Mungkin dari sekian banyaknya orang belum mengetahui bahwa terdapat faktor penyebab pria mandul, padahal dengan mengetahui penyebab-penyebabnya seorang pria akan lebih mudah untuk mencegah kemandulan mulai dari sekarang juga.

Karena jika seorang pria mengalami kemandulan maka otomatis ia tidak bisa memiliki keturunan, padahal seperti yang sudah kita ketahui hubungan rumah tangga akan terasa hambar jika kita tidak memiliki keturunan, tapi meskipun masalah kemandulan sangat menyeramkan namun kabar baiknya hal tersebut bisa dicegah mulai dari sekarang juga.

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kemandulan ataupun infertilitas mengacu pada ketidakmampuan untuk hamil setelah pasangan suami istri berhubungan badan tanpa menggunakan kondom secara teratur dan tidak bisa membawa kehamilan untuk jangka waktu penuh.



7 Penyebab Pria Mandul, Mulai Dari Merokok Sampai Sperma



Pada umumnya kemandulan pada pria biasanya disebabkan oleh adanya masalah yang mempengaruhi produksi sperma atau transportasi sperma, sehingga dengan melalui tes kesehatan maka dokter mungkin bisa menemukan penyebabnya dan berikut dibawah ini adalah berbagai macam penyebab pria mandul yang harus Anda ketahui:

1. Merokok
Penyebab pria mandul yang pertama adalah karena perokok lebih cenderung memiliki masalah kesuburan daripada seorang pria yang tidak mererokok sama sekali. Karena jika Anda merokok selama bertahun-tahun, atau merokok banyak setiap hari maka dapat meningkatkan risiko Anda untuk berurusan dengan masalah kesuburan.

Selain itu saat Anda merokok, lebih dari 7000 bahan kimia menyebar ke seluruh tubuh dan seluruh organ Anda dan tentu hal ini dapat menyebabkan masalah kesuburan, termasuk yang masalah berikut ini:

- Masalah ovulasi
- Masalah genetik
- Kerusakan organ reproduksi
- Kerusakan sel telur
- Meningkatnya risiko kanker dan meningkatnya risiko keguguran

Selain itu, perokok yang mencoba perawatan kesuburan cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Perokok juga lebih cenderung melahirkan bayi dengan masalah kesehatan. Lalu apakah Anda masih mau merokok?

2. Meminum-Minuman Beralkohol
Penyebab Pria mandul selanjutnya adalah karena meminum-minuman beralkohol, karena menurut Dr Patrick O'Brien, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynecologists, mengatakan: "Meminum Alkohol yang berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron dan kualitas dan kuantitas sperma pada pria dan hal ini juga bisa mengurangi libido, dan menyebabkan impotensi. "

Sehingga jika seorang pria meminum-minuman alkohol dengan berat, itu benar-benar dapat mengurangi kemungkinan pasangan untuk cepathamil. Namun, jika Anda mengurangi apa yang Anda minum efek buruk ini bisa diperbaiki.

3. Varikokel
Penyebab pria menjadi mandul selanjutnya adalah karena varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah yang mengalirkan pada bagian testis sehingga bisa menjadi penyebab paling umum dari ketidaksuburan pada pria.

Diketahui hal itu mungkin terkait dengan pengaturan suhu testis yang abnormal sehingga menyebabkan kualitas sperma pria menjadi berkurang dan untuk mengatasi hal tersebut maka Anda bisa mengobati varikokel sehingga dapat meningkatkan kualitas sperma dan fungsi sperma sehingga berpotensi meningkatkan kesuburan.

4. Beberapa Infeksi Tertentu
Tahukah Anda bahwa beberapa infeksi tertentu dapat mengganggu produksi sperma atau kesehatan sperma dan dapat menyebabkan jaringan parut untuk menghalangi lewatnya sperma? Sehingga hal ini dapat menjadi penyebab pria menjadi mandul

Infeksi ini termasuk radang epididimis atau testis dan beberapa infeksi menular seksual, seperti gonore atau HIV. Meskipun beberapa infeksi dapat mengakibatkan kerusakan pada testis yang permanen namun paling sering sel sperma pada pria masih bisa diproduksi.

5. Masalah Ejakulasi
Penyebab pria mandul selanjutnya adalah karena masalah ejakulasi retrograde yang bisa terjadi ketika air sperma memasuki kandung kemih selama orgasme bukan muncul keluar di ujung Mr P.

Meskipun seorang pria masih mencapai klimaks seksual, namun mungkin ejakulasi sangat sedikit atau tidak ada air sperma sama sekali dan hal ini kadang-kadang disebut orgasme kering. Ejakulasi retrograde tidak berbahaya akan tetapi dapat menyebabkan kemandulan pada pria, dan pengobatan untuk ejakulasi retrograde umumnya hanya diperlukan untuk memulihkan kesuburan.

6. Ketidakseimbangan Hormon
Ternyata gangguan pada testis atau kelainan yang mempengaruhi sistem hormonal termasuk hypothalamus, hipofisis, tiroid dan kelenjar adrenal dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria, karena tingkat testosteron rendah dan masalah hormonal lainnya memiliki sejumlah kemungkinan penyebab yang mendasari atas masalah kemandulan.

7. Sperma


Sperma adalah cairan seperti susu dilepaskan pria dari Mr P saat orgasme. Cairan sperma berasal dari kelenjar prostat, vesikula seminalis dan kelenjar kelamin lainnya dan diproduksi di testis dan cairan sperma memiliki gula di dalamnya karena gula merupakan sumber energi bagi sperma.

Diketahui sperma abnormal bertanggung jawab untuk sekitar 75% dari semua penyebab kemandulan pada pria dan berikut dibawah ini adalah beberapa analisis sperma yang kurang subur:

A. Jumlah sperma rendah karena pria yang berejakulasi dengan jumlah sperma yang lebih rendah dibandingkan dengan pria normal bisa menjadi penyebab kurang subur.

B. Diketahui jumlah sperma harus 20 juta sperma per mililiter air mani dan jika hitungan di bawah 10 juta maka ada konsentrasi sperma rendah yang bisa menyebabkan kemandulan

C. Gerakan sperma rendah, karena jika gerakan sperma rendah maka tidak bisa berenang untuk menuju sel telur sehingga tidak akan bisa untuk membuahi sel telur.

D. Mungkin sperma abnormal memiliki bentuk yang tidak biasa dari cairan sperma pada umumnya, sehingga lebih sulit untuk bergerak dan membuahi sel telur.



Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai berbagai macam penyebab pria mandul, dan jika misalkan Anda mengalami hal tersebut maka Anda bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online, atau bisa datang langsung kepada Kami di Klinik Utama Gracia.