Mungkin Anda masih terasa asing jika mendengar orchitis, lalu apakah orchitis itu? Ya diketahui orchitis adalah peradangan yang terjadi pada satu atau dua buah zakar (buah pelir) dan biasanya hal ini disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau oleh virus gondong.

Orchitis adalah inflamasi akut ataupun peradangan pada buah pelir atau buah zakar yang biasanya diakibatkan oleh reaksi sekunder terhadap infeksi di bagian tubuh yang lain, bahkan peradangan ini bisa terjadi pada salah satu buah zakar ataupun kedua buah zakar.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa bakteri orchitis adalah dapat disebabkan oleh adanya infeksi menular seksual (IMS), terutama karena gonore atau klamidia, dan ternyata bakteri ini juga paling sering terjadi akibat penyakit lain seperti: epididimitis maupun karena epididimis.

Apa Sajakah Gejala Orchitis?


Biasanya seorang pria yang mengalami orchitis akan mengalami rasa sakit, sehingga ada baiknya jika Anda merasa memiliki orchitis maka segeralah konsultasikan kepada dokter karena dengan pengobatan yang cepat dan tepat dapat membantu pasien orchitis agar meredakan gejala dan menyembuhkan penyakit ini. Perlu Anda ketahui bahwa tanda dan gejala orkitis biasanya berkembang mendadak dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala-gejalanya, diantaranya:

- Terjadi pembengkakan di salah satu atau kedua buah zakar
- Buah zakar terasa nyeri mulai dari yang ringan hingga berat
- Terasa nyeri di salah satu atau kedua testis yang bisa berlangsung selama berminggu-minggu
- Mengalami demam dibarengi dengan mual dan muntah
- Terdapat darah di air mani
- Buang air kecil yang menyakitkan
- Ketika ejakulasi terasa menyakitkan

Siapa Sajakah yang Berisiko Mengalami Orchitis?
Ternyata seseorang yang terlibat dalam perilaku seksual lebih berisiko tinggi dan lebih cenderung mengembangkan orchitis dibandingkan dengan seseorang yang tidak sama sekali melakukan hubungan seksual, dan berikut di bawah ini adalah beberapa faktor risikonya diantaranya:

- Melakukan hubungan seksual tanpa kondom
- Pernah memiliki sejarah infeksi menular seksual
- Memiliki pasangan seks yang memiliki infeksi menular seksual
- Kelainan saluran kemih kongenital juga dapat meningkatkan risiko orkitis dan ini berarti Anda terlahir dengan masalah struktural yang melibatkan kandung kemih atau uretra Anda.

Orchitis Adalah Peradangan Pada Buah Zakar, Apakah Berbahaya?
Perlu Anda ketahui bahwa orchitis adalah penyakit yang umum terjadi bagi pria, namun, karena beberapa alasan, pria cenderung meremehkan kerusakan orchitis.
Terlebih lagi, ada juga beberapa pria yang berpendapat bahwa infeksi atau pembengkakan akan hilang tanpa perawatan, tetapi kenyataannya orchitis yang tidak segera diobati bisa berbahaya bagi kesehatan pria karena dapat membawa banyak komplikasi pada pria.

- Mengakibatkan Banyak Penyakit
Karena beberapa kondisi seperti prostatitis, epididimitis, vesikulitis, nodul epididimis atau benjolan dapat disebabkan oleh orkitis yang tidak diobati.

- Menyebabkan Penyakit Urologi
Ternyata penyakit Urologi juga bisa disebabkan oleh orkitis yang tidak diobati. Karena infeksi pada testis juga dapat menyebar ke saluran kemih melalui darah atau sirkulasi getah bening, sehingga sering membawa buang air kecil yang mendesak dan terasa menyakitkan, apalagi infeksi ini bisa membawa masalah ginjal ke pasien juga.



- Menyebabkan Infertilitas dan disfungsi seksual
Ternyata orchitis juga merupakan penyakit yang bisa membawa kemandulan dan disfungsi seksual pada pria, karena umumnya testis berfungsi sebagai memproduksi sperma, jadi intinya jika testis sakit maka otomatis kualitas sperma bisa sangat terpengaruh dan karena itu sel sperma tidak bisa membuahi sel telur dengan lancar

- Bisa Membuat Pria Mengalami Ejakulasi Dini
Orchitis juga bisa mempengaruhi hubungan seksual antar pasangan karena gejala orchitis seperti rasa sakit bisa membawa ejeksi lemah atau ejakulasi dini pada pria, namun Anda jangan khawatir karena kondisi ini bisa disembuhkan dengan terapi antibiotik dan Pil Diuretik dan Anti Radang dari resep dokter.

Umumnya terapi antibiotik lebih baik digunakan untuk kondisi akut sedangkan pil diuretik dan anti radang lebih baik digunakan untuk tipe kronis atau yang tidak dapat disembuhkan dengan terapi antibiotik.

Bagaimanakah Orchitis Didiagnosis?



Biasanya jika Anda mengalami berbagai macam gejala-gejala seperti di atas maka ada baiknya segera datang ke dokter Anda dan biasanya dokter mungkin akan melakukan serangkaian tes diagnostik, diantaranya:

- Melakukan USG dari testis yang meradang, sehingga nantinya dapat menentukan perbedaan antara orchitis dan torsi testis maupun kondisi lain yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan.
- Dengan pemeriksaan rektum, biasanya dokter Anda akan memeriksa prostat Anda untuk mengetahui penyebab infeksi.
- Sampel urin mungkin akan diambil untuk memeriksa penyakit menular seksual dan bakteri lain yang mungkin bertanggung jawab atas infeksi tersebut.
- Pengambilan darah juga sangat diperlukan untuk menguji penyakit: HIV, sifilis jika diduga penyakit menular seksual penyebabnya.

Inilah Cara Untuk Membantu Memperbaiki Gejala Orchitis

- Obat antiinflamasi seperti ibuprofen ternyata dapat membantu rasa sakit yang diakibatkan oleh gejala orchitis, namun harus menggunakan resep dokter
- Gunakanlah celana yang agak longgar juga ternyata sangat membantu untuk meningkatkan kenyamanan
- Oleskan es batu, tetapi es tidak boleh langsung dioleskan ke kulit karena ini bisa menyebabkan pembekuan, sehingga sebaliknya es harus dibungkus dengan kain tipis dan kemudian dioleskan ke skrotum selama 15-20 menit sekali dalam beberapa kali sehari untuk satu atau dua hari pertama, karena cara sederhana ini akan membantu mencegah pembengkakan dan rasa sakit.

Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Orchitis?

- Tidak Melakukan Hubungan Seksual Dengan Penderita PMS
Cara untuk mencegah orchitis yang paling ampuh adalah untuk tidak melakukan hubungan seksual dalam situasi berisiko tinggi dengan seseorang yang menderita penyakit menular seksual, dan tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, selain itu penggunaan kondom dapat mengurangi penyakit menular seksual.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai orchitis adalah sehingga ada baiknya jika Anda merasa memiliki orchitis segera obati karena beberapa pria yang memiliki orkitis, testis mereka yang terkena akan menyusut dan kehilangan fungsinya.



Selain itu semakin lama Anda menunda perawatan, maka semakin besar kemungkinan testis akan mengalami kerusakan dalam jangka panjang dan jika Anda merasa memilikinya maka segera konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak. Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.