Tentunya hampir sebagian besar pria hanya mengira ejakulasi dini hanya ada satu jenis saja, tapi nyatanya terdapat jenis jenis ejakulasi dini yang mungkin jarang diketahui oleh banyak pria, padahal dengan mengetahuinya Anda dapat memperlajarinya sehingga dapat mencegah hal tersebut, lalu apakah ejakulasi dini itu?

Ejakulasi dini adalah masalah klasik yang paling sering dialami oleh kaum pria, dimana ketika pria mengalami ejakulasi yang tidak terkontrol dan hal tersebut sering terjadi saat melakukan penetrasi ataupun sebelum melakukan penetrasi dan hal tersebut terjadi sangat cepat sebelum keinginan untuk berejakulasi.

Sehingga hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan hubungan seks yang tidak memuaskan bagi kedua pasangan, bahkan pria yang mengalami ejakulasi dini sering merasa cemas dan perlu Anda ketahui juga bahwa ejakulasi dini adalah salah satu bentuk dari disfungsi ereksi yang mungkin bisa mempengaruhi setiap orang pada suatu saat dalam kehidupannya.

Lalu, Apakah yang Menyebabkan Ejakulasi Dini?
Ternyata banyak faktor yang bisa menyebabkan seorang pria mengalami ejakulasi dini, seperti karena faktor psikologis seperti kecemasan, rasa bersalah, depresi

Baca juga: Pengertian Ejakulasi Dini Menurut Para Ahli, Berikut Cara Mencegahnya

Selain itu dalam beberapa kasus masalah ejakulasi dini bisa disebabkan oleh hipersensitivitas kulit penis dan bisa juga disebabkan oleh kondisi medis seperti masalah hormonal, cedera, atau efek samping dari obat-obatan tertentu.

Apa Sajakah Gejala Ejakulasi Dini?
Gejala utamanya adalah ejakulasi yang tidak terkontrol baik sebelum atau sesaat setelah hubungan seksual dimulai dan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ejakulasi terjadi sebelum seorang pria tersebut menginginkannya, dengan rangsangan seksual minimal.

Dan meskipun tidak ada definisi universal, akan tetapi biasanya pria disebut mengalami ejakulasi dini jika terjadi dalam waktu 2 menit saat melakukan hubungan seksual atau dikatakan jika seorang pria tidak dapat mengendalikan ejakulasi.



Jenis Jenis Ejakulasi Dini Ini Jarang Diketahui Pria, Apa Sajakah Itu?



- Ejakulasi Dini Seumur Hidup (Primer)
Jenis jenis ejakulasi dini yang pertama adalah ejakulasi dini seumur hidup (primer) adalah suatu kondisi dimana seorang pria mengalami ejakulasi dini yang selalu terjadi sejak pertemuan seksual pertamanya sampai seumur hidupnya dan berikut di bawah ini adalah gejala-gejalanya:

A. Pria selalu mengalami ejakulasi yang hampir selalu terjadi dalam rentang waktu 1 menit setelah melakukan penetrasi ke Miss V

B. Tidak mampu untuk menunda ejakulasi pada saat melakukan penetrasi ke Miss V

C. Biasanya ketika pria mengalami masalah tersebut dibarengi dengan perasaan, stress, frustrasi, dan menghindari hubungan seks dengan pasangan.

D. Pria tidak mampu untuk menunda ejakulasi pada semua penetrasi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh neuropsychiatrist Marcel D. Waldinger, 91% kasus ejakulasi dini seumur hidup disebabkan oleh adanya faktor genetik.



- Ejakulasi Dini Diakuisisi
Jenis jenis ejakulasi dini yang selanjutnya adalah ejakulasi dini diakuisisi hal tersebut terjadi saat pria yang memiliki kehidupan seks normal dan biasanya memiliki performa seksual standar yang tiba-tiba mulai mengalami ejakulasi dini.

Mungkin ejakulasi dini diakuisisi disebabkan oleh stres atau kecemasan terkait dengan hubungan baru dan juga masalah yang tampaknya tidak terkait seperti pekerjaan atau keuangan dan dalam beberapa kasus bahkan bisa menjadi akibat ketidakseimbangan serotonin.

Baca Juga: Pria, Inilah 7 Cara Atasi Ejakulasi Dini Saat Bercinta



- Ejakulasi Dini Subjektif
Jenis jenis ejakulasi dini yang selanjutnya adalah ejakulasi dini subyektif adalah ketika seorang pria mengira bahwa ia mengalami ejakulasi dini baik secara konsisten maupun tidak konsisten, namun sementara dokter medis atau terapis seks mungkin menentukan bahwa Anda tidak mengalami masalah ejakulasi dini

Kebanyakan pria tersebut masih yakin ada masalah mengalami ejakulasi dini subjektif dan ingin bisa menunda ejakulasi lebih lama dari yang saat ini mampu dilakukannya.
Ejakulasi dini subyektif biasanya ditandai oleh pria yang memiliki keasyikan dengan ejakulasi dini yang dibayangkan, atau keasyikan dengan perasaan seolah-olah dia tidak bisa mengendalikan waktu ejakulasi.

- Ejakulasi Dini Variabel
Jenis jenis ejakulasi dini yang selanjutnya adalah ejakulasi dini variable adalah ejakulasi dini yang terjadi secara tidak teratur dan tidak konsisten.

Dengan kata lain sementara banyak pria mengalami kinerja seksual yang standar, maka seseorang yang mengalami ejakulasi dini variable mungkin mulai mengalami ejakulasi secara prematur dalam kasus tertentu serta mengalami ejakulasi dini secara ketidakteraturan dan ketidakkonsistenan yang mungkin terjadi pada satu pasangan wanita.

Atau hanya dengan pasangan tertentu saja dan mungkin juga hal tersebut terjadi pada kondisi atau situasi tertentu yang tidak ada hubungannya dengan pasangan Anda.

Terlepas dari jenis jenis ejakulasi dini yang menurut Anda perlu Anda hadapi, maka penting untuk dipahami bahwa ini adalah kondisi yang umum dan banyak kasus dari semua jenis dapat ditangani dengan baik dengan pengobatan yang tepat

Lalu, Bagaimanakah Ejakulasi Dini Didiagnosis?
Biasanya dokter akan mendiskusikan riwayat medis dan seksual Anda dengan Anda dan kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh

Dan mungkin juga dokter akan berbicara dengan pasangan Anda mengenai hubungan seksual Anda, karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ejakulasi dini bisa memiliki banyak penyebab. Jadi dokter Anda mungkin akan melakukan serangkaian tes yang nantinya berfungsi untuk menyingkirkan masalah tersebut

Nah, itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai jenis jenis ejakulasi dini dan misalkan Anda merasa memilikinya maka ada baiknya segera sembuhkan karena masalah tersebut dapat menyebabkan rasa kecemasan yang mendalam.

Dan jika Anda berminat untuk menyembuhkan masalah tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan tim medis Kami dengan mengklik tombol chat online di atas atau Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan yang lengkap.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.