Mungkin kebanyakan orang masih terasa asing jika mendengar infeksi saluran kencing pada pria ataupun anyang-anyangan, Ya infeksi saluran kencing adalah sebuah infeksi yang paling sering terjadi di sistem kemih atau uretra sedangkan infeksi saluran kencing pada pria yang lebih serius bisa mempengaruhi ginjal.

Selain itu tahukah Anda bahwa ternyata infeksi saluran kencing biasanya lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria? Ya hal tersebut terjadi karena perbedaan anatomi, karena umumnya uretra wanita lebih pendek daripada pria dan uretra wanita lebih dekat ke anus sehingga hal tersebut akan membuat bakteri lebih mungkin untuk memasuki kandung kemih.

Dan ternyata lebih dari 50% dari semua wanita akan mengalami setidaknya satu ISK selama masa hidup mereka, dengan 20-30 persen mengalami ISK secara berulang, akan tetapi walaupun ISK lebih rentang menyerang kaum wanita tapi nyatanya pria juga bisa mengalami ISK, lalu apa sajakah gejala infeksi saluran kencing pada pria?

Awas, Inilah Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria



Perlu Anda ketahui bahwa infeksi saluran kencing pada pria dan wanita umumnya disebabkan ketika bakteri Escherichia coli (E Coli) yang memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih.

Meskipun sistem saluran kemih dirancang untuk mencegah penyerang mikroskopik semacam itu, namun pertahanan ini terkadang gagal dan bila itu terjadi maka kemungkinan besar bakteri tersebut bisa bertahan dan tumbuh menjadi infeksi penuh di saluran kemih.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa biasanya gejala infeksi saluran kemih pada pria maupun wanita tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala, namun bila terjadi biasanya infeksi saluran kemih tersebut akan menimbulkan gejala spesifik tergantung dimana infeksi tersebut itu berada diantaranya:

A. Gejala Infeksi Saluran Kemih Sistis

- Terasa sakit saat buang air kecil dan seperti sensasi terbakar

- Terasa lebih sering untuk buang air kecil

- Mengalami tekanan atau nyeri pada bagian panggul

- Sering merasakan ketidaknyamanan pada perut bagian bawah

- Air urin akan berdarah

Baca Juga: Selain Bakteri Ternyata Inilah 5 Penyebab Lain Infeksi Saluran Kemih

B. Gejala Infeksi Saluran Kemih Uretra

- Terasa sakit saat buang air kecil dan seperti sensasi terbakar

- Terasa lebih sering untuk buang air kecil

- Tiba-tiba mendesak untuk mengosongkan kandung kemih, disebut urgensi kencing

- Mengalami nyeri di perut bagian bawah tengah tepat di atas tulang kemaluan

- Terasa seperti terbakar saat buang air kecil
Urin berbau kuat

C. Gejala Infeksi Saluran Kemih Ginjal (Pielonefritis)
- Mengalami rasa sakit pada bagian panggul dan samping panggul atau bagian punggung dan rasa sakit tersebut tidak berubah saat Anda mengubah posisi
- Mengalami demam tinggi dibarengi dengan gemetar dan menggigil
- Mengalami mual-mual dan muntah
- Mengalami kelelahan



Ternyata Infeksi Saluran Kencing Pada Pria Lebih Sering Terjadi Pada Pria yang Berusia Lebih Tua
Tahukah Anda bahwa infeksi saluran kencing pada pria lebih sering terjadi pada pria yang berusia lebih tua dibandingkan dengan pria yang berusis lebih muda? Nah, salah satu alasannya adalah bahwa pria yang lebih tua lebih cenderung mengembangkan pembesaran kelenjar prostat non kanker yang disebut hiperplasia prostat jinak

Baca Juga: Awas Ini yang Terjadi Jika Infeksi Saluran Kemih Tidak Segera Diobati

Karena umumnya prostat membungkus leher kandung kemih di mana uretra terhubung ke kandung kemih, sedangkan pembesaran kelenjar prostat bisa tersedak leher kandung kemih, sehingga membuat urin sulit mengalir dengan bebas dan akhirnya bisa menyebabkan ISK. Selain itu beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan seorang pria lebih besar untuk mengalami ISK, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Tidak bergerak dalam waktu yang lama

