Tanda tanda kemandulan yang paling jelas dan nyata adalah ketidakmampuan istri untuk mencapai kehamilan walaupun telah rutin melakukan hubungan badan tanpa menggunakan pengaman. Namun sayangnya banyak pasangan suami istri yang menyadari hal tersebut dengan terlambat, padahal hubungan rumah tangga tak lengkap rasanya tanpa kehadiran sang buah hati.

Kemandulan ataupun infertilitas adalah sebuah kondisi dimana pasangan suami istri sulit untuk memiliki keturunan, sehingga sangat disarankan agar pasangan yang sudah berusaha untuk hamil lebih dari setahun tanpa berhasil segera berkonsultasi dengan dokter.

Sedangkan bagi istri yang berusia di atas 35 tahun maka garis waktu dikurangi menjadi enam bulan, karena pada umumnya masalah ketidaksuburan meningkat seiring bertambahnya usia. Namun walaupun masalah kemandulan bisa menjadi mimpi buruk bagi semua orang akan tetapi dengan mengetahui tanda-tanda awal kemandulan maka kita bisa mencegah hal tersebut.



Awas, Ini Tanda Tanda Kemandulan Pada Suami Maupun Pada Istri


Biasanya kita sering cenderung berpikir bahwa jika pasangan kita tidak hamil-hamil pasti ada masalah dengan istri Anda namun pada kenyataannya ada kemungkinan besar masalahnya ada pada suami bahkan pada kedua pasangan sehingga ada baiknya kedua pasangan melakukan pengujian infertilitas. Dan berikut dibawah ini adalah beberapa tanda kemandulan pada suami maupun pada istri yang perlu Anda waspadai.

1. Tanda Tanda Kemandulan Pada Suami

- Perubahan Dalam hasrat seksual
Tahukah Anda bahwa kesuburan pada seorang pria terkait dengan kesehatan hormonnya, karena perubahan kejantanan pria yang sering diatur oleh hormon bisa menunjukkan masalah dengan kesuburan.

- Mengalami Nyeri Pada Testis
Ternyata ada beberapa kondisi berbeda yang dapat menyebabkan rasa sakit atau pembengkakan pada testis dan banyak di antaranya dapat menyebabkan ketidaksuburan atau bahkan kemandulan.

- Masalah Mempertahankan Ereksi
Kemampuan pria untuk mempertahankan ereksi sering dikaitkan dengan kadar hormonnya dan jika seorang pria mengurangi hormon bisa berpotensi untuk mengalami masalah kemandulan.

- Masalah Dengan Ejakulasi
Selain masalah mempertahankan ereksi, tanda kemandulan pada pria yang lainnya adalah pada masalah ejakulasi karena jika Anda mengalami ejakulasi dini itu pertanda bahwa mungkin sudah saatnya Anda untuk mengunjungi dokter.

- Testis Kecil
Tahukah Anda bahwa jika seorang pria memiliki testis yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan pria normal lainnya dapat menyebabkan masalah ketidaksuburan? Karena testis berukuran kecil bisa menunjukkan potensi masalah yang harus dieksplorasi oleh seorang praktisi medis.

2. Tanda Tanda Kemandulan Pada Istri



- Mengalami Periode Haid yang Tidak Teratur
Seperti yang sudah ketahui bahwa rata-rata siklus haid wanita adalah 28 hari, tetapi mungkin seorang wanita yang siklusnya sangat bervariasi sehingga dia bahkan tidak dapat memperkirakan kapan menstruasi bisa tiba saat mengalami menstruasi yang tidak teratur. Sehingga hal ini dapat dikaitkan dengan masalah hormon, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan kedua hal ini dapat menyebabkan ketidaksuburan pada wanita.

- Periode Haid yang Menyakitkan Atau Berat
Tahukah Anda bahwa kebanyakan wanita mengalami kram saat mengalami haid, akan tetapi periode yang menyakitkan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari dan mungkin juga merupakan gejala endometriosis.

- Tidak Ada Periode
Ternyata beberapa faktor-faktor seperti stres atau latihan berat dapat menyebabkan periode Anda untuk sementara hilang bahkan tidak ada periode sama sekali, akan tetapi jika Anda belum memiliki haid selama berbulan-bulan maka sudah saatnya Anda memeriksakan permasalahan tersebut kepada dokter karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah ketidaksuburan.

- Fluktuasi hormon
Tanda-tanda fluktuasi hormon pada wanita bisa menunjukkan potensi dengan masalah kesuburan, sehingga segeralah konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami hal beberapa gejala-gejala seperti: mengalami masalah kulit, kurangnya dorongan seks, pertumbuhan rambut wajah, penambahan berat badan, sampai kehilangan rambut begitu banyak dan rambut yang mulai menipis.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai tanda tanda kemandulan, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia .