Apakah Anda pernah mengalami masalah impotensi? jika belum maka ada baiknya Anda mengetahui berbagai macam penyebab impotensi pada pria, karena dengan mengetahui penyebabnya maka Anda dapat lebih mudah untuk mencegah masalah tersebut.

Masalah impotensi tentunya menjadi masalah yang paling sering dialami oleh kaum pria yang berusia lebih tua, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pria yang berusia lebih muda bisa terkenal masalah impotensi dan ada baiknya jika Anda merasa memiliki impotensi segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.

Impotensi adalah salah satu jenis disfungsi ereksi yang biasanya ditandai dengan ketidakmampuan Mr P untuk mempertahankan ereksi selama aktivitas seksual atau ketidakmampuan untuk mencapai ejakulasi atau keduanya, bahkan terkadang seorang pria bisa mempertahankan ereksinya secara singkat.

Dan tentunya impotensi pada seorang pria bisa menimbulkan dampak buruk psikologis, seperti mengalami kecemasan, menurunnya hasrat seksual untuk berhubungan badan dll, untuk itu ada baiknya Anda mengetahui penyebab impotensi pada pria untuk mencegah hal tersebut.

Ternyata Inilah Berbagai Penyebab Impotensi Pada Pria



- Karena Faktor Fisik dan Psikologis
Penyebab impotensi pada pria yang pertama adalah karena adanya faktor fisik, karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa seorang pria yang berusia lebih tua lebih rentang mengalami impotensi dibandingkan dengan pria yang berusia lebih muda akan tetapi faktor psikologis seperti kecemasan, stres dan depresi juga bisa menyebabkan hal ini.

Karena menurut para ahli mengatakan bahwa stres, depresi, rasa percaya diri yang buruk, dan kecemasan kinerja bisa membuat proses hubungan yang mengarah ke ereksi bisa menjadi terganggu, sehingga ada baiknya mulai dari sekarang untuk menghindari stres dari sekarang juga.

- Sering Menerapan Pola Hidup yang Tidak Sehat
Penyebab impotensi pada pria selanjutnya adalah karena pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, meminum-minuman beralkohol, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dan jarang berolahraga, dll.

Karena diketahui berbagai macam pola hidup yang tidak sehat tersebut dapat sangat mengganggu aliran sirkulasi darah ke Mr P yang pada akhirnya bisa menyebabkan seorang pria untuk kesulitan saat berereksi, jadi ada baiknya mulai dari sekarang gantilah pola hidup tidak sehat menjadi pola hidup yang sehat.

- Pernah Mengalami Riwayat Pembedahan
Penyebab impotensi pada pria selanjutnya adalah karena pernah mengalami riwayat pembedahan, seperti perawatan untuk kanker prostat, kanker kandung kemih, atau BPH yang terkadang dapat merusak saraf dan pembuluh darah di dekat Mr P.

Bahkan dalam beberapa kasus, kerusakan saraf permanen pada pasien pria dapat menyebabkan kesulitan untuk ereksi, namun terkadang hal tersebut akan bersifat sementara dan akan membaik sendiri setelah 6 sampai 18 bulan setelah seorang pria mengalami pembedahan.



- Karena Penyakit Diabetes dan Kardiovaskular
Penyebab impotensi pada pria selanjutnya adalah karena adanya penyakit diabetes dan kardiovaskular, karena perlu Anda ketahui pria yang mengalami penyakit diabetes berpotensi dua sampai tiga kali memiliki masalah disfungsi ereksi seperti impotensi dibandingkan dengan pria yang tidak menderita diabetes.

Bahkan di antara pria dengan masalah disfungsi ereksi, penderita diabetes mungkin mengalami masalah tersebut lebih awal 10 sampai 15 tahun dibandingkan dengan pria tanpa diabetes dan untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya untuk mengendalikan kadar gula darah karena cara sederhana tersebut telah terbukti dapat mencegah permasalahan tersebut.

Selain itu penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis atau pengerasan arteri, penyakit ginjal, dan multiple sclerosis, ternyata dapat menyebabkan masalah impotensi juga, karena penyakit ini bisa mengganggu aliran darah atau saraf ke seluruh bagian tubuh dan termasuk aliran darah yang menuju ke Mr P.

- Karena Efek Samping Obat-Obatan Tertentu
Penyebab impotensi pada pria selanjutnya adalah karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu, karena pada beberapa obat tertentu dapat memberikan efek samping yang menyebabkan pria kesulitan untuk berereksi.

Dan obat-obatan tertentu seperti obat tekanan darah, antidepresan, dan obat penenang mungkin saja dapat menyebabkan hal tersebut, sehingga ada baiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jika obat-obatan tersebut mengganggu Anda berereksi.

Lalu, Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Impotensi?



- Berolahraga Secara Teratur
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kurangnya berolahraga mungkin bisa menyebabkan masalah impotensi pada pria, sehingga cara sederhana untuk mengatas hal tersebut adalah dengan berolahraga secara teratur.

Dan Anda dapat berolahraga dengan melakukan berbagai macam jenis olahraga seperti: bersepeda, berlari, joging, berenang, aerobik dll, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa untuk menghindari berbagai jenis olahraga berat yang berlebihan.

Karena segala bentuk olahraga berat dan berlebihan yang memberi tekanan berlebihan pada perineum, yaitu area antara skrotum dan anus pada pembuluh darah dan saraf yang memasok darah ke Mr P dapat terpengaruhi dan dikhawatirkan bisa mempengaruhi sirkulasi darah yang menuju ke Mr P.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Impotensi No 3 Bikin Istri Kamu Ketagihan

Bahkan, menurut sebuah penelitian di Harvard, hanya dengan melakukan jalan kaki sekitar 30 setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko impotensi sebesar 41% pada pria dan penelitian lain juga menunjukkan bahwa dengan olahraga ringan dapat membantu seorang pria untuk memulihkan kinerja seksual

- Dengan Menjaga Pola Makan
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa dengan menjaga pola makan maka Anda berkesempatan lebih besar untuk mencegah masalah impotensi, karena telah terbukti bahwa berbagai macam makanan yang tidak baik bagi kesehatan jantung maka tidak baik juga untuk kesehatan Mr P Anda.

Selain itu menurut penelitian pola makan yang buruk tentu dapat menyebabkan serangan jantung, dan hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah yang terbatas di arterikoroner sehingga dapat menghambat aliran darah ke dalam Mr P, padahal aliran darah sangat dibutuhkan agar Mr P bisa berereksi.

Dan pada inntinya cara mencegah impotensi yaitu Anda harus menjaga pola makan dan dengan menghidari berbagai macam makanan berlemak, makanan yang digoreng dan makanan olahan (junk food)

Karena diketahui bahwa makanan tersebut dapat menyebabkan penurunan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk ke Mr P dan ganti makanan tersebut dengan mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayur-sayuran.

Nah, itulah tadi berbagai macam penyebab impotensi pada pria berikut cara mencegahnya dan jika misalkan Anda merasa memiliki beberapa gejala tersebut maka ada baiknya segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia dan Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.