Tahukah Anda bahwa masalah impotensi paling sering terjadi pada pria yang berusia lebih tua, akan tetapi terdapat banyak cara mencegah impotensi yang bisa Anda lakukan dengan bantuan istri, lalu apa sajakah cara mencegah impotensi? Nah jika Anda penasaran maka baca terus artikel ini sampai tuntas.

Sebelum membahas lebih dalam ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa impotensi adalah masalah umum di kalangan pria yang paling sering ditandai dengan ketidakmampuan secara konsisten untuk mempertahankan ereksi yang cukup keras untuk melakukan hubungan seksual atau ketidakmampuan untuk mencapai ejakulasi, atau keduanya dan impotensi termasuk ke dalam masalah disfungsi ereksi.

Hal ini tentunya dapat mengakibatkan seseorang pria tidak mampu untuk berereksi dan akhirnya bisa menyebabkan masalah dalam hubungan seksualnya dan tak jarang banyak pria yang mengalami stres karena masalah ini, sehingga penting jika Anda merasa memilikinya maka segeralah konsultasikan permasalahan tersebut kepada dokter.

Faktanya Risiko Impotensi Meningkat Seiring Bertambahnya Usia

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa risiko impotensi akan meningkat seiring bertambahnya usia seseorang, namun masalah ereksi bukanlah bagian normal dari penuaan dan impotensi jauh lebih sering terjadi pada pria berusia 60 tahunan dibandingkan dengan pria yang berusia 40 tahunan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Impotensi Tanpa Obat

Selain itu sekelompok pria dengan pendidikan yang kurang juga lebih mungkin untuk mengalami impotensi, mungkin karena mereka cenderung memiliki pola hidup yang kurang sehat, seperti karena mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, minum lebih banyak alkohol, dan kurangnya berolahraga.



Lalu, Apakah yang Menyebabkan Seorang Pria Mengalami Impotensi?
Ternyata penyebab impotensi ada banyak dan termasuk karena penyakit jantung, mengalami kolesterol tinggi, mengalami tekanan darah tinggi, obesitas, sindrom metabolik, penyakit Parkinson, penyakit Peyronie, penyalahgunaan zat terlarang, gangguan tidur, BPH, masalah hubungan, mengalami penyakit pembuluh darah (misalnya penyakit pembuluh darah perifer dan lainnya), penyakit sistemik, ketidakseimbangan hormon, dan obat-obatan (seperti tekanan darah dan obat jantung) yang diketahui semua hal tersebut dapat menyebabkan seorang pria mengalami impotensi.



Mengintip 5 Cara Mencegah Impotensi, No 3 Bikin Suami Ketagihan



Diketahui banyak cara mencegah impotensi yang bisa Anda coba mulai dari menggunakan cara alami, mengkonsumsi-obat-obatan sampai dengan cara bantuan medis, dan berikut di bawah ini Kami akan menjelaskan beberapa cara yang bisa Anda coba dengan bantuan istri Anda, atau bisa beberapa cara bisa dilakukan sendiri diantaranya:

1. Berolahraga Secara Teratur
Cara mencegah impotensi dengan bantuan istri adalah dengan cara sederhana yaitu dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat melakukan berbagai macam jenis olahraga, seperti berlari, joging, senam aerobik dll, akan tetapi perlu Anda ingat bahwa untuk menghindari jenis olahraga berat yang berlebihan.

Karena segala bentuk olahraga berat dan berlebihan yang memberi tekanan berlebihan pada perineum, yaitu area antara skrotum dan anus pada pembuluh darah dan saraf yang memasok darah ke Mr P dapat terpengaruh secara negatif dari tekanan yang berlebihan di area ini.

Perlu Anda ketahui bahwa olahraga secara teratur dan menghindari berbagai macam makanan buruk serta cukup waktu tidur terbukti kuat dapat mencegah masalah impotensi.
Bahkan, menurut sebuah penelitian di Harvard, hanya dengan melakukan jalan kaki sekitar 30 setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko impotensi sebesar 41%.
Penelitian lain juga menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat membantu untuk memulihkan kinerja seksual pada pria paruh baya yang mengalami kegemukan.

2. Jaga Pola Makan Anda
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa dengan menjaga pola makan maka Anda berkesempatan lebih besar untuk mencegah masalah impotensi, karena telah terbukti bahwa berbagai macam makanan yang tidak baik bagi kesehatan jantung maka tidak baik juga untuk kesehatan Mr P Anda.

