Penyebab, Gejala dan Pengobatan Balanitis Bagi Pria

Pengobatan balanitis bagi pria tentu saja sangat diperlukan karena kebanyakan pria merasa ketidaknyamanan dan terkadang mengalami rasa sakit saat mengalami balanitis, lalu apakah balanitis itu dan apakah penyebabnya dan bagaimanakah cara pengobatan balanitis dilakukan?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa balanitis adalah peradangan pada kepala Mr P yang biasa disebabkan oleh berbagai macam hal dan meskipun balanitis menyebabkan rasa tidak nyaman sampai terasa nyeri akan tetapi biasanya kondisi ini tidak serius bila melakukan pengobatan balanitis yang tepat.

Perlu Anda ketahui bahwa phimosis merupakan kondisi yang sangat umum terjadi, bahkan kondisi ini diperkirakan mempengaruhi 1 dari 25 anak laki-laki akan tetapi umumnya bisa dialami pada usia berapapun dan umumnya hal ini berisiko dialami oleh pria yang tidak disunat.

Lalu, Apakah yang Menyebabkan Seorang Pria Mengalami Balanitis?

Pada umumnya balanitis disebabkan oleh kebersihan yang buruk pada seorang pria yang tidak disunat, selain itu masih terdapat banyak hal lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Karena Iritasi Dari Sabun
Penyebab seorang pria yang mengalami balanitis adalah karena adanya iritasi yang disebabkan dari penggunaan sabun karena sabun, sampai deterjen dapat menyebabkan hal tersebut.

Selain itu penggunaan spermisida yang umumnya digunakan untuk mencegah kehamilan seperti kondom juga dapat menyebabkan iritasi pada Mr P, dan untuk mengatasi hal tersebut maka Anda bisa mencoba untuk mencuci daerah kelamin dengan pembersih air yang dicampur dengan garam, karena cara sederhana tersebut dapat membantu untuk membersihkan infeksi yang menyebabkan balanitis.

- Karena Terdapat Infeksi
Tahukah Anda bahwa infeksi jamur yang disebabkan oleh adanya Candida albicans bisa menyebabkan seorang pria mengalami balanitis? Ya umumnya jamur ini biasanya menyebabkan sariawan tapi jamur ini juga bisa menyebabkan balanitis.

Hal ini biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang tidak normal sehingga bisa menimbulkan gejala balanitis, dan karena penyakit ini menular secara fisik maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter dan hentikan berbagai macam aktivitas seks terlebih dahulu sampai infeksi sembuh.



- Karena Kebersihan yang Buruk
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kebersihan yang buruk dapat menyebabkan balanitis dan umumnya pada pria yang tidak disunat dan tidak mencuci Mr P secara bersih dan teratur bisa menyebabkan terjadinya balanitis.

Hal tersebut terjadi karena adanya penumpukan zat yang dikenal sebagai smegma di bawah kulup yang tentunya penumpukan tersebut tanpa segera dibersihkan dapat menyebabkan iritasi pada Mr P. Sehingga cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mencuci area Mr P dengan menggunakan pembersih ringan sejenis sabun yang digunakan dengan air hangat.

- Karena Hal Lainnya
Ternyata hal lain seperti diabetes yang tidak terkontrol, mengalami penyakit artritis aktif bisa menyebabkan seorang pria untuk mengalami balanitis dan selain itu ternyata penyakit menular seksual seperti klamidia, sifilis dan virus herpes simplex (HSV) ternyata bisa menyebabkan hal tersebut.

Apa Sajakah Gejala dan Tanda Balanitis?


- Kulit Mr P yang mengencang dan mengkilap

- Terasa gatal pada area Mr P

- Terjadi peradangan, rasa sakit, gatal, atau iritasi pada Mr P yang mungkin terjadi di bawah kulup 2 sampai 3 hari setelah berhubungan seksual.

- Kotoran tebal dan kental di bawah kulup

- Terasa sakit pada testis

- Kulup ketat yang tidak bisa ditarik mundur

- Terasa sakit saat buang air kecil

- Kelenjar yang membengkak di dekat penis

- Diketahui bahwa beberapa tanda dan gejala balanitis mirip dengan IMS atau sariawan.

Bagaimanakah Balanitis Didiagnosis?

Pada umumnya seorang dokter dapat mendiagnosis balanitis dengan mengamati kemerahan dan pembengkakan pada kelenjar dan biasanya dokter akan memberi tahu pasien tentang potensi iritan dan bagaimana menghindarinya, dan bagaimana mempraktikkan kebersihan yang baik.

Selain itu biasanya dokter akan memeriksa kulit pada Mr P untuk memeriksakan setiap dermatosis, atau penyakit kulit, yang dapat melibatkan area kelamin.

Baca Juga: Awas Mr P yang Tak Disunat Berpotensi Mengalami Balanitis

Jika balanitis tidak sembuh setelah menghindari iritasi potensial, maka dokter akan menyuruh pasien untuk selalu memprakterkan kebersihan yang baik, atau melakukan perawatan untuk menyembuhkan infeksi jamur, selain itu dokter mungkin akan melakukan beberapa tes diagnostik diantaranya:

- Menguji beberapa infeksi di laboratorium

- Jika diabetes dicurigai menjadi penyebab balanitis maka dokter akan melakukan tes urine

- Dokter juga akan melakukan tes darah untuk menentukan kadar glukosa

Bagaimanakah Pengobatan Balanitis Pada Pria Dilakukan?

Perlu Anda ketahui bahwa pengobatan balanitis pada pria umumnya dilakukan tergantung pada penyebabnya dan dalam kebanyakan kasus, dokter akan memberi saran tentang zat apa yang harus dihindari, dan memberi informasi kepada pasien tentang kebersihan menjaga organ vital agar terhindari dari balanitis.

Selain itu pengobatan balanitis juga dilakukan dengan pada jenis pathogen yang ditemukan bisa menyebabkan balanitis dan biasanya pengobatan balanitis bisa berupa salep ataupun antibiotik yang diresepkan oleh dokter dan berikut di bawah ini adalah perawatan penyebab paling umum dari balanitis diantaranya:

- Jika balanitis disebabkan oleh iritasi kulit karena kebersihan yang butuk maka biasanya diobati dengan salah satu obat topikal yang diresepkan oleh dokter.

- Jika balanitis disebabkan oleh adanya jamur, maka biasanya pengobatan balanitis nya akan berbentuk seperti krim anti jamur secara oral dari resep dokter.

- Jika balanitis disebabkan oleh adanya infeksi bakteri maka biasanya pengobatan balanitis yang dianjurkan adalah antibiotik oral dari resep dokter.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan balanitis mulai dari penyebab, gejala sampai pengobatan balanitis yang paling tepat, akan tetapi jika cara pengobatan di atas tidak mampu membuat Anda sembuh maka sudah saatnya untuk mengkonsultasikan permasalahan tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.