- Tidak minum cukup cairan terutama air putih

- Melakukan operasi saluran kemih baru-baru ini

- Mengalami diabetes

- Tidak disunat

- Terlibat dalam hubungan seks dubur yang bisa menyebabkan lebih banyak bakteri untuk memasuki uretra

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Infeksi Saluran Kencing Pada Pria dan Wanita?


Untuk mencegah ISK, hal yang paling penting adalah mengurangi kemungkinan bakteri menyerang saluran kemih Anda dan terdapat banyak cara yang bisa Anda coba, diantaranya adalah sebagai berikut:

- Segera berkemih saat Anda merasakan ingin berkemih dan jangan menahan air kemih

- Minum cairan secukupnya khususnya air putih

- Ada baiknya jangan meminum kopi dan teh karena cairan tersebut dapat membuat Anda mulai terhidrasi

- Jika Anda wanita maka ada baiknya saat buang air kecil bersihkan area Miss V dari arah depan ke belakang dan hal tersebut bertujuan untuk mencegah bakteri untuk masuk ke Miss V

- Jaga agar kelamin Anda selalu bersih dan kering terutama ketika Anda buang air kecil atau buang air besar

- Bersihkan alat kelamin Anda sebelum melakukan hubungan seks

- Ada baiknya bagi wanita untuk menggunakan celana dalam berbahan katun dan tidak ketat, serta menghindari penggunaan celana jeans ketat karena hal tersebut dapat menyebabkan kelembaban, sehingga bisa menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri.

Selain itu jika Anda menggunakan berbagai macam alat untuk mencegah kehamilan seperti diafragma, kondom yang tidak dilumasi , atau jeli spermisida maka ada baiknya untuk mempertimbangkannya untuk beralih ke metode lainnya

Karena diafragma dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri, sementara kondom yang tidak dilumasi dan spermisida dapat menyebabkan iritasi dan mungkin hal tersebut bisa membuat gejala ISK lebih mungkin sering terjadi.

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mendiagnosis ISK
Untuk mendiagnosis ISK biasanya dokter akan memeriksa Anda dan menanyakan gejala, termasuk riwayat ISK sebelumnya dan kemungkinan besar Anda akan diminta untuk memberikan sampel urin untuk memeriksa bakteri atau penyebab lain yang bisa menyebabkan infeksi saluran kencing, setelah dokter menemukan penyebabnya maka dokter akan memberikan pengobatan yang terbaik untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing.

Bagaimanakah Infeksi Saluran Kencing Pada Pria Diobati?
Jika Anda seorang pria dan merasa memiliki gejala seperti di atas maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter, dan biasanya dokter akan memberikan Anda antibiotik.

Namun bergantung pada jenis antibiotik yang diresepkan oleh dokter karena mungkin pasien yang telah didiagnosis dengan ISK mungkin bisa meminum satu atau dua kali antibiotik dalam sehari selama lima sampai tujuh hari atau lebih, selain itu penting juga untuk selalu berkemih dan meminum banyak cairan selama pengobatan.

Dan jika misalkan Anda sudah memulai mengkonsumsi antibiotik tetapi gejala ISK Anda tidak kunjung baik dalam dua sampai tiga hari maka ada baiknya untuk segera menemui dokter Anda, penting untuk menyelesaikan semua antibiotik yang diresepkan, bahkan jika Anda merasa lebih baik, karena menghentikan antibiotik tanpa konsultasi dengan dokter dapat mendorong pertumbuhan bakteri yang resisten (melawan) terhadap antibiotik umum.

Nah, itulah tadi berbagai macam gejala infeksi saluran kencing pada pria sampai cara mencegahnya dan jika misalkan Anda merasa memiliki infeksi saluran kencing maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi tersebut di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.