Selain itu menurut penelitian bahwa pola makan yang buruk tentu dapat menyebabkan serangan jantung, dan hal tersebut diakibatkan oleh aliran darah yang terbatas di arterikoroner sehingga dapat menghambat aliran darah ke dalam Mr P, padahal aliran darah sangat dibutuhkan agar Mr P bisa berereksi.

Dan pada inntinya cara mencegah impotensi yaitu Anda harus menjaga pola makan dan dengan menghidari berbagai macam makanan berlemak, makanan yang digoreng dan makanan olahan, karena makanan tersebut dapat menyebabkan penurunan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk ke Mr P dan ganti makanan tersebut dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Baca juga: Cara Mengatasi Lemah Syahwat Karena Diabetes.

3. Melakukan Hubungan Seksual Minimal 1 Minggu Sekali
Cara mencegah impotensi yang selanjutnya pasti membuat suami Anda ketagihan, karena menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan oleh The American Journal of Medicine menunjukkan bahwa pria yang berusia antara 55 tahun dan 75 tahun mungkin dapat mengurangi risiko disfungsi ereksi dengan melakukan hubungan seksual bersama istrinya setidaknya seminggu sekali.

Penelitian tersebut yang dilakukan di Finlandia diikuti oleh 989 pria selama lima tahun dan menanyai mereka tentang gejala impotensi dan usia rata-rata peserta pria adalah 59,2 tahun dan tidak satu pun dari peseta pria mengalami masalah ereksi saat mereka masuk studi.

Setelah lima tahun pria yang melaporkan melakukan hubungan seksual kurang dari satu kali per minggu mengalami masalah dengan ereksi dibandingkan dengan pria yang melakukan hubungan seksual minimal satu kali dalam seminggu atau lebih.

Para peneliti menyimpulkan bahwa, untuk pria berusia 55 tahun sampai 75 tahun yang melakukan hubungan seksual reguler dapat melindungi terhadap masalah impotensi, sehingga penelitian ini bisa memberi tahu Anda untuk melakukannya.

Akan tetapi seperti kebanyakan masalah, solusi untuk masalah ereksi mungkin tidak sesederhana itu karena berbagai macam masalah seksual yang berkontribusi terhadap impotensi bisa mencakup banyak faktor, selain itu sangat masuk akal bahwa pria yang berada dalam hubungan baik dan dalam bentuk fisik, mental yang sehat dan cenderung berhubungan seks lebih sering bisa mencegah hal tersebut.

4. Kendalikan Penyakit Kronis Anda


Cara mencegah impotensi yang selanjutnya adalah dengan mengendalikan penyakit kronis, karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa berbagai macam penyakit kronis dapat menyebabkan penyakit impotensi

Karena penyakit kardiovaskular dan diabetes secara signifikan dapat meningkatkan risiko pada pria yang lebih tua, jadi penting jika Anda memiliki penyakit kronis tersebut akan selalu mengendalikannya dan cobalah untuk menyelesaikan pengobatan dari dokter dan menjalani pola hidup yang sehat. Dan ternyata selain penyakit kardiovaskular dan diabetes, kelainan pada prostat khususnya kanker prostat sering menyebabkan masalah impotensi.

Mungkin salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan pembedahan yang bertujuan untuk mengangkat kelenjar prostat dan jaringan sekitarnya yang dapat merusak saraf dan jaringan di dekat penis karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah impotensi.

5. Berhenti Merokok
Cara mencegah impotensi yang terakhir adalah dengan berhenti merokok, karena faktanya merokok memiliki sejumlah besar efek kesehatan yang sangat merugikan bagi kesehatan tubuh dan salah satunya adalah peningkatan risiko impotensi.

Karena racun yang terkandung dalam asap rokok memadapat menyebabkan pembuluh darah pria dapat mengapur lebih cepat dan menjadi semakin sempit. Selain itu merokok bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Selain itu tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko disfungsi ereksi, selain itu peringatan yang tepat ("Merokok dapat mengurangi aliran darah dan menyebabkan impotensi") telah ditempatkan pada bungkus rokok selama bertahun-tahun, maka ada baiknya jika Anda seorang perokok aktif mulai hentikan rokok mulai dari sekarang juga.

Nah, itulah tadi berbagai macam cara mencegah impotensi dan jika misalkan Anda merasa telah memiliki impotensi maka sudah saatnya untuk berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia karena masalah impotensi bisa sangat berpengaruh pada kehidupan Anda.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.