Tahukah Anda bahwa sistem reproduksi pria memiliki banyak fungsi diantaranya adalah untuk memastikan kesuburan dan memberikan hormon seks yang mendukung kesehatan seksual, untuk itu hukumnya wajib bagi kita agar selalu menjaga kesehatan sistem reproduksi karena jika sistem reproduksi tergangu maka pasti kesehatan reproduksi Anda juga pasti terganggu.

Namun, sayangnya pada beberapa kondisi tertentu sistem reproduksi pria bisa memiliki kelainan dan bisa menimbulkan gangguan yang serius bagi pria. Biasanya kelainan pada sistem reproduksi pria sangat berkaitan dengan kelainan yang dialami oleh beberapa organ reproduksi.

Bahkan, ada sebuah kondisi kelainan pada sistem reproduksi yang seringkali dialami oleh pria akan tetapi banyak pria yang belum mengetahui hal tersebut, sehingga ada baiknya jika Anda mengalami beberapa kondisi kelainan dibawah ini maka segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.



Inilah 7 Kelainan Pada Sistem Reproduksi Pria, Salah Satunya Impotensi



1. Prostatitis
Prostatitis adalah pembengkakan atau peradangan di kelenjar prostat yaitu sebuah kelenjar yang berukuran sebesar biji kenari terletak tepat di bawah kandung kemih yang memiliki fungsi untuk menghasilkan cairan sperma pada pria.

Biasanya kelainan pada sistem reproduksi pria yang mengalami hal ini akan sering menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan atau kesulitan saat berkemih, gejala lainnya termasuk nyeri pada pangkal paha, daerah panggul atau pada Mr P.

Perlu Anda ketahui bahwa prostatitis dapat timbul karena adanya infeksi dari bakteri Eschercia coli (E.Coli) atau mikroorganisme lainnya.

Pada umumnya pria yang berusia 50 tahun atau lebih muda cenderung lebih berisiko untuk mengalaminya, akan tetapi seorang pria yang berusia lebih muda juga bisa mengalami hal tersebut.

Bila terjadi secara kronis, maka prostatitis bisa menimbulkan hal serius seperti: pembendungan, infeksi, dan kerusakan pada kandung kemih dan akhirnya bisa berakibat pada kerusakan ginjal, sehingga ada baiknya segera konsultasikan hal tersebut jika Anda mengalami prostatis.

2. Hipogonadisme
Hipogonadisme merupakan kondisi di mana tubuh pria tidak bisa menghasilkan cukup hormon testosteron yaitu sebuah hormon yang memainkan peran kunci dalam pertumbuhan dan perkembangan pria selama masa pubertas atau berfungsi untuk memiliki kemampuan untuk menghasilkan sperma atau keduanya.

Hipogonadisme bisa dimulai saat perkembangan janin, sebelum pubertas atau masa dewasa dan tanda atau gejalanya tergantung pada saat kondisi pria berkembang. Dampak yang diberikan oleh hipogonadisme adalah sebuah kondisi yang biasanya ditandai dengan penurunan fungsi testis sehingga bisa menimbulkan masalah ketidaksuburan bagi pria dan untuk mengatasi hal tersebut maka dapat dilakukan terapi hormon.



3. Impotensi
Impotensi adalah masalah umum yang sering dialami oleh kaum pria yang ditandai dengan ketidakmampuan secara konsisten untuk mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk berhubungan badan atau ketidakmampuan untuk mencapai ejakulasi, atau keduanya dan ternyata kelainan pada sistem reproduksi ini disebabkan oleh ganguan produksi dari hormon testosteron.

Selain karena gangguan hormon ternyata seorang pria bisa mengalami impotensi karena berbagai macam hal seperti: adanya penyakit endokrin, gangguan saraf, kondisi terkait kesehatan jantung, sampai faktor gaya hidup dan gangguan emosional. Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasi hal tersebut?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah impotensi diantaranya: dengan menerapkan pola hidup sehat, menggunakan pompa vakum pada Mr P, menggunakan teknik akupunktur, mengkonsumsi ginseng merah, memperhatikan kadar hormon testosteron dan untuk cara lengkapnya bisa baca disini


4. Uretritis
Uretritis adalah sebuah kondisi di mana uretra, atau tabung yang membawa air kencing dari kandung kemih ke luar tubuh, menjadi meradang atau membengkak dan nyeri saat buang air kecil adalah gejala utama uretritis.

Perlu Anda ketahui juga bahwa uretritis biasanya disebabkan oleh adanya infeksi oleh bakteri, namun Anda jangan khawatir biasanya Uretrutus bisa disembuhkan dengan antibiotik.

5. Orkitis


Orkitis adalah kondisi peradangan pada satu atau kedua buah pelir dan hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau oleh virus gondong sehingga kelainan ini bisa menyebabkan masalah kemandulan dan ketidaksuburan pada pria dewasa.

6. Kriptokidisme
Kriptokidisme adalah sebuah kondisi dimana satu dari kedua testis tidak turun pada posisi normal dan kondisi ini adalah salah satu masalah endokrin yang paling umum yang mempengaruhi bayi laki-laki yang baru lahir.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa hal ini adalah kondisi genital yang paling umum diidentifikasi pada saat lahir selain itu kelainan ini lebih cenderung mempengaruhi anak laki-laki yang lahir prematur.

7. Kanker Prostat
Kanker prostat merupakan pertumbuhan kanker yang biasanya menyerang kelenjar prostat dan biasanya pertumbuhan kanker ini sangat lambat dan seringkali tidak menyebabkan gejala sampai stadium lanjut, namun gejala tersebut mungkin saja muncul seperti rasa ingin berkemih tertus-menerus ajan tetapi tidak lancar karena uretra tersumbat.

Kebanyakan pria yang mengalami kanker prostat bisa meninggal karena sebab lain, dan banyak pria yang tidak pernah tahu bahwa mereka memiliki penyakit ini. Akan tetapi begitu kanker prostat mulai tumbuh dengan cepat atau menyebar di luar prostat maka hal tersebut akan sangat berbahaya, namun hal ini bisa diobati jika didiagnosis sejak dini sebelum menyebar.

Saya Mengalami Masalah Impotensi Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa masalah impotensi merupakan masalah klasik yang paling sering menyerang pria dan impotensi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti: penyakit endokrin, gangguan saraf, kondisi terkait kesehatan jantung, sampai faktor gaya hidup dan gangguan emosional.

Dan tentunya seorang pria yang mengalami impotensi seringkali merasa stres ataupun depresi, bagaimana tidak? Karena hampir sebagian besar pria yang mengalami tingkat impotensi yang terbilang parah Mr P tidak dapat berereksi walaupun sudah dirangsang secara seksual.

Sehingga mungkin saja bisa menyebabkan gonjang-ganjing dalam hubungan rumah tangga, akan tetapi jangan khwatir jika misalkan Anda mengalami masalah impotensi maka segera sembuhkan di Klinik Utama Gracia yang merupakan salah satu Klinik Spesialis Andrologi terbaik dibidangnya.

Karena Klinik Utama Gracia didukung oleh tim medis yang kompetin serta dokter spesilias Andrologi dan didukung dengan peralatan medis yang modern sehingga nantinya akan mempermudah pasien untuk menyembuhkan permasalahan impotensi dan Anda tak perlu malu atau khawatir berobat disini karena rahasia Anda terjamin maka percayakan pengobatan tersebut kepada Kami di Klinik Utama Gracia.

 



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai berbagai macam kelainan pada sistem reproduksi pria, dan jika misalkan Anda mengalami salah satu dari kelainan tersebut maka sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.