Apakah Phimosis Itu?


Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar phimosis, lalu apakah phimosis itu dan apakah hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan? Nah jika Anda penasaran maka ada baiknya simak terus artikel ini sampai tuntas.

Phimosis adalah suatu kondisi di mana kulup pada Mr P tidak bisa ditarik kembali dari sekitar ujung penis dan hal tersebut tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, karena kemungkinan besar terjadi pada bayi laki-laki yang tidak disunat, namun biasanya berhenti pada saat usia 3 tahun.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa phimosis terbagi menjadi dua jenis yaitu fisiologis dan patologis. Fimosis fisiologi adalah keadaan normal bagi pria yang baru lahir namun berbeda halnya dengan Fimosis patologis karena terjadi akibat adanya infeksi, pembengkakan, atau jaringan parut.

Fimosis patologis kadang-kadang disebabkan oleh kebersihan yang buruk. Jika pria atau anak tidak mencuci area Mr P secara menyeluruh dan konsisten dengan cara yang benar maka mungkin mereka akan mengalami infeksi, seperti posthitis (radang kulup) atau balanitis (radang pada kepala Mr P dan terkadang dua infeksi ini terjadi bersamaan.

Namun, jika hal tersebut terjadi pada anak laki-laki mungkin tidak memerlukan pengobatan kecuali jika membuat kencing menjadi sulit atau menyebabkan gejala lainnya dan seiring pertumbuhan anak laki-laki maka kebutuhan akan pengobatan mungkin akan terus meningkat.


Apa Sajakah Gejala Phimosis?


Perlu Anda ketahui bahwa dalam kebanyakan kasus gejala utama seorang pria mengalami Fimosis adalah kulup akan menempel di satu tempat, baik di ujung Mr P atau di belakang dan seorang pria yang mengalami hal tersebut mungkin juga akan memiliki gejala-gejala-gejala lainnya seperti:

- Kulit Kulup Akan Berkembang Saat Buang Air Kecil
Gejala pertama seorang pria mengalami Fimosis adalah kulit kulup akan berkembang seperti balon dan hal tersebut biasanya terjadi pada saat buang air kecil dan gejala tersebut itu terasa sangat menyakitkan, bahkan dalam beberapa kasus seorang pria mungkin bisa melihat darah di toilet, selain itu aliran air urin mungkin tampak lebih lemah dari biasanya.

- Terasa Sakit Saat Berhubungan Badan dan Terasa Sakit Ketika Ereksi
Gejala selanjutnya adalah jika seorang pria berhubungan badan atau ketika berereksi maka Mr P akan terasa sakit, maka jika Anda mengalami hal tersebut maka ada baiknya segera hubungi dokter spesialis andrologi di Klinik Utama Gracia.



- Mengalami Infeksi
Gejala selanjutnya yaitu terkena infeksi saluran kemih (ISK) dan gejalanya meliputi terdapat darah dalam air urin, nyeri atau terbakar saat buang air kecil, dorongan untuk segera berkemih bahkan saat kandung kemih kosong, dan rasa sakit atau tekanan di perut bagian bawah atau pada punggung.

- Mengalami Pembengkakan di Kepala Mr P
Gejala selanjutnya yaitu seorang pria juga mungkin bisa mengalami pembengkakan yang menyakitkan pada kepala Mr P, selain itu kulup akan terasa sakit, lalu cincin putih pembukaan kulup terlihat seperti jaringan parut yang bisa terasa begitu menyakitkan.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa jika seorang pria memiliki Fimosis dan tidak segera diobati maka kemungkinan besar seorang pria lebih cenderung terkena kanker Mr P, bahkan bisa menyebabkan peningkatan pembengkakan pada Mr P yang terasa begitu menyakitkan.


Awas, Jangan Mengobati Phimosis Dengan Sendiri!!

Jika anak Anda merasa memiliki Fimosis maka ada baiknya jangan mengobati hal tersebut sendiri dan seharusnya Anda sebagai orangtua jangan pernah mencoba memaksa menarik kulup ke belakang, karena hal ini bisa sangat menyakitkan bagi anak Anda.

Hal ini juga dapat menyebabkan luka ringan, menyebabkan jaringan parut yang bisa membuatnya lebih sulit untuk menarik kulup ke belakang dan hal ini dikenal sebagai phimosis yang didapat atau patologis.

Jika kulupnya kencang, ada juga bahaya bahwa ia mungkin terjebak di belakang kepala Mr P (kelenjar) saat ditarik kembali sehingga hal ini membentuk cincin yang membatasi suplai darah ke kelenjar atau yang dikenal sebagai paraphimosis dan tentunya ini adalah keadaan darurat medis yang harus segera ditangani oleh dokter.


Saya Mengalami Phimosis, Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda ataupun anak Anda merasa memiliki salah satu gejala phimosis maka ada baiknya untuk segera mengatasi hal tersebut dengan mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia, karena di khawatirkan jika didiamkan terlalu lama tanpa pengobatan yang tepat bisa memberikan masalah yang baru.

Biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan peninjauan gejala yang biasanya cukup untuk mendiagnosis hal tersebut atau kondisi yang mendasarinya, seperti balanitis dan berikut di bawah ini adalah beberapa cara untuk menyembuhkan phimosis, diantaranya:

- Dengan Bantuan Dokter
Mengobati phimosis atau jenis infeksi lainnya biasanya akan dimulai dokter dengan memeriksa kulit kulup, selain itu dokter mungkin akan meresepkan beberapa obat untuk pasien akan tetapi pengobatan tersebut tergantung pada apa yang menyebabkan hal tersebut.

Contohnya saja infeksi bakteri memerlukan pengobatan antibiotik dari dokter sementara infeksi jamur mungkin memerlukan salep antijamur yang digunakan secara oles pada Mr P pasien.

Baca Juga: Mau di Khitan Coba Datang Ke Dokter Ini

- Dengan Melakukan Khitan
Selain itu phimosis juga bisa disembuhkan dengan cara melakukan khitan ataupun sunat yang akan dilakukan oleh dokter, dan perlu Anda ketahui bahwa sunat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pria dan salah satunya adalah bisa mencegah balanitis, mencegah kanker Mr P, mencegah PMS, dll.

- Dengan Cara Operasi
Pada remaja maupun pria dewasa yang mengalami phimosis yang didiamkan selama bertahun-tahun sehingga membuat kulup mereka menjadi ketat atau menempel pada kelenjar akibat cedera, jaringan parut atau pembengkakan maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pembedahan.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai phimosis dan perlu Anda ketahui juga bahwa pengobatan umumnya tergantung pada hal yang menyebabkannya dan tampaknya kulup ketat hanya merupakan perkembangan alami dan ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia bergantung pada tingkat keparahan kondisi tersebut.

Sehingga ada baiknya untuk mengatasi hal tersebut maka Anda memerlukan bantuan medis yaitu dengan mengunjungi Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi Kami dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.