Penyebab ejakulasi dini di usia muda adalah ejakulasi yang terjadi lebih awal dari yang diinginkan sehingga dapat menyebabkan kesusahan pada salah satu atau kedua pasangan seksual. Kesulitan untuk menentukan jangka waktu, seorang pria dapat melakukan hubungan seksual tanpa orgasme, akan tetapi yang mengalami ejakulasi dini cenderung berejakulasi dalam kurang dari 1 menit penetrasi. Terkadang bahkan sebelum penetrasi. Rata-rata pria normal berejakulasi dini 5 menit hingga 7 menit. Ejakulasi dini adalah salah satu gangguan seksual pria yang paling umum dan mempengaruhi sebagian pria dan bisa terjadi se umur hidup.

Ejakulasi Dini Pada Pria

Ejakulasi dini adalah ketika seorang pria berejakulasi lebih cepat dari yang diinginkan atau pasangan seksualnya inginkan. Biasanya terjadi sebelum atau dalam waktu sekitar 1 menit penetrasi vagina. Karena terlalu memikirkan sesuatu yang merangsang secara seksual dapat memicu ejakulasi dan terkadang terjadi sebelum stimulasi langsung pada penis. Jika ejakulasi terjadi lebih cepat dari yang diinginkan pria dan pasangannya serta menyebabkan tekanan, gangguan, frustasi atau penghindaran keintiman seksual maka dianggap ejakulasi prematur.

Penyebab Ejakulasi Dini Di Usia Muda Secara Umum


Meskipun tidak ada difinisi penyebab ejakulasi dini di usia muda, biasanya dianggap prematur jika terjadi dalam 2 menit hubungan seksual atau jika seorang pria tidak dapat mengendalikan ejakulasi. Ejakulasi dini dapat disebabkan oleh stress, kecemasan terkait kinerja dan masalah hubungan lainnya. Ini juga dapat disebabkan oleh hipersensitivitas kulit penis.

Baca Juga : Atasi Gejala Ejakulasi Dini Dan Penanganannya

 

Tanda Dan Gejala Ejakulasi Dini Pada Pria

Tanda paling jelas dari ejakulasi dini adalah masalah pribadi yang kemungkinan tidak diperhatikan. Tanda dan gejala lain dari ejakulasi dini adalah kesusahan mengenai masalah dan bahkan keengganan seksual pada beberapa orang. Ketika masalah tidak bisa diatasi, beberapa pria memutuskan untuk berhenti melakukan aktifitas seksual agar tidak menderita rasa malu. Tanda dan gejalanya meliputi:
 
• Ejakulasi dalam 1 menit atau kurang dari penetrasi vagina.
• Ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi selama hubungan seksual.
• Keengganan seksual.
• Kesulitan.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Ejakulasi Dini?


Meskipun tidak ada diagnosis khusus atau pengobatan khusus untuk ejakulasi dini. Diagnosis ejakulasi dini terutama didasarkan pada riwayat sesual secara rinci. Pemeriksaan fisik sering dilakukan yang melibatkan pemeriksaan perut atau pemeriksaan genital dan kemungkinan pemeriksaan prostat umumnya dapat membantu sedikit dalam diagnosis penyebab ejakulasi dini di usia muda.

Cara Mengatasi Penyebab Ejakulasi Dini Di Usia Muda


Jika ejakulasi dini bukan masalah bagi pria dan pasangannya, pengobatan tidak dilakukan. Namun jika ketika ejakulasi dini terjadi begitu sering sehingga dapat mengganggu kesenangan seksual seorang pria, akan menjadi masalah medis yang membutuhkan pengobatan dengan dokter. Untuk memahami masalahnya, dokter menanyakan mengenai riwayat seksual dan biasanya dilakukan tes atau pengujian dan dianalisis di laboratorium. Ada beberapa pengobatan pilihan untuk ejakulasi dini. Kombinasi pengobatan ini kemungkinan sangat bermanfaat, seperti:

• Terapi Psikologis
Dapat membantu atau berkonsultasi secara efektif mengenai masalah dan mengatasi perasaan atau kecemasan yang kemungkinan dimiliki mengenai seksualitas dan hubungan seksual yang berkontribusi pada penyebab ejakulasi dini di usia muda.

• Terapi Perilaku
Dengan latihan untuk membantu seorang pria mengembangkan kepercayaan diri terhadap stimulasi speerti menunda ejakulasi.

• Terapi Medis Oral
Obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati depresi dapat digunakan dalam dosis rendah pda pria dengan ejakulasi dini untuk menunda waktu yang dibutuhkan dari awal stimulasi seksual hingga ejakulasi terjadi.

• Pengobatan Anestetik Topikal
Digunakan untuk meningkatkan waktu yang dibutuhkan dari awal stimulasi seksual hingga ejakulasi terjadi.

Jenis-jenis pengobatan ini bisa Anda temui di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani permasalahan ejakulasi dini. Klinik ini ditangani langsung oleh dokter ahli dalam bidangnya dan dibantu dengan peralatan medis canggih dan modern. Untuk informasi pengobatan bisa hubungi 081336361555 atau melalui layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Ejakulasi Dini Kurang Dari 1 Menit Menyerang Pria Muda

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.