bisa mengobati masalah ejakulasi dini pada pria. Segera hubungi kami di kontak nomor 081336361555 atau bisa juga dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu seperti dengan layanan konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Atasi Gejala Ejakulasi Dini Dan Penanganannya

